2 Alasan Kuat Bahwa Lampu LED Cocok untuk Museum Leave a comment

Akhir-akhir ini, berjalan-jalan ke museum, tidak hanya menjadi wisata kuno yang mungkin dahulu terpikir oleh beberapa anak muda. Merajalelanya social media yang menuntut foto-foto instagramable, membuat banyak desain museum yang mulai berubah. Tidak hanya menampilkan beragam karya seni, tapi setiap interior dan desain ruangannya dibuat sangat unik dan sangat baik ketika difoto. Sebenarnya, apa itu museum dan juga fungsinya?  Pada kamus KBBI, museum di artikan dengan gedung yang digunakan sebagai tempat untuk pameran tetap benda-benda yang patut mendapat perhatian umum, seperti peninggalan sejarah, seni, dan ilmu; tempat menyimpan barang kuno;

Dilansir juga dari Wikipedia.co,id, Museum adalah institusi permanen, nirlaba, melayani kebutuhan publik, dengan sifat terbuka, dengan cara melakukan usaha pengoleksian, mengkonservasi, meriset, mengomunikasikan, dan memamerkan benda nyata kepada masyarakat untuk kebutuhan studipendidikan, dan kesenangan. Karena itu ia bisa menjadi bahan studi oleh kalangan akademis, dokumentasi kekhasan masyarakat tertentu, ataupun dokumentasi dan pemikiran imajinatif pada masa depan. Sejak tahun 1977, setiap tanggal 18 Mei diperingati sebagai Hari Museum Internasional.

Beberapa museum berikut ini patut Anda kunjungi. Selain mendapatkan beragam ilmu, konsep kekinian yang selalu laris manis diburu kaum millennial untuk bisa mendapatkan foto yang kece dan hits. Hal itu cukup menarik para anak-anak dan juga anak muda untuk mengunjungi museum.

wujud-rasa-suka

Sebenarnya kegiatan apa saja sih yang dilakukan oleh masyarakat pencinta seni untuk merealisasikan rasa cintanya terhadap Seni. Berdasarkan infografis di atas, pada usia 17-25 tahun sebagian besar mengoleksi benda seni tersebut. Namun, pada usia 26-35 tahun mereka memilih mengunjungi pameran-pameran seni tersebut, sambil mencuci mata melihat-lihat semua benda-benda yang mereka sukai. Berbeda dengan masyarat usia 36-50 tahun dan di atas umur 50 tahun yang hanya senang mendengar tentang seni itu lewat media. Yang menarik disini adalah data tentang kunjungan ke pameran/museum.

Berikut ini adalah beberapa museum yang mungkin dapat Anda kunjungi.

Art: 1 New Museum

museum

Courtesy photo and website: http://www.mondecor.com/

Museum ini didirikan pada tahun 1983. Galeri ini memiliki karya lebih dari 2.500 buah. Gallery ini juga berhasil mendapat oenghargaan sebagai “The Best Gallery of The Year” di tahun 2010. Pada museum ini tersimpan karya-karya dari seniman yang sudah lumayan berpengalaman di bidangnya sejak lama. Fokus karya yang dipamerkan di museum ini adalah kontemporer.

Biasa ArtSpace

museum-2

Courtesy photo and website: http://biasagroup.com/

Galeri ini didirikan pada tahun 2005, pada awalnya dibuat hanya mempertemukan para seniman Jawa dan Bali. Namun, seiring berjalannya waktu, para seniman di sana saling berinteraksi dan berkolaborasi satu sama lain, hingga pemerintah dan juga mancanegara.

Museum Macan

museum-3

courtesy photo: detik.com

website: https://www.museummacan.org/

Museum ini sedang hitz di kalangan anak muda. Salah satu ruangan yang sangat digemari oleh para pengunjung adalah ruangan yang tampak pada gambar di atas. Ruangan yang berisi satu spot berisi lampu kerlap kerlip indah atau yang dikenal dengan infinity spot. Saking ramainya, waktu untuk berfoto di sini dibatasi 45 detik saja. Museum ini terletak di kawasan Kebon Jeruk, Jakarta Barat.

Cukup menarik bukan berbagai museum di atas? Mungkin dari Anda yang membaca artikle berikut ada yang sedang mengerjakan project museum atau ingin membuat museum terlihat lebih baik dan eyecatching sehingga lebih banyak pengunjung yang datang ke museum tersebut. Sangat sayang bukan apabila museum yang berisi berbagai ilmu dan juga benda-benda yang menarik malah tidak dikunjungi orang? Atau mungkin di antara kalian ada yang kerusakan benda-benda seninya? Satu jawaban yang dapat Anda menjawab segala kebingungan yang Anda pikirkan yaitu Lighting.

Ya, dengan lighting semua ambience pada museum akan terlihat berbeda. Lighting yang sangat cocok untuk museum adalah jenis lampu LED. Kemajuan teknologi membuat lampu LED memiliki manfaat yang lebih unggul dibandingkan lampu konvensional. Untuk itu, kita bahas yuk keunggulan lampu LED yang dapat diaplikasikan ke museum.

Ambience yang sesuai

Seperti yang kita ketahui bahwa lampu LED memiliki jenis yang banyak dan dapat aplikasinya dapat disesuaikan dnegan suasana yang kita butuhkan. Anda dapat menyesuaikan benda-benda seni yang dipamerkan, mood yang ingin dibangun dengan lighting yang dipilih. Selain itu, warna atau CCT pada lampu LED dikenal beragam. Misalkan 2700-3000 kelvin untuk suasana yang lebih warm, dengan karya seni yang lebih santai seperti lukisan dan lain sebagainya. Atau CCT 6000-6500 kelvin untuk pameran benda-benda mahal seperti berlian, perhiasan dan lain sebagainya.

Pemakaian yang aman dan cocok

Bahan pembuatan lampu LED sangat aman digunakan. Selain terkenal dengan hemat energi dan ramah lingkungan. Lampu LED tidak mengeluarkan sinar UV. Fungsi ini sangat bermanfaat untuk melindungi benda seni yang mungkin sensitive terhadap sinar UV. Selain itu, CRI pada lampu LED sangat tinggi sehingga penyinaran pada benda-benda pameran akan terlihat lebih glowing karena warna asli pada setiap benda akan keluar dengan sempurna.

Mungkin sekarang waktunya untuk Anda beralih dari lampu konvensional menjadi lampu LED untuk project yang Anda kerjakan terutama museum. Pemilihan lighting yang tepat pada museum akan membuat ambience yang menarik pengunjung sekaligus menjaga barang-barang pameran Anda lebih awet lagi. Jika Anda masih bingung perihal pencahayaan yang cocok dan sesuai. Anda tak perlu khawatir, LEDDO.id hadir untuk membantu Anda. Sebagai distributor lighting, kami tak hanya menyediakan berbagai produk lampu LED saja. LEDDO.id juga membantu Anda untuk mendesain titik lampu yang sesuai dengan ambience, suasana dan juga tema yang Anda inginkan di pada bangunan yang sedang Anda kerjakan seperti rumah, butik, café dan lain sebagainya. LEDDO.id juga sangat bersedia membantu setiap proyek yang mungkin dikerjakan oleh Anda para interior design. Kami siap membantu membuat setiap gambar 3D yang Anda buat menjadi lebih hidup.

Hubungi LEDDO.id sekarang juga karena kami akan memberikan solusi untuk menjawab segala pertanyaan dan keluhan Anda. Klik website kami di LEDDO.id atau hubungi Vio sebagai virtual assistant kami di 0822 1000 7667, Vio dapat membantu Anda dalam menyampaikan informasi produk dan juga berbagai layanan di LEDDO.id. Dapat juga email ke vio@leddo.id. Kami siap menjadi jawaban dari semua permasalahan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: