museum-seni-wayang

2 Cara Benda Seni Terlihat Menakjubkan dengan Lampu LED Leave a comment

Benda- benda seni bernilai tinggi biasanya diletakkan di museum. Merawat benda-benda tersebut harus dengan treatment yang spesial. Mengapa? Karena semua benda yang ada di museum itu memang memang memiliki tingkat kelangkaan, artinya hanya satu-satunya yang ada di museum tersebut. Selain itu, karena memiliki tingkat kelangkaan yang tinggi membuat harga yang dimiliki oleh benda-benda seni tersebut harus dirawat dengan baik.

Oleh karena itu, setiap benda seni tidak boleh dirawat secara sembarangan. Tahukah Anda ternyata lighting juga berpengaruh terhadap pencahayaan yang dipancarkan oleh benda seni tersebut. Kita ketahui bahwa,semua benda seni sangat banyak jenisnya. Sehingga ada banyak jenis museum dengan berbagai jenis benda seni. Bagi museum dengan benda seni berupa lukisan atau patung, pencahayaan sangat berperan penting. Benda-benda seni yang memiliki harga yang cukup tinggu tersebut seringkali sangat sensitive dengan sinar UV. Pemilihan lampu yang salah dapat menyebabkan warna pada benda seni dapat berubah. Hal ini terjadi karena adanya sinar UV yang dihasilkan oleh lampu yang digunakan.

Nah setelah mengenal sifat benda seni dan penyinaran yang baik. Sekarang LEDDO.id ingin membahas tentang bagaimana tips pencahayaan untuk benda-benda seni di museum.

patung-seni

Sumber: deepdiscountlighting.com

 Posisi yang tepat

Posisi paling terbaik untuk pencahayaan pada museum adalah ketika meletakannya di dalam plafon. Letakkan pada sudut 30 derajat pada karya seni tersebut. Dapat memilih lampu yang ditanam ataupun lampu sorot. Hal ini dilakukan agar sinar lampu jatuh tepat di atas karya seni. Karya seni dapat terlihat eye catching. Gunakan juga dengan lampu yang memiliki CRI tinggi sehingga warna asli pada karya tersebut dapat terlihat dan nampak glowing. Hindari penggunaan sudut lampu pada derajat yang terlalu kecil atau terlalu besar, karena cahaya lampu akan jatuh terlalu ke bawah atau ke atas. Hal itu dapat mengakibatkan efek bayangan yang diciptakan dari sinar lampu sehingga karya seni tidak akan tersinari dengan baik.

benda-seni

Sumber: Pinterest

Menjaga Konservasi

Pancaran sinar lampu yang terus menerus dan berkepanjangan dapat merusak karya seni. Seperti yang telah dibahas tadi bahwa sinar UV dapat merusak karya seni tersebut. Sebaiknya menggunakan lampu LED yang tidak mengandung sinar UV untuk menyinari setiap benda seni di museum. Selain itu, lampu LED juga memiliki beragam warna yang akan membantu membangun suasana pada museum tersebut. Sehingga pengunjung dapat merasakan perasaan benda seni lebih lagi.

Jika dari tadi kita membahas tentang museum. Ya, museum biasa sangat disenangi oleh para wisatawan asing yang datang. Berikut ini data jumlah wisatawan asing datang ke Indonesia pada tahun 2017.

info-grafis-museum

Sumber: Badan Pusat Statistik

Terlihat sangat banyak turis yang datang ke Indonesia, dan melihat keindahannya. Salah satu tempat yang banyak di kunjungi adalah museum. Museum menyimpan beragam sejarah dan ilmu yang menarik bagi para turis. Oleh karena itulah para turis sangat senang berkunjung ke Indonesia.

Dilansir dari www.era.id, Banyaknya jenis karya dan benda seni di Indonesia menjadikan Indonesia sebagai negara yang penuh dengan seni. Baru- baru ini juga benda- benda seni Indonesia berhasil di pamerkan di Museum Guimet atau Musée National des Arts Asiatiques yang ada di Paris, Prancis.

Di dunia seni rupa, pada tahun 2017 juga seorang pelukis Indonesia memamerkan hasil lukisannya yang bertema makanan dari berbagai budaya, pameran ini dilangsungkan di Amerika. Di UNESCO sendiri tercatat ada 2 benda seni dari Indonesia yang berhasil di daftarkan.

Itulah hal-hal tentang museum dan juga beragam manfaat dari lampu LED. Mungkin sekarang waktunya untuk Anda beralih dari lampu konvensional menjadi lampu LED. Mengingat banyaknya turis yang datang ke Indonesia dan melihat beragam karya seni yang kita pamerkan di museum, membuat kita harus memperindah beragam pariwisata dan juga objek dari wisata tersebut. Salah satunya museum. Jangan sampai barang-barang pada musum ini malah rusak.

Terlihat dari poin-poin di atas, Anda bisa menjadi semakin yakin, apakah keputusan untuk beralih mengganti lampu konvensional ke lampu LED merupakan pilihan yang baik. Jika Anda membutuhan informasi tentang pencahayaan lampu LED, dan bingung kemana harus mencari lampu LED. Searang! Anda tak perlu khawatir, LEDDO.id hadir untuk membantu Anda. Tak hanya menyediakan berbagai produk lampu LED saja. LEDDO.id juga membantu Anda untuk mendesain titik lampu yang sesuai dengan ambience, suasana dan juga tema yang Anda inginkan di pada bangunan yang sedang Anda kerjakan seperti rumah, butik, café dan lain sebagainya. LEDDO.id juga sangat bersedia membantu setiap proyek yang mungkin dikerjakan oleh Anda para interior design. Kami siap membantu membuat setiap gambar 3D yang Anda buat menjadi lebih hidup.

Hubungi LEDDO.id sekarang juga karena kami akan memberikan solusi untuk menjawab segala pertanyaan dan keluhan Anda. Klik website kami di LEDDO.id atau hubungi Vio sebagai virtual assistant kami di 0822 1000 7667, Vio dapat membantu Anda dalam menyampaikan informasi produk dan juga berbagai layanan di LEDDO.id. Dapat juga email ke vio@leddo.id. Kami siap menjadi jawaban dari semua permasalahan pencahayaan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: