desain-pencahayaan

3 Alasan Betapa Pentingnya Desain Pencahayaan Leave a comment

Mata adalah indra manusia yang paling kita sering gunakan. Ya, seperti pepatah mengatakan bahwa mata adalah jendela dunia. Secara tidak sadar kita bertumbuh dan melihat dengan bantuan pencahayaan. Pengelihatan memang berhubungan erat dengan pencahayaan. Apabila kita masuk ke ruang tanpa cahaya pasti tidak dapat melihat apapun juga.

Maka dari itu, mendesain cahaya berarti mendesain juga bagaimana manusia melihat. Tentu saja semuanya itu berkaitan juga tentang emosi. Apa yang kita lihat akan diserap dan menjadi perasaan.

Mendesain pencahayaan cukup penting. Ada beberapa fungsi yang yang dapat membantu dalan dunia design lainnya (seperti arsitek/desain interior ataupun dalam Kehidupan sehari-hari. Berikut ini adalah tiga fungsi utama dari desain pencahayaan adalah sebagai berikut:

– Dapat menjadikan pencahayaan sesuai dengan fungsinya.
– Mendefinisikan detail atau kedalaman ruang seperti elemen ruang serta bentuk.
– Dapat memperkuat impresi visual dari suatu bangunan / ruang dengan konsep desain pencahayaan tersendiri,  dan selaras dengan desain yang telah digariskan oleh desainer arsitek dan desain interior.
Karena sangat erat terkait dengan desainer-desainer dari area lain, oleh karena itu desain pencahayaan tak dapat berdiri sendiri. Ia harus bekerja sama dengan desainer lainnya sehingga dapat menciptakan suatu bentuk bangunan yang indah dan sempurna. Desain pencahayaan dapat saling melengkpai desain lainnya.

Desain pencahayaan yang baik harus menyentuh 3 elemen yaitu ambient, fungsi, dan aksen. Jika arsitek dan desainer bertugas untuk menggambar bangunan, desain pencahayaan bertugas untuk menghidupkan ruangan tersebut sesuai dengan fungsinya.

Yuk kita bedah satu per satu desain pencahayaan dilihat dari elemen-elemen tersebut. Pembedahan ini dilansir dari haammss.com, howtodecorate.com dan juga https://www.arsitag.com.

desain-pencahayaan-2

Sumber: vojnik.info

Pencahayaan ambient

Pencahayaan ambient ini adalah penerangan umum atau juga general light.  Meskipun pencahayaan fungsi dan aksen berpengaruh pada pencahayaan ambient, namun cahaya ambient ini mengatur tingkat cahaya dominan dan suasana dalam ruang.

desain-pencahayaan-3

Sumber: tasklighting.com

Pencahayaan fungsi

Pencahayaan fungsi ini misalkan terdapat pada lampu gantung atau juga lampu meja yang biasa Anda letakkan di atas meja agar dapat menerangi area kerja. Meskipun cahaya itu berpengaruh pada cahaya ambient, namun hanya sebagai tambahan. Adanya pencahayaan ini dapat disesuaikan dengan kebutuhan.

desain-pencahayaan-4
desain-pencahayaan-5

Sumber: premierelecctrida.com

Pencahayaan aksen

Berbeda dengan pencahayaan fungsi, pencahayaan aksen biasa digunakan untuk mendekor ruangan dan dijadikan seperti hiasan-hiasan.

Berbicara soal pencahayaan, mungkin keberadaannya paling sering diabaikan, namun penting dalam arsitektur dan desain interior. Apa gunanya menciptakan ruang yang bagus jika tidak ada cukup cahaya untuk dapat menikmati keindahan desain dan arsitekturalnya? Pencahayaan juga penting untuk menciptakan skala ruang, memberikan sensasi dan suasana sebuah ruang, dan menghasilkan ruang-ruang fungsional di tempat tinggal kita.

tips-perawatan-lampu-outdoor

Sumber: filmaria.co.id

Lighting yang tepat dapat juga disesuaikan dengan tempat dan fungsi yang sesuai. Tak hanya itu perawatan yang tepat juga harus disesuaikan. Gambar infografis di atas adalah contoh untuk lighting pada outdoor.

Skema pencahayaan harus diintegrasikan ke dalam desain pada tahap awal. Untuk itu diperlukan konsep pencahayaan yang nantinya akan disimulasikan. Skema dan konsep pencahayaan ini bertujuan untuk meningkatkan persepsi ruang, memperkuat aktivitas dalam ruangan, dan menyorot area yang ingin ditonjolkan.

Proses untuk membentuk konsep pencahayaan yang akan disimulasikan dapat dikonsultasikan dengan konsultan pencahayaan (lighting consultant). Untuk menjawab berbagai kebutuhan ini dan juga menjadi solusi bagi interior desain dan arsitek untuk menghidupkan desain yang sudah dibuat dengan indahnya.

Konsultasi pencahayaan ini bertujuan untuk membantu Anda dalam memberikan solusi pencahayaan terbaik untuk proyek Anda, meninjau rencana pencahayaan (lighting plan) yang sudah ada atau pengaturan yang sudah terpasang dan memberikan rekomendasi tentang kesesuaian terhadap area atau ruangan.

Lalu mengapa harus memilih LEDDO.id? Hal iru dikarekan menjadikan LEDDO.id sebagai partner dalam pengerjaan proyek pembangunan dalam bidang pencahayaan dapat membantu Anda dalam mendesain penataan pencahayaan yang sesuai dan mensimulasikannya. Tentu saja akan menaikkan nilai jasa yang Anda tawarkan kepada customer. LEDDO.id siap membantu Anda dan menjadi rekan kerja untuk membuat customer puas dan senang terhadap hasil kerja Anda.

Untuk itu pilihlah LEDDO.id. Terutama untuk Anda para konsultan yang bergerak dibidang interior desain dan juga arsitektur. Kami akan membantu Anda dalam mengerjakan semua urusan tentang lighting. Percayakan desain Anda kepada kami. Lighting yang tepat akan membuat desain Anda jadi lebih hidup dan dapat meningkatkan nilai jual pada desain Anda di mata customer.

Tunggu apalagi? Hubungi kami sekarang! Kami dapat membantu Anda dalam mendesain titik lampu yang sesuai dengan ambience, suasana dan juga tema yang Anda inginkan di pada bangunan yang sedang Anda kerjakan. Kerjasama akan terjalin antara pihak designer dan juga owner. Kami siap membantu membuat setiap gambar 3D yang Anda buat menjadi lebih hidup.

Hubungi LEDDO.id sekarang juga karena kami akan memberikan solusi untuk menjawab segala pertanyaan dan keluhan Anda. Klik website kami di LEDDO.id atau hubungi Vio sebagai virtual assistant kami di 0822 1000 7667, Vio dapat membantu Anda dalam menyampaikan informasi produk dan juga berbagai layanan di LEDDO.id. Dapat juga email ke vio@leddo.id. Kami siap menjadi jawaban dari semua permasalahan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: