3 Cara Desain Pencahayaan pada Interior untuk Menarik Hati Klien Leave a comment

Bagi seseorang yang bekerja untuk kepuasan customer tentu sangat bergantung pada tanggapan yang diberikan oleh para customer atau kliennya. Begitu pula dengan seorang desainer interior maupun arsitek yang selalu mengutamakan kepuasan klien untuk memperluas ladang dalam menghasilkan karya-karya desain ruang dan bangunan melalui setiap project yang dikerjakan. Lalu bagaimana caranya agar klien tertarik dengan ide desain yang kita berikan dan puas dengan hasil desain yang kita kerjakan?

  • Mengetahui apa yang dibutuhkan klien

Alasan mengapa klien menghubungi kita adalah karena ia membutuhkan bantuan untuk menyelesaikan masalah yang dimiliki dalam hal penataan ruang dan bangunan, untuk itulah perlu adanya komunikasi yang baik sehingga kita sebagai desainer mengerti apa yang dibutuhkan oleh klien.

  • Memberikan gambaran melalui portfolio

Cara lain untuk mengetahui keinginan klien bisa didapatkan ketika kita menunjukkan atau memberikan gambaran melalui portfolio yang kita miliki, sehingga klien pun dapat memilih dan memberitahukan desain seperti apa yang diinginkannya.

  • Gunakan material yang terbaik

Untuk membuat klien menyukai hasil desain yang telah kita kerjakan tak cukup hanya mengetahui apa yang dibutuhkan klien, tapi juga perlu diimbangi dengan penggunaan material yang baik sesuai kebutuhan sehingga antara desain dengan hasil dapat terlihat seimbang.

Berbicara mengenai material yang digunakan dalam membangun sebuah project, ternyata tak hanya berupa raw material namun juga material yang sudah jadi dan juga material pendukung. Material pendukung ini dapat berupa furniture, barang-barang dekorasi, maupun lampu. Meskipun termasuk sebagai material pendukung, namun elemen-elemen ini juga tak dapat dihilangkan karena memiliki fungsi penting tersendiri.

Misalnya saja lampu, material pendukung ini memiliki fungsi penting bagi ruang dan bangunan yaitu digunakan untuk menyinari area yang tidak mendapat pencahayaan secara alami pada siang hari dan tetap menjaga keindahan serta membantu aktivitas yang terjadi pada area tersebut pada malam hari. Karenanya, lampu memiliki penataannya tersendiri agar terlihat pas dan area yang sinari dapat terekspos secara baik.

Selain dari desain ruang dan bangunan, tahukah Anda bahwa pencahayaan juga berpengaruh dalam memikat hati klien? Seperti yang telah disinggung diatas bahwa pencahayaan dapat membantu aktivitas yang terjadi pada area yang disinarinya, sehingga dengan penggunaan dan penataan pencahayaan yang sesuai maka klien yang sedang melakukan aktivitas di area tersebut juga dapat terbantu dengan baik. Untuk itulah perlu dilakukan penataan konsep pencahayaan pada ruang dan bangunan yang termasuk kedalam desain interior.

Agar hasil desain interior dapat terekspos secara maksimal, Anda dapat menerapkan beberapa tips desain pencahayaan berikut ini:

Sumber: google.com

  • Menggunakan teknik pencahayaan berlapis

Untuk memaksimalkan fungsi pencahayaan pada suatu area Anda dapat mengaplikasikan teknik layering yang pada dasarnya adalah mengombinasikan beberapa teknik pencahayaan di satu area. Jika biasanya hanya menggunakan satu jenis pencahayaan saja yaitu pencahayaan umum atau general lighting, maka Anda perlu melakukan improvisasi dengan menggunakan layer pencahayaan ini.

Sumber: lumion

  • Berikan warna cahaya yang hangat pada ruang tertentu

Setiap ruangan tentu memiliki fungsinya masing-masing, untuk itu warna cahaya yang digunakan pada setiap ruangan juga berbeda-beda. Anda dapat menggunakan warna cahaya yang hangat seperti warm white pada ruang tidur agar klien dapat lebih mudah beristirahat, atau jika klien Anda menginginkan suasana yang romantis Anda juga bisa menambahkan lampu dengan warna warm white pada area makan atau pada ruang santai di taman belakang.

Sumber: lumion

  • Percantik tampilan luar bangunan agar semakin menarik

Jangan lupa untuk memberikan tampilan yang menarik pada area luar bangunan dengan cara menempatkan beberapa lampu di area luar dan taman. Selain dapat membuat bangunan tampak indah, mengaplikasikan lampu pada area luar juga dapat menjaga keamanan pada malam hari.

Itulah beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk membuat klien menyukai karya desain Anda. Dalam hal pencahayaan, jika Anda menemukan kesulitan jangan ragu untuk menghubungi LEDDO.id baik melalui telepon maupun Whatsapp ke 0822-1000-7667. LEDDO.id akan membantu Anda dalam mengerjakan project yang sedang Anda tangani pada bagian pencahayaan, mulai dari konsultasi, kunjungan ke lokasi project, simulasi pencahayaan, hingga melakukan pengawasan terhadap proses pemasangan lampu. Selain itu juga LEDDO.id dapat membantu Anda para desainer interior dan arsitek dalam menyediakan jenis lampu yang diperlukan untuk project yang sedang dikerjakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: