3 Cara Memaksimalkan Pencahayaan Interior Leave a comment

Pernahkah Anda berada di tempat yang indah namun terasa kurang indah atau suasananya terasa kurang nyaman padahal penataan ruang dan furniture sudah seperti yang diharapkan? Hal tersebut mungkin disebabkan karena pencahayaan yang diaplikasikan pada ruangan tersebut kurang tepat sehingga suasana yang dihasilkan oleh tempat tersebut terasa kurang maksimal.

Pencahayaan memiliki peranan yang sangat penting bagi sebuah ruangan, karenanya untuk memaksimalkan suasana yang akan diciptakan ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan, yaitu:

  • Tentukan konsep ruang

Hal pertama yang perlu Anda lakukan sebelum mengaplikasikan lampu di sebuah ruangan adalah menentukan konsep ruang agar suasana yang ingin diciptakan juga dapat sesuai dengan yang diinginkan. Menentukan konsep ruang juga tak hanya mengenai penempatan furniture namun juga menentukan fungsi area dalam ruangan sehingga penempatan lampu dapat disesuaikan dengan fungsi area masing-masing.

  • Aplikasikan beberapa jenis pencahayaan

Kemudian Anda dapat mengaplikasikan beberapa jenis pencahayaan dalam suatu ruangan. Fungsinya adalah selain untuk mempercantik ruang, mengaplikasikan beberapa jenis pencahayaan juga bertujuan untuk memaksimalkan fungsi ruangan. Misalnya pada area ruang keluarga, jenis pencahayaan yang dipakai tak hanya general lighting atau ambient lighting saja, namun juga bisa ditambahkan dengan focal lighting untuk membantu aktifitas-aktifitas tertentu dan accent lighting untuk pemanis/ penghias ruangannya.

  • Pilih lampu yang sesuai

Kemudian, setelah kedua hal diatas dilakukan saatnya Anda untuk memilih lampu yang sesuai. Pemilihan lampu ini tak hanya dari bentuk lampunya saja, namun juga perlu dilihat dari warna cahaya yang dibutuhkan, besaran sinar cahaya yang dihasilkan, serta efek yang dihasilkan dan diinginkan. Semua hal tersebut dapat ditentukan dari desain simulasi yang dilakukan.

 

Dengan mengaplikasikan ketiga hal diatas Anda akan dapat memaksimalkan pencahayaan yang ada di ruangan tersebut. Anda juga dapat mengonsultasikan permasalahan pencahayaan yang Anda miliki kepada lighting consultant seperti LEDDO.id yang dapat membantu Anda dalam mendesain penataan pencahayaan, selain itu juga LEDDO.id dapat membantu Anda dalam memenuhi kebutuhan pencahayaan untuk project yang sedang Anda kerjakan. Anda dapat menghubungi LEDDO.id di 0822-1000-7667 untuk informasi lebih lanjut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: