3 Cara Menghidupkan Ruangan dengan Pencahayaan Leave a comment

Berada di sebuah tempat yang memiliki penataan ruang yang rapi dan unik tentu akan membuat kita menjadi betah berada di tempat tersebut, apalagi jika di tempat tersebut tak hanya penataan secara furniture saja yang bagus namun juga penataan pencahayaan yang baik, tentu hal tersebut dapat menambah nilai plus bagi ruangan tersebut.

Untuk membuat sebuah ruangan menjadi lebih hidup, terdapat beberapa cara yang perlu Anda perhatikan dan terapkan saat menata pencahayaannya, yaitu:

Sumber: www.contemporist.com

  • Mengerti tentang ruangan yang akan disinari

Menyinari ruangan dengan pencahayaan tak hanya cukup membuatnya terlihat terang, namun juga Anda perlu mengerti terlebih dulu mengenai ruangan tersebut mulai dari tujuan atau fungsi ruangan, area- area ruangan yang ingin disinari, hingga hasil suasana apa yang ingin diciptakan pada ruangan tersebut.

Mengerti tentang kebutuhan ruangan juga berbicara mengenai kebutuhan lampu yang akan digunakan agar pencahayaan yang dihasilkan tidak berlebihan sehingga aktivitas yang dijalankan di ruangan tersebut dapat terlaksana dengan baik.

 

Sumber: archdaily

  • Bereksperimen dengan efek yang dihasilkan

Setelah mengerti tentang kebutuhan ruangan, Anda dapat melakukan beberapa eksperimen lampu dengan efek yang akan dihasilkannya. Eksperimen dengan lampu dapat dilakukan dengan cara mencoba mengombinasikan jenis pencahayaan yang akan digunakan pada ruangan tersebut, jenis pencahayaan yang berbeda-beda tersebut dapat menghasilkan efek suasana tertentu yang bisa Anda terapkan untuk menghidupkan ruangan tersebut. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan dimming system menggunakan dimmer untuk memberikan efek pencahayaan yang berbeda.

 

Sumber: archdaily

  • Pilih lampu yang sesuai dengan kebutuhan

Cara lain yang bisa Anda terapkan untuk menghidupkan ruangan adalah dengan memilih lampu yang sesuai dengan kebutuhan ruangan. Kebutuhan mengenai ruangan tentu bisa Anda ketahui dari poin pertama dan kedua, apabila Anda sudah mengetahui ingin menghidupkan ruangan yang seperti apa Anda dapat memilih lampu yang warna cahaya, sudut cahaya, dan bentuk lampu yang sesuai.

 

Dengan ketiga cara yang saling berhubungan tersebut tentunya Anda akan dapat menciptakan suasana ruang yang lebih hidup dengan pencahayaan. Satu hal lagi yang tak boleh Anda lewatkan adalah perhatikan penempatan lampu atau sumber cahaya di dalam ruangan, pastikan bahwa setiap area yang berada di ruangan tersebut dapat tersinari dengan baik sehingga aktivitas yang terjadi dan dilakukan di ruangan tersebut dapat berjalan dengan baik.

Apabila Anda menemukan kesulitan dalam menganalisa kebutuhan dan bereksperiman dengan efek lampu, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan profesional seperti LEDDO.id. Selain menyediakan berbagai lampu LED yang sesuai dengan kebutuhan, LEDDO.id juga dapat membantu Anda berkonsultasi terhadap masalah pencahayaan yang sedang Anda alami. Tak hanya berkonsultasi, namun LEDDO.id juga akan membantu Anda dalam mendesain pencahayaan yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Caranya cukup hubungi LEDDO.id melalui telepon atau Whatsapp di 0822-1000-7667, dan tim kami akan membantu Anda memberikan solusi pencahayaan yang baik dan sesuai kebutuhan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: