3 Cara Penataan Cahaya dalam Proyek Pembangunan Leave a comment

Setiap proyek pembangunan yang dikerjakan tentu ingin hasilnya menjadi menarik dan sesuai dengan yang diinginkan. Untuk itu diperlukan adanya penataan yang baik terhadap ruang dan bangunan yang akan dibangun maupun yang sedang direnovasi. Pada pengerjaan sebuah proyek pembangunan tentunya dibutuhkan material pembentuk/ penopang hingga material pelengkap. Material pembentuk/ penopang adalah material yang digunakan untuk membentuk ruang dan bangunan tersebut, seperti pasir, besi, kayu, dan sebagainya. Sedangkan material pelengkap merupakan material yang digunakan untuk mempercantik tampilan ruang dan bangunan, seperti furniture, benda dekorasi, hingga lampu.

Meskipun hanya sebagai material pelengkap, namun setiap material pelengkap yang digunakan memiliki fungsinya masing-masing. Furniture yang digunakan pada ruangan memiliki fungsi untuk membantu setiap hal yang akan dilakukan di ruangan tersebut. Begitu pula dengan lampu di ruangan dan area sekitar bangunan tersebut juga memiliki fungsinya tersendiri. Pencahayaan yang baik pada ruang dan bangunan dapat membantu setiap jalannya aktivitas yang terjadi.

Penataan pencahayaan (lighting plan) yang telah disesuaikan dengan kebutuhan suatu area tentunya akan membuat area yang disorot cahaya akan lebih menonjol dan terlihat secara lebih maksimal. Karena itulah meskipun sifatnya hanya sebagai pelengkap namun pencahayaan dapat menciptakan suasana/ mood tertentu di suatu area yang berdampak pada kenyamanan yang diberikan oleh area tersebut. Untuk menghasilkan porsi pencahayaan yang sesuai dengan suatu area, maka ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan, yaitu:

Sumber: housely.com

  • Atur ruangan agar mendapat pencahayaan alami

Pencahayaan yang dibutuhkan pada suatu ruang dan bangunan tak hanya pencahayaan buatan saja yang berasal dari sinar lampu, namun juga pencahayaan alami dari cahaya matahari. Untuk itu penataan pencahayaan alami juga perlu diatur, pengaturan pencahayaan alami dapat dilakukan dengan cara menambahkan jendela pada ruangan tertentu agar cahaya matahari dapat dengan mudah masuk ke area dalam, namun tetap diperhatikan agar cahaya yang masuk tak mengganggu aktivitas.

Sumber: exploretrending.com

  • Perhatikan komposisi penataan pencahayaan

Komposisi penataan cahaya juga perlu diperhatikan, komposisi ini ditentukan dari jenis pencahayaan yang digunakan seperti general lighting, task lighting, dan accent lighting. Jika jenis pencahayaan sudah ditentukan maka penghitungan komposisi cahaya dapat dilakukan. Karenanya dibutuhkan kepekaan dalam mengatur komposisi pencahayaan pada ruang dan bangunan.

  • Gunakan lampu yang sesuai

Anda juga perlu menggunakan lampu yang sesuai untuk mendukung komposisi penataan cahaya di area tersebut. Komposisi cahaya dan jenis lampu yang akan digunakan dapat mempengaruhi hasil penataan pencahayaan di suatu area dan bisa berdampak pada citra tampilan atau mood yang diciptakan di area tersebut.

Karenanya penataan pencahayaan tak bisa disepelekan dan dilakukan dengan sembarangan, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan konsultan pencahayaan seperti LEDDO.id yang dapat membantu Anda dalam membuat penataan pencahayaan yang baik dan sesuai dengan kebutuhan. Tak hanya itu LEDDO.id juga dapat membantu Anda dalam memenuhi kebutuhan pencahayaan yang diperlukan, dengan cara membantu dalam menyuplai produk lampu yang digunakan dalam pengerjaan proyek pembangunan.

Untuk berkonsultasi dengan LEDDO.id Anda dapat langsung menghubungi LEDDO.id melalui Telepon maupun Whatsapp di 0822-1000-7667. Nanti akan ada tim dari LEDDO.id yang akan membantu Anda memberikan solusi bagi permasalahan pencahayaan yang Anda hadapi. Bagi Anda yang berada di wilayah Jabodetabek juga dapat mengatur jadwal meeting dengan tim project kami untuk membahas dan berkonsultasi secara lebih detail.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: