3 Cara Terbaik dalam Mendesain Tata Letak Cahaya di Bangunan Leave a comment

Pencahayaan dalam sebuah bangunan menjadi hal yang penting dan harus diperhatikan pada saat mendesain bangunan. Sebagai seorang yang ahli dalam tata letak ruangan dan juga tata letak pencahayaan bangunan, Anda sebagai konsultan harus mampu memberikan saran terbaik untuk klien bagaimana pencahayaan yang seharusnya terjadi dalam sebuah bangunan. Lampu LED kini juga menjadi salah satu yang bisa dimanfaatkan untuk tata cahaya.

Melakukan desain pencahayaan dalam sebuah ruangan memang bukan merupakan hal yang mudah, maka dari itu ada beberapa cara yang harus dilakukan dan juga harus diperhatikan. Jika Anda akan melakukan desain lampu atau cahaya maka pastikan beberapa aspek ini terpenuhi diantaranya:

  1. Ukuran ruangan, Anda harus paham terlebih dahulu berapa ukuran ruangan yang akan di desain cahayanya. Hal ini tentu saja akan sangat berpengaruh pada pemilihan jenis lampu nantinya.
  2. Model ruangan, ada beberapa model ruangan yang bisa kita perhatikan dan juga menjadi inspirasi dalam melakukan desain cahaya.
  3. Jenis lampu, ini juga sangat penting. Anda harus perhatikan beberapa jenis lampu agar pada saat melakukan desain ini lampu akan sesuai dengan model ruangan.

Jika sudah melihat beberapa model pencahayaan yang ada ini maka Anda akan sangat paham sekali mana jenis lampu LED yang sesuai untuk desain cahaya yang diinginkan. Bangunan kini juga sudah kian beragam model dan juga desain yang digunakan. Sebagai orang yang ahli dalam bidang interior, Anda juga harus memahami desain apa yang cocok dengan model dan ukuran bangunan.

Pada saat Anda melakukan desain pencahayaan pada penghuni rumah yang mayoritas adalah anak-anak maka penempatan lampu juga penting diperhatikan. Hal ini juga akan sangat kontras sekali jika anak-anak masih belajar, maka pencahayaan dalam kamar atau ruangan harus tepat mengenai tempat mereka belajar. Jika peruntukan dalam sebuah ruangan sudah ditentukan, maka dalam melakukan desain ini juga akan lebih mudah.

Sumber: buildinggreen.com

Pentingnya warna cahaya untuk psikologis

Mungkin tidak banyak orang yang sadar bahwa sebenarnya warna dalam sebuah cahaya lampu akan sangat mempengaruhi kondisi psikologis seseorang. Maka penting juga bagi Anda seorang ahli interior dalam menentukan warna lampu untuk sebuah ruangan. Hal ini akan dirasakan langsung nanti oleh penghuni rumah, bahwa lampu yang menjadi pilihan adalah tepat.

Ada beberapa warna yang dapat ditampilkan oleh lampu LED yang kini sudah semakin canggih teknologinya. Berikut ini adalah beberapa warna tersebut beserta dengan manfaatnya:

  1. 3000 Kelvin, ini adalah pada saat cahaya lampu memiliki warna putih kekuning-kuningan. Melalui cahaya lampu ini akan muncul sebuah rasa relaksasi, sehingga tidak jarang pula lampu ini digunakan untuk ruangan relaksasi dan juga spa. Pastinya ini juga cocok untuk Anda yang baru saja kembali dari kerja namun ingin merasakan relaksasi.
  2. 6000 Kelvin, merupakan lampu dengan warna putih yang terang menyala. Biasanya lampu ini cocok digunakan pada ruangan-ruangan seperti perpustakaan pribadi dan perpustakaan umum. Efek yang diberikan oleh lampu ini adalah warna terang yang baik untuk pusat perbelanjaan juga.
  3. 4000 Kelvin, ini merupakan lampu dengan warna putih natural yang akan memberikan efek nyaman. Jenis lampu ini biasanya digunakan di ruangan utama maupun di ruangan santai. Karena warna dari lampu yang tidak terlalu menegangkan.

Model-model lampu downlight yang dimiliki ini akan sangat membantu sekali dalam melakukan sebuah pencahayaan desain dalam rumah. Bagi para interior, sejumlah manfaat dari lampu ini akan sangat bisa sekali dimanfaatkan Selain itu juga ini akan menjadi salah satu bahan referensi dalam menyalakan lampu bagi klien di rumahnya.

Melihat sudah banyak sekali model lampu yang ada, Anda dan juga calon klien memang seharusnya memiliki komunikasi yang baik. Hal ini perlu dilakukan untuk memperhatikan apakah kualitas dari desain pencahayaan yang Anda lakukan sudah tepat atau belum. Selain itu juga ini akan membuktikan pada klien bahwa Anda juga memperhatikan semua detail yang ada.

Apakah semua jawaban yang ada di atas sudah sesuai dengan kebutuhan Anda? Pada intinya untuk membeli lampu LED juga harus memperhatikan fasiltas atau teknologi yang diberikan dari produsen lampu. Setiap distributor lampu LED, memberikan banyak sekali manfaat lampu yang akan membuat para desain interior akan semakin bisa memanfaatkan model yang ada.

Pastinya setelah melihat beberapa inspirasi dari pencahayaan yang ada dalam sebuah bangunan, ini akan memudahkan para ahli interior untuk menentukan mana jenis lampu yang akan digunakan pada ruangan. Jika Anda sering merasakan sulit dalam melakukan desain cahaya karena terlalu banyak pilihan lampu, LEDDO.id akan sangat cocok sekali untuk Anda yang ingin menampilkan suasana yang nyata dalam sebuah bangunan. LEDDO.id kini mampu membantu proyeksikan desain lampu andalan dalam setiap bangunan. Untuk konsultasi lebih lanjut maka Anda bisa menghubungi vio@leddo.id dan akan langsung diberikan solusi terbaik untuk pencahayaan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: