3-faktor-penting

3 Faktor Penting untuk Membuat Ruangan Terang Nyaman Leave a comment

Pernahkah Anda memasuki sebuah ruangan yang meskipun sudah menyalakan lampu tapi masih terasa gelap? Atau pernahkah Anda mengunjungi tempat yang sangat terang meskipun hanya menggunakan beberapa lampu saja?

Sadar atau tidak Anda pasti pernah berkunjung ke jenis tempat yang sama namun dengan rasa pencahayaan yang berbeda. Misalnya, Anda pergi ke sebuah gedung kantor A kemudian Anda pergi ke gedung kantor B, kedua gedung tersebut mungkin sama- sama menyalakan lampu, namun Anda merasa bahwa kantor B lebih terang dan nyaman dibanding kantor A.

Kira- kira apa yang menjadi penyebab perbedaan pada kedua gedung tersebut?

Ternyata perbedaan tersebut disebabkan oleh nilai lux yang berbeda pada ruangan tersebut.

Lux merupakan satuan pengukuran tingkat intensitas cahaya disuatu area. Lux digunakan untuk mengukur jumlah cahaya yang dihasilkan di area tertentu. Sederhananya lux adalah ukuran dari seberapa banyak cahaya yang Anda dapatkan dari sumber cahaya.

Nilai lux ini dapat dihitung dari semua sumber cahaya yang menerangi suatu tempat, baik dari sinar matahari, sinar lilin, bahkan sinar lampu. Besarnya nilai lux ditentukan pada seberapa banyak cahaya yang diarahkan kepada objek serta seberapa dekat jarak objek dengan sumber cahaya.

Semakin jauh jarak sumber cahaya dari objek yang disinari, maka semakin sedikit cahaya yang akan didapatkan oleh objek tersebut.

Lalu bagaimana suatu area bisa mendapatkan nilai lux yang sesuai untuk pencahayaan di area tersebut?

Ada sedikitnya 3 faktor yang memengaruhi nilai lux pada sebuah ruangan, yaitu:

Sumber: ikakrisantiwordpress

Jumlah titik lampu

Jumlah titik lampu pada suatu ruangan juga dapat memengaruhi nilai lux yang dihasilkan oleh lampu. Semakin banyak jumlah titik lampu pada suatu ruangan dapat memperbesar nilai standar lux bagi ruangan tersebut.

interior

Sumber: arsitektur.me

Ketinggian plafon/ ceiling

Ketinggian plafon pada suatu ruang juga dapat mempengaruhi nilai lux. Semakin tinggi plafon pada ruangan nilai lux akan semakin kecil, sehingga dibutuhkan lampu dengan daya yang lebih besar dan jumlah yang lebih banyak untuk mendapatkan jumlah lux yang diinginkan.

Sumber: ezdivegear.com

Besarnya lumen pada lampu

Selain jumlah titik lampu, ketinggian plafon, serta daya yang dimiliki oleh sebuah lampu, besarnya lumen pada lampu juga dapat memengaruhi nilai lux disuatu ruangan.

Lumen merupakan satuan yang digunakan untuk menghitung jumlah total cahaya yang dipancarkan dari sebuah sumber cahaya seperti lampu. Semakin besar nilai lumen pada lampu, cahaya yang dihasilkan akan semakin terang.

Hubungan lumen dengan lux adalah ketika lampu memiliki lumen yang besar maka nilai lux juga dapat menjadi besar karena nilai 1 lux adalah 1 lumen/m2.

Ketiga faktor tersebut saling bergantung satu dengan yang lainnya. Ketika Anda berada disuatu ruangan dengan jumlah titik lampu tidak banyak dan ketinggian plafon adalah 3 meter dengan daya lampu hanya 12 watt dan total lumen yang dikeluarkan oleh keseluruhan lampu tidak terlalu besar, maka nilai lux yang dihasilkan juga tidak terlalu besar.

Nilai lux juga dapat berbeda- beda di setiap ruangan, ini tergantung dengan fungsi ruangan itu sendiri, jadi hal pertama yang perlu Anda perhatikan untuk mendapatkan nilai lux yang sesuai dengan ruangan adalah memastikan standar nilai lux sudah sesuai dengan fungsi ruangan.

Yang menjadi pertanyaan adalah bagaimana cara menghitung nilai lux yang sesuai dengan standar kenyamanan dan fungsi suatu ruang?

Solusinya adalah Anda dapat berkonsultasi dengan konsultan pencahayaan yang mengerti mengenai standar lux yang diperlukan disuatu bangunan/ ruang. Seperti yang telah dibahas sekilas diatas, bahwa setiap ruangan memiliki fungsi yang berbeda sehingga nilai lux yang diperlukan juga berbeda. Selain itu juga setiap negara memiliki standar nilai lux yang berbeda- beda.

Untuk Indonesia, standar nilai lux suatu tempat dapat dilihat pada table dibawah ini:

sni-lux

Standar nilai lux inilah yang menjadi acuan bagi konsultan pencahayaan untuk memberikan saran berapa banyak lampu yang Anda butuhkan untuk menerangi suatu ruangan tersebut.

Sebagai konsultan pencahayaan, LEDDO.id dapat membantu Anda dalam mensimulasikan pencahayaan yang juga dapat digunakan untuk menghitung nilai lux disuatu ruangan.

Anda dapat langsung menghubungi LEDDO.id melalui telepon/ Whatsapp di 0822-1000-7667 untuk berkonsultasi lebih lanjut dengan tim konsultan pencahayaan LEDDO.id.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: