pencahayaan-lampu-led

3 Hal Penting Membuat Mood Pencahayaan dengan Lampu LED Leave a comment

Dalam membangun bangunan, tentu saja semuanya tak dapat dikerjakan seorang diri saja. Semuanya harus membutuhkan rekanan yang kiranya dapat bekerja sama dalam proyek pembangunan agar semuanya berjalan dengan baik.

Seorang designer interior atau juga arsitek biasanya adalah ornag yang ditunjuk untuk menjadi kepala atas sebuah proyek. Hal itu dikarenakan biasa owner sudah memiliki kepercayaan kepada desainer interior dan juga arsitek dalam membangun bangunan. Kita semua setuju bahwa, Dalam mengerjakan design dan bangunan untuk client, pastinya Anda ingin memberikan yang terbaik untuk client Anda. Tak hanya konsep bangunan saja yang dituntut untuk yang terbaik melainkan Mood atau suasana yang tercipta pada suatu ruangan juga dijadikan indikator berhasilnya sebuah bangunan dibangun.

Salah satu yang dapat mendukung suasana sebuah bangunan tersebut adalah lighting atau pencahayaan. Tak banyak orang yang menyadari bahwa pencahayaan dapat berpengaruh pada penerimaan informasi secara visual terhadap suatu lingkungan. Hal tersebut dikarenakan dua hormone yang mempengaruhi perasaan seseorang, yaitu melatonin dan serotonin. Hormone melatonin sangat penting dalam mengendalikan pola tidur seseorang, sedangkan hormone serotonin mempengaruhi fungsi tidur, nafsu makan, memori, mood, bahkan tingkat depresi seseorang. Jika Anda menggunakan pencahayaan yang tidak maksimal, jumlah melatonin dalam tubuh akan terpengaruh yang akan mengakibatkan ketidakseimbangan dalam tubuh. Sehingga, ketika Anda berada di tempat yang memiliki pencahayaan yang buruk, seperti ruangan yang gelap Anda akan mudah merasa tertekan dan mengantuk. Maka dari itu, biasanya untuk tidur, relaksasi di tempat spa atau ruangan untuk beristirahat manusia sering menggunakan cahaya yang lebih redup.

Pencahayaan merupakan salah satu faktor penting dalam desain interior karena dengan adanya pencahayaan pada suatu ruangan akan membuat tampilan dan suasana ruangan menjadi lebih bercahaya dan menarik.

Ya, ketika design dan lighting dipersatukan, maka semuanya itu menjadi perpaduan yang dapat menyenangkan owner Anda. Perpaduan itu menjadi sebuah hal yang sempurna untuk setiap bangunan yang Anda design. Berikut ini adalah hal-hal yang dapat dipelajari dari lighting dan akan berkaitan dengan design yang Anda buat. Edukasi berikut ini akan membantu Anda dalam mendesign suatu ruangan yang sempurna.

Sumber: kfmradios

Jenis pencahayaan

Lighting memiliki jenis-jenis yang berbeda. Semuanya itu disesuaikan dengan fungsinya masing-masing. Jenis pencahayaan yang digunakan dapat mempengaruhi suasana di area ruangan tersebut. Ada 3 jenis pencahayaan yang dapat diaplikasikan untuk menciptakan suasana yang diinginkan pada suatu ruangan yaitu ambient, task dan accent. Masing-masing dibedakan berdasarkan fungsinya.

Sumber: thelightingpractice.com

Warna lampu

Warna lampu yang akan menciptakan sebuah mood atau suasana. Mungkin kita telah bahas sedikit di atas tadi. Salah satu contohnya adalah warna lampu yang cenderung warm (2700K – 3000K) dapat menghasilkan suasana yang relaksasi, tenang, romantis, dan hangat sehingga lebih cocok untuk digunakan pada area- area yang memerlukan kehangatan seperti kamar tidur dan taman. Atau contoh lain, warna lampu yang cenderung terang seperti natural white dan cool white memberikan kesan dingin, ceria, dan penuh semangat. Untuk warna natural white digunakan untuk ruang kerja/ kantor, dan ruangan di rumah. Sedangkan warna cool white dapat digunakan untuk di ruangan dengan area yang memerlukan ketelitian seperti area QC pabrik, rumah sakit, dan ruang gambar.

Design lighting

Selain warna lampu dan jenis pencahayaan, desain penataan pencahayaan juga dapat mempengaruhi suasana ruang dan mood seseorang ketika berada di tempat tersebut. Penataan pencahayaan yang tepat dapat mengurangi resiko gangguan penglihatan yang mungkin terjadi, seperti efek silau/ glare karena terkena sinar lampu dari pantulan kaca.

Itulah alasan mengapa Anda harus menggandeng rekanan lighting untuk proyek pembangunan Anda. Percayakan lighting proyek Anda hanya pada kami LEDDO.id. Ya, LEDDO.id hadir bukan hanya menjual berbagai produk lampu LED saja. LEDDO.id juga membantu Anda untuk mendesain titik lampu yang sesuai dengan ambience, suasana dan juga tema yang Anda inginkan di pada bangunan yang sedang Anda kerjakan. LEDDO.id juga sangat bersedia membantu setiap proyek yang mungkin dikerjakan oleh Anda para interior design. dan juga arsitek Kami siap membantu membuat setiap gambar 3D yang Anda buat sesuai dengan kenyataan. Pelayanan kami ini sangat cocok juga untuk Anda para kontraktor yang sedang mengerjakan proyek pembangunan dan memerlukan produk pencahayaan dalam jumlah yang banyak. Kami dapat membantu Anda untuk menentukan titik lampu yang tepat, sehingga Anda dapat mengeluarkan biaya yang efektif dalam pencahayaan. Selain itu, LEDDO.id juga tidak memberikan desain yang asal, kami juga melengkapinya dengan simulasi lighting yang akan disesuaikan dengan kebutuhan dan ambience yang Anda inginkan.

Hubungi LEDDO.id sekarang juga karena kami akan memberikan solusi untuk menjawab segala pertanyaan dan keluhan Anda. Klik website kami di LEDDO.id atau hubungi Vio sebagai virtual assistant kami di 0822 1000 7667, Vio dapat membantu Anda dalam menyampaikan informasi produk dan juga berbagai layanan di LEDDO.id. Dapat juga email ke vio@leddo.id. Kami siap menjadi jawaban dari semua permasalahan Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: