3 Jenis Lampu untuk Façade Lighting dan Penataannya Leave a comment

Suatu bangunan akan tampak indah apabila mendapat penataan yang baik dan sesuai, baik penataan bagian luar bangunan maupun penataan bagian dalam bangunan. Namun sebelum seseorang akhirnya memutuskan untuk masuk ke sebuah gedung bangunan tentu hal yang pertama dilihatnya adalah bagian luar bangunan atau yang biasa disebut dengan fasad bangunan. Oleh karena itu bagian terluar dari sebuah bangunan juga memerlukan perhatian khusus.

Fasad bangunan yang menjadi wajah dari sebuah bangunan tentu harus dipercantik agar menarik hati siapapun yang melewati bangunan tersebut. Selain mendesain tampilan/ bentuk fasad, menata pencahayaan bagi fasad bangunan juga diperlukan. Hal ini bertujuan untuk memberikan tampilan yang lebih menarik pada fasad terutama pada saat malam hari. Penataan pencahayaan pada fasad dapat dilakukan dengan menggunakan jenis lampu eksterior yang sesuai dengan objek fasad yang akan disinari.

Ada beberapa jenis lampu eksterior yang dapat mempercantik tampilan fasad bangunan, yaitu:

Sumber: pinterest

  • Uplight

Jenis lampu uplight merupakan jenis lampu yang sinar cahayanya menghadap keatas. Lampu uplight ini biasa juga dikenal dengan lampu underground karena penempatannya yang ditanamkan dibawah tanah/ lantai.

  • LED Strip

Jenis lampu LED strip juga dapat digunakan untuk memberikan pencahayaan pada fasad. Ada banyak warna cahaya yang bisa Anda dapatkan dari lampu LED strip, yaitu warm white, cool white, dan RGB. Sesuaikan warna-warna cahaya ini dengan fungsi bangunan agar suasana yang diciptakan dapat selaras dengan bangunan.

Sumber: lightstrade

  • Wall Washer

Tak beda jauh dengan uplight, jenis lampu wall washer juga ditanam dibawah dan sinar cahayanya menghadap keatas. Jenis lampu wall washer ini yang paling banyak digunakan untuk mempertegas tampilan tekstur fasad pada bangunan.

Dari ketiga jenis lampu diatas Anda dapat menyesuaikannya dengan desain yang telah Anda buat dan sesuaikan dengan tinggi bangunan serta objek yang akan ditonjolkan. Perlu diperhatikan juga bahwa karena fasad merupakan area terluar dari sebuah bangunan maka jenis lampu yang digunakan juga harus memenuhi standar peruntukkan luar ruangan.

Selain pemilihan jenis lampu dan warna cahaya, penataan konsep pencahayaan pada fasad juga dapat mempengaruhi bangunan itu sendiri, tak hanya sekedar terang saja, namun juga perlu diperhatikan estetika dan manfaat yang akan dihasilkan oleh pencahayaan fasad itu sendiri. Pencahayaan yang diberikan untuk fasad tentunya harus mempunyai manfaat untuk memberikan keamanan, karena selain menarik keamanan suatu bangunan juga diperlukan agar setiap orang yang tinggal di dalam bangunan tersebut dapat merasa aman. Untuk itulah diperlukan penataan pencahayaan pada fasad.

Penataan pencahayaan pada fasad ini dapat dilakukan oleh lighting consultant dan lighting designer seperti LEDDO.id. Sebagai lighting consultant LEDDO.id akan memberikan solusi terbaik bagi pencahayaan fasad bangunan seperti yang dibutuhkan dan diinginkan oleh klien. Selain itu LEDDO.id juga dapat memberikan support jenis lampu yang sebaiknya digunakan untuk mempercantik hasil desain ruang dan bangunan yang telah dikerjakan oleh desainer interior dan arsitek.

Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat menghubungi LEDDO.id melalui telepon/ Whatsapp ke 0822-1000-7667, dan tim kami akan membantu Anda memberikan solusi pencahayaan yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: