jenis-pencahayaan

3 Jenis Pencahayaan yang dapat Mengubah Suasana Hati Leave a comment

Dalam mengerjakan design dan bangunan untuk client, pastinya Anda ingin memberikan yang terbaik untuk client Anda. Terkadang tak hanya konsep bangunan saja. Mood atau suasana yang tercipta pada suatu ruangan juga dijadikan indikator berhasilnya sebuah bangunan dibangun.

Seperti yang kita ketahui bahwa manusia merupakan makhluk yang memiliki tingkat kesensitifan terhadap kelima indera yang dimilikinya. Salah satu rangsangannya dari pencahayaan. Rasangan pencahayaan tersebut dapat mempengaruhi respon psikologi seseorang.

Tak banyak orang yang menyadari bahwa pencahayaan dapat berpengaruh pada penerimaan informasi secara visual terhadap suatu lingkungan. Misalnya saja pada keadaan tempat yang gelap tanpa penerangan tentunya kita tidak dapat melihat apapun secara visual, oleh karena itu dibutuhkan penerangan atau pencahayaan untuk memberikan kesan visual terhadap bangunan dan lingkungan di sekitar.

Selain itu pencahayaan juga dapat menciptakan mood atau suasana hati seseorang. Pada saat seseorang berjalan menuju area dengan pencahayaan yang lebih redup dan suram, maka suasana hati orang tersebut juga dapat menurun menjadi lebih muram dan gairah semangat dapat menjadi turun juga.

Untuk itu, pencahayaan yang baik dan tepat diperlukan untuk membuat suasana hati seseorang menjadi lebih baik dan sesuai dengan peruntukkan ruangan tersebut. Berbagai pencahayaan tersebut juga harus disesuaikan dengan fungsi yang digunakan pada ruangan.

Nah, LEDDO.id ingin memberikan informasi untuk Anda, sebenarnya apa saja unsur lighting yang mempengaruhi suasana pada sebuah ruangan.

jenis-pencahayaan-2

Sumber: legerolighting.com

Jenis pencahayaan

Jenis pencahayaan yang digunakan dapat mempengaruhi suasana di area tersebut. Ada 3 jenis pencahayaan yang dapat diaplikasikan untuk menciptakan suasana yang diinginkan pada suatu ruangan, yaitu:

  • Ambient lighting

Ambient lighting merupakan pencahayaan yang digunakan untuk menerangi keseluruhan ruangan secara general. Jadi penyebaran pencahayaan yang dihasilkan biasanya merata ke seluruh ruangan.

  • Task lighting

Task lighting merupakan pencahayaan yang digunakan untuk membantu pekerjaan- pekerjaan tertentu atau aktivitas yang lebih spesifik misalkan membaca buku.

  • Accent lighting

Accent lighting merupakan pencahayaan yang digunakan untuk memberikan efek pemanis atau penghias di area ruangan.

Ketiga jenis pencahayaan ini memiliki peranannya masing- masing sehingga ketika dikombinasikan mampu menciptakan suasana seperti yang diinginkan.

Sumber: westinghouselighting.com

Warna lampu

Kemudian saat ketiga jenis pencahayaan tersebut dikombinasikan dengan tepat, maka peranan penting selanjutnya dalam penciptaan suasana ruang adalah penggunaan warna lampu yang sesuai.

Warna lampu yang cenderung warm (2700K – 3000K) dapat menghasilkan suasana yang rileks, tenang, romantis, dan hangat sehingga lebih cocok untuk digunakan pada area- area yang memerlukan kehangatan seperti kamar tidur dan taman.

Sedangkan warna lampu yang cenderung terang seperti natural white dan cool white memberikan kesan dingin, ceria, dan penuh semangat. Untuk warna natural white digunakan untuk ruang kerja/ kantor, dan ruangan di rumah. Sedangkan warna cool white dapat digunakan untuk di ruangan dengan area yang memerlukan ketelitian seperti area QC pabrik, rumah sakit, dan ruang gambar.

jenis-pencahayaan-3

Sumber: oneupdecorating.com

Design lighting

Selain warna lampu dan jenis pencahayaan, desain penataan pencahayaan juga dapat mempengaruhi suasana ruang dan mood seseorang ketika berada di tempat tersebut. Penataan pencahayaan yang tepat dapat mengurangi resiko gangguan penglihatan yang mungkin terjadi, seperti efek silau/ glare karena terkena sinar lampu dari pantulan kaca.

Seperti pada artikel sebelumnya bahwa design dan lighting memang tidak dapat dipisahkan. Berikut ini adalah keuntungan yang bisa Anda dapatkan ketika menyatukan keduanya.

– Dapat menambah nilai estetika ruang

– Membuat ruangan menjadi lebih hidup

– Membuat hasil desain pada gambar sesuai dengan hasil secara visual

Itulah berbagai tips dan inspirasi yang dapat LEDDO.id berikan untuk Anda. LEDDO.id hadir bukan hanya menjual berbagai produk lampu LED saja. LEDDO.id juga membantu Anda untuk mendesain titik lampu yang sesuai dengan ambience, suasana dan juga tema yang Anda inginkan di pada bangunan yang sedang Anda kerjakan. LEDDO.id juga sangat bersedia membantu setiap proyek yang mungkin dikerjakan oleh Anda para interior design. dan juga arsitek Kami siap membantu membuat setiap gambar 3D yang Anda buat sesuai dengan kenyataan. Pelayanan kami ini sangat cocok juga untuk Anda para kontraktor yang sedang mengerjakan proyek pembangunan dan memerlukan produk pencahayaan dalam jumlah yang banyak. Kami dapat membantu Anda untuk menentukan titik lampu yang tepat, sehingga Anda dapat mengeluarkan biaya yang efektif dalam pencahayaan. Selain itu, LEDDO.id juga tidak memberikan desain yang asal, kami juga melengkapinya dengan simulasi lighting yang akan disesuaikan dengan kebutuhan dan ambience yang Anda inginkan.

Butuh bantuan untuk proyek Anda? Hubungi LEDDO.id sekarang juga karena kami akan memberikan solusi untuk menjawab segala pertanyaan dan keluhan Anda. Terutama mengatasi segala kesulitan yang mungkin sering Anda alami sebagai designer interior dan juga arsitek. Klik website kami di LEDDO.id atau hubungi Vio sebagai virtual assistant kami di 0822 1000 7667, Vio dapat membantu Anda dalam menyampaikan informasi produk dan juga berbagai layanan di LEDDO.id. Dapat juga email ke vio@leddo.id. Kami siap menjadi jawaban dari semua permasalahan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: