Pencahayaan-di-mall

3 Manfaat Pencahayaan pada Mall Leave a comment

Berbelanja di Mall telah menjadi salah satu gaya hidup bagi sebagian orang. Atau hanya sekedar berjalan jalan melepas kejenuhan seharian beraktivitas, mungkin juga mengisi waktu luang yang kosong sekedar menjernihkan pikiran atau mencuci mata. Mall juga di pilih sebagai tempat bebelanja bagi sebagian orang.

Tak hanya sekadar sebagai tempat belanja, mall juga menjadi destinasi hiburan yang mudah dijangkau dan dikunjungi kapan pun. Nah karena intensitas pengunjung mall yang tinggi, penataan ruangan demi ruangan pada bangunan mall atau yang biasa di sebut sebagai pusat perbelanjaan modern tentu saja memerlukan perhatian yang cukup.

Pada artikel kali ini, LEDDO.id ingin membahas seluk beluk tentang Mall. Mungkin sebagian dari Anda disini bekerja di Mall atau juga sedang mengerjakan proyek Mall. Design yang tepat pada Mall tentu saja akan menaikkan citra dan intesitas pengunjung sebuah Mall. Maka dari itu dalam pembangunan dan desainnya diperlukan pemikiran khusus yang lumayan panjang untuk membantu menciptakan Mall yang disenangi oleh pengunjung.

Berikut ini ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam membangun dan menata sebuah mall yang mungkin dapat menjadi inspirasi bagi Anda yang sedang mengerjakan proyek Mall dan ingin membuat Mall tampak berbeda, diantaranya yaitu

pencahayaan-mall-2

Sumber: 88designbox.com

Konsep Desain yang Unik

Konsep yang unik dan detail tentu saja menjadi poin pertama yang perlu menjadi perhatian ketika membangun dan menata mall. Konsep detail sangat diperlukan agar menciptakan Mall yang dapat bertahan dalam jangka panjang. Konsep membangun Mall tidak dapat dikerjakan terburu-buru. Harus secara bertahap dan diperhatikan secara detail

Untuk mendapatkan konsep yang detail, Anda perlu melakukan beberapa survey seperti kondisi dan ukuran lahan, harapan yang ingin dicapai, serta konsep bangunan. Nantinya hasil dari survey tersebut dapat menentukan desain eksterior dan interior, ukuran mall, dan penataan furniturnya.

Pencahayaan-di-mall-3

Sumber: howtobecome.com

Gunakan jasa profesional yang sesuai

Jika Anda kesulitan dalam menciptakan konsep Anda bisa mendiskusikannya dengan orang yang ahli dibidangnya, Anda bisa berdiskusi dengan arsitek maupun desainer interior. Bantuan dari orang-orang yang ahli dapat membantu Anda mendapatkan konsep yang sesuai sehingga apa yang Anda inginkan untuk membangun sebuah mall dapat terealisasikan. Atau jika Anda seorang arsitek dan interior, Anda juga dapat melihat refensi dari tempat lain yang dapat menjadi ide dan Anda modifikasi sesuai dengan market dan keinginan client Anda.

Selain desain dan konsep yang baik. Tahukah Anda, untuk menambah ketertarikan dan minat pengunjung mall, dibutuhkan pula pencahayaan yang sesuai dan tepat. Ya, mungkin terkadang pencahayaan sering terlupakan. Tapi pencahayaan sangat penting untuk menciptakan suasana. Suasana yang sesuai dengan keinginan terget market akan mengundang lebih banyak pengunjung yang datang karena mereka mendapatkan hal yang mereka butuhkan.

Pencahayaan pada mall memerlukan dua jenis pencahayaan, yaitu pencahayaan alami dan pencahayaan buatan. Untuk pencahayaan alami didapatkan dari sinar matahari, pada pencahayaan alami ini diperlukan perhitungan desain dan cahaya yang masuk agar dapat tersebar dengan sempurna. Dapat menggunakan kaca-kaca pada jendela dengan perhitungan yang sesuai atau juga pintu-pintu yang terbuat dari kaca.

Pencahayaan pada mall harus menciptakan atmosfer yang membuat pengunjung merasa nyaman. Sedikitnya ada 3 area umum di mall yang memerlukan penataan pencahayaan yang tepat, yaitu:

  • Entrance/ Area Masuk

Pada area masuk, buatlah first impression yang sangat membuat pengunjung senang mengunjungi Mall ini dan membuat mereka tidak salah pilih terhadap Mall ini.

  • Social Areas / Area Publik

Area ini sangat mendukung apakah Mall tersebut dikunjungi lagi selanjutnya atau tidak.

  • Koridor

Walau hanya sebagai lorong-lorong penghubung. Biasanya para pengunjung banyak menghabiskan waktu pada Area ini. Maka dari itu harus dipastikan area ini nyaman bagi pengunjung.

manfaat-pencahayaan-di-mall

Dapat dilihat juga pada infografis tersebut bahwa ternyata ada manfaat yang bisa di dapatkan pada pencahayaan pada Mall yang tepat, pembahasannyaa sebagai berikut.

  • Mengubah mood seseorang

Pencahayaan erat kaitannya dengan suasana yang tercipta dan suasana tersebut membantu mengatur mood seseorang. Suasana yang nyaman menciptakan mood yang baik pula.

  • Membantu penghematan energi

Selain dari pencahayaan alami, pencahayaan dari lampu LED juga cocok digunakan untuk penghematan energi jangka panjang. Kita ketahui bahwa lampu LED lebih menghemat 80% energi dibandingkan lampu konvensional.

  • Memaksimalkan penjualan

Pencahayaan yang baik dapat menarik pengunjung untuk berkunjung ke mall. Mall tersebut mendapatkan intensitas pengunjung yang maksimal sehingga dapat meningkatkan penjualan

Selesai sudah membahas keseluruhan tentang mall. Yang paling penting adalah lighting yang menghidupkan seluruh desain dari bangunan Mall yang Anda buat. Desain yang terbaik yang Anda buat akan diperindah lewat lighting yang sesuai. Konsultasikan lighting proyek Mall Anda hanya pada kami LEDDO.id.

Hadirnya LEDDO.id juga mengatasi kerumitan Anda dalam membeli berbagai lampu. LEDDO.id melayani Anda secara online dan menyediakan berbagai macam lampu LED untuk kebutuhan pencahayaan di Mall.

Tak hanya menyediakan berbagai produk lampu LED saja. LEDDO.id juga membantu Anda untuk mendesain titik lampu yang sesuai dengan ambience, suasana dan juga tema yang Anda inginkan di pada bangunan yang sedang Anda kerjakan. LEDDO.id juga sangat bersedia membantu setiap proyek yang mungkin dikerjakan oleh Anda para interior design. Kami siap membantu membuat setiap gambar 3D yang Anda buat menjadi lebih hidup. Pelayanan kami ini sangat cocok juga untuk Anda para kontraktor yang sedang mengerjakan proyek pembangunan dan memerlukan produk pencahayaan dalam jumlah yang banyak. Kami dapat membantu Anda untuk menentukan titik lampu yang tepat, sehingga Anda dapat mengeluarkan biaya yang efektif dalam pencahayaan. Selain itu, LEDDO.id juga tidak sembarangan dalam memberikan desain, kami juga melengkapinya dengan simulasi lighting yang akan disesuaikan dengan kebutuhan dan ambience yang Anda inginkan.

Hubungi LEDDO.id sekarang juga karena kami akan memberikan solusi untuk menjawab segala pertanyaan dan keluhan Anda. Klik website kami di LEDDO.id atau hubungi Vio sebagai virtual assistant kami di 0822 1000 7667, Vio dapat membantu Anda dalam menyampaikan informasi produk dan juga berbagai layanan di LEDDO.id. Dapat juga email ke vio@leddo.id. Kami siap menjadi jawaban dari semua permasalahan pencahayaan Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: