3 Manfaat & Tips Pencahayaan bagi Desain Ruang & Bangunan Leave a comment

Pencahayaan merupakan salah satu elemen penting dalam menyempurnakan desain ruang dan bangunan. Tanpa adanya pencahayaan disuatu area maka area tersebut tidak bisa terekspos secara maksimal. Begitu juga dengan adanya pencahayaan namun apabila pencahayaan yang digunakan di area tersebut kurang tepat maka suasana area tersebut kurang dapat terlihat dengan baik sehingga area menjadi kurang nyaman.

Karena pencahayaan adalah elemen yang penting maka penataannya pun perlu diperhitungkan dengan baik. Mulai dari penempatan titik lampu hingga pemilihan besar daya, lux, dan warna cahaya lampu pun perlu dipikirkan dengan baik.

Pada desain ruang dan bangunan, pencahayaan memiliki beberapa manfaat yang bisa dilihat dan dirasakan secara langsung, beberapa manfaat tersebut yaitu:

Sumber: advancedbuildingmaterials.com

– Dapat menciptakan keindahan

Pencahayaan pada suatu area ruang dan bangunan dapat meningkatkan kualitas estetika area tersebut. Detail ruang dan elemen arsitektur dapat ditonjolkan dengan jenis- jenis pencahayaan tertentu sehingga objek yang disorot akan nampak lebih dominan dan lebih menarik.

– Membentuk sebuah persepsi

Selain dapat menciptakan sebuah keindahan pada ruang dan bangunan, pencahayaan juga dapat menciptakan dan membentuk sebuah persepsi tersendiri. Pembentukan sebuah persepsi pada ruang dan bangunan dengan pencahayaan dapat menggunakan efek cahaya yang bisa menciptakan kesan lebih luas pada area yang disorot.

– Menciptakan suasana tertentu

Pada pembentukan persepsi yang didukung oleh pencahayaan juga akan dapat menciptakan suasana ruang tertentu. Persepsi dan suasana yang diciptakan oleh sebuah pencahayaan pada suatu ruang dipengaruhi oleh pemilihan warna cahaya.

Itulah beberapa manfaat pencahayaan pada desain ruang dan bangunan yang bisa Anda lihat dan rasakan langsung. Selain ketiga manfaat diatas, manfaat lain dari pencahayaan yang bisa dirasakan sehari- hari yaitu ketika menggunakan pencahayaan yang sesuai maka objek disekitarnya dapat terlihat dengan jelas sehingga aktifitas/ pekerjaan yang dilakukan juga dapat terlaksana dengan baik.

Untuk memberikan Anda gambaran mengenai bagaimana pencahayaan dapat memberikan efek tertentu disuatu area, berikut ini ada beberapa tips desain pencahayaan yang bisa Anda aplikasikan pada project- project pembangunan ruang dan bangunan yang sedang Anda kerjakan.

Sumber: google.com

– Gunakan pencahayaan tersembunyi (recessed lighting) untuk memberikan kesan luas pada ruangan. Tips ini sangat bekerja pada ruang yang memiliki area sempit/ kecil.

Sumber: bilgilimakaleler.club

– Gunakan warna cahaya natural. Untuk mendapatkan warna cahaya lampu yang natural Anda bisa menggunakan lampu LED, karena warna- warna cahaya yang dihasilkan oleh lampu LED memiliki warna yang lebih natural. Anda juga dapat menggunakan warna cahaya natural white yang bisa Anda kombinasikan baik dengan warna cool white maupun warm white.

– Pilih jenis lampu yang tepat. Untuk mendapatkan hasil yang sesuai Anda juga perlu untuk menggunakan jenis lampu yang tepat. Penggunaan jenis lampu ini juga perlu disesuaikan dengan fungsi ruangan dan aplikasinya. Jika aplikasinya adalah luar ruangan maka Anda juga perlu menggunakan lampu yang peruntukkannya untuk di area outdoor.

Itulah beberapa tips pencahayaan yang dapat kami bagikan pada Anda. Jika Anda memerlukan rekanan untuk membantu menyempurnakan desain Anda dibidang pencahayaan jangan ragu untuk menghubungi LEDDO.id. Selain sebagai konsultan pencahayaan yang dapat membantu Anda mensimulasikan kebutuhan pencahayaan, LEDDO.id juga dapat mensupport Anda dalam menyuplai berbagai kebutuhan pencahayaan mulai dari saklar hingga lampu LED.

Segera hubungi LEDDO.id melalui telepon maupun Whatsapp ke 0822-1000-7667 untuk mendapatkan kerjasama dengan harga terbaik bersama tim project yang berpengalaman dari LEDDO.id. Kami siap membantu memberikan solusi pencahayaan yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: