3-tips-design-museum

3 Tips Design Museum yang Menarik dipadu dengan Lampu LED Leave a comment

seni-budaya

Sumber: UNESCO

Tanpa kita sadari, banyak sekali seni budaya indonesia yang telah diakui oleh dunia. Seni budaya Indonesia yang diakui UNESCO antara lain seperti Keris, wayang, batik, angklung, candi Borobudur, candi prambanan, situs manusia purba sangiran, lukisan The Death of Kumbakarna, miniatur Candi Borobudur. Hal tersebut membuat kita sebagai masyarakat Indonesia harusnya berbangga hati dikarenakan seni budaya tersebut dapat mengharumkan nama Indonesia itu sendiri.

Hal itu membuat banyak sekali para wisatawan yang datang ke Indonesia, seperti artikle sebelumnya https://leddo.id/2-cara-benda-seni-terlihat-menakjubkan-dengan-lampu-led/ dimana banyak sekali para wisatawan asing yang datang ke Indonesia. Maka dari itu kita dapat melihat bahwa museum memiliki peluang untuk menambah kunjungan dari museum tersebut.

Atas dasar itulah, museum sangat baik apabila kita memperhatikan setiap design dan penampilannya agar museum terlihat lebih indah dan juga daya kunjungan para turis ke museum jadi lebih banyak.

Berikut ini adalah tips untuk mendesign museum agar terlihat lebih indah dan menarik para pengunjung untuk datang ke

Mengetahui tipe museum, tipe pengunjung dan tujuan

seni-lukis

Sumber: https://smartmuseum.uchicago.edu

Dalam mendesain sebuah museum tentu saja membutuhkan sebuah kreativitas yang berbeda dari design lainnya. Design museum memerlukan analisa tipe pengunjung dan tujuan museum tersebut. Mengapaa hal ini diperlukan? Ya, karena sangat berpengaruh dengan ambience yang ingin tercipta. Museum yang menampilkan perhiasan, di design dengan lebih elegan. Berbeda dengan design pada museum yang menampilkan beragam karya seni seperti lukisan atau patung, design interior yang dibuat pastinya harus lebih artistik. Ya semuanya itu akan menentukan desain interior yang digunakan untuk museum tersebut.

Fleksibilitas

seni-produk

Sumber: https://www.gla.ac.uk/

Point ini dilakukan dengan tujuan agar pengunjung tidak bosan. Penataan museum haruslah yang memiliki tingkat fleksibilitas yang cukup tinggi. Fleksibilitas yang dimaksud misalnya, Anda dapat mengubah posisi ataupun letak dari benda seni yang dipajang secara berkala. Anda juga bisa memainkan spot-spot unik yang biasa digunakan untuk berfoto oleh para pengunjung. Atau Anda juga dapat menambahkan konsep-konsep yang unik dengan spot foto instagrammable secara berkala misalnya seminggu sekali untuk menarik perhatian para wisatawan dan pengunjung museum.

Penataan pencahayaan yang sesuai

(Gambar)

seni-lukis-2

Sumber: http://www.getty.edu/

Nah, hal yang paling penting untuk diperhatikan secara keseluruhan adalah penataan pencahayaan. Ya, hal ini sangat diperlukan. Lakukanlah berbagai tips pencahayaan di artikel sebelunnya. Salah satunya dengan mengusahakan posisi cahaya yang digunakan dalam menyorot benda seni tersebut adalah 30 derajat agar cahaya yang turun dari lampu tepat mengenai benda seni tersebut. Anda juga harus glare dan shadow atau bayangan yang timbul dari penataan lampu. Usahakan untuk tidak ada shadow sehingga pencahayaan akan lebih indah dan manis. Untuk hal ini, gunakan juga lampu LED dan lampu sorot agar benda seni tidak cepat rusak. Ya, lampu LED tidak mengandung sinar UV yang dapat merusak benda seni. Lampu LED juga memiliki CRI yang tinggi sehingga membuat beenda seni mengeluarkan warna asli dan terlihat lebih glowing.

Untuk mendesain pencahayaan pada museum. Sebaiknya Anda serahkan pada konsultan lighting. Alasannya, karena benda seni yang cantik dan telah dipajang sedemikian rupa akan sia-sia apabila tidak memakai lighting yang baik. Lighting yang tepat akan membuat nilai pada benda seni menjadi naik. Untuk itu, Anda sebaiknya pencahayaan pada museum diserahkan kepada ahlinya.

Menata pencahayaan untuk museum memerlukan ketentuan tersendiri agar hasil seni dapat terlihat sempurna. Untuk menghasilkan penataan pencahayan yang tepat dan sesuai, bisa menggunakan jasa konsultan pencahayaan. Sehingga Anda dapat merasakan berbagai Manfaat yang saat menggunakan konsultan lampu, seperti:

  • Mengetahui pada bagian mana saja yang memerlukan pencahayaan. Sehingga Anda tidak boros membeli lampu karena titik lampu yang di design tidak sesuai.
  • Mendapatkan lampu yang sesuai dengan kriteria benda seni yang akan disorot. Sehingga benda seni akan terlihat lebih indah dan memiliki nilai yang sangat tinggi di mata para pengunjung.
  • Menghasilkan ambience yang sesuai dengan target pengunjung yang datang. Dapat juga disesuaikan dengan tema museum dan juga benda-bend yang dipamerkan di museum.
  • Tidak repot mencari produk lampu yang harus digunakan karena biasanya lighting konsultan sudah memberikan spec lampu yang sesuai dengan apa yang museum butuhkan. Dan kita tak perlu repot untuk mencarinya.

Itulah hal-hal tentang museum dan juga beragam manfaat dari lampu LED untuk pencahayaan benda seni berikut juga keuntungan dalam menggunakan lighting konsultan. Mungkin sekarang waktunya untuk Anda beralih dari lampu konvensional menjadi lampu LED. Melihat jika benda seni harus dirawat dan dijaga keadaanya. Selain itu banyak juga benda seni yang membanggakan dan menjadikan aset negara agar para pengunjung dapat mengenal karya seni dari negara kita.

Terlihat dari poin-poin di atas, Anda bisa menjadi semakin yakin, apakah keputusan untuk beralih mengganti lampu konvensional ke lampu LED merupakan pilihan yang tepat? Jika iya! Serahkan semuanya kepada LEDDO.id. Anda membutuhan informasi tentang pencahayaan lampu LED, dan bingung kemana harus mencari lampu LED. Anda tak perlu khawatir, karena LEDDO.id hadir untuk membantu Anda sehingga menjadi solusi anh tepat untuk Anda. Tak hanya menyediakan berbagai produk lampu LED saja. LEDDO.id juga membantu Anda untuk mendesain titik lampu yang sesuai dengan ambience, suasana dan juga tema yang Anda inginkan di pada bangunan yang sedang Anda kerjakan seperti rumah, butik, café dan lain sebagainya. LEDDO.id juga sangat bersedia membantu setiap proyek yang mungkin dikerjakan oleh Anda para interior design. Kami siap membantu membuat setiap gambar 3D yang Anda buat menjadi lebih hidup.

Hubungi LEDDO.id sekarang juga karena kami akan memberikan solusi untuk menjawab segala pertanyaan dan keluhan Anda. Klik website kami di LEDDO.id atau hubungi Vio sebagai virtual assistant kami di 0822 1000 7667, Vio dapat membantu Anda dalam menyampaikan informasi produk dan juga berbagai layanan di LEDDO.id. Dapat juga email ke vio@leddo.id. Kami siap menjadi jawaban dari semua permasalahan pencahayaan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: