tips-pemilihan-pencahayaan

3 Tips Pemilihan Cahaya Sesuai dengan Psikologi Warna Leave a comment

Pemilihan warna dalam sebuah ruangan tentunya akan sangat memerlukan pemilihan terbaik yang akan membuat warna akan jadi mempengaruhi psikologis. Kini para desainer interior juga sudah bisa menentukan beberapa warna terbaik dan akan membuat owner yang membutuhkan desain ruangan yang sesuai dengan kebutuhan kita. Ada beberapa warna yang akan mempengaruhi psikologis seseorang dan juga pastinya bisa membuat pengaruh pada kegiatan sehari-hari.

Jika Anda membutuhkan desain pencahayaan yang sesuai maka jangan ragu untuk melihat beberapa desain yang sesuai. Lampu LED menjadi salah satu pilihan terbaik untuk membuat rumah atau bangunan akan jadi lebih menarik. Jangan sampai ragu dalam memilih mana model warna ruangan yang tepat. Selain itu juga beberapa kepercayaan orang juga biasanya mempengaruhi warna untuk cahaya dalam ruangan.

tips-pemilihan-pencahayaan-2

Sumber: homedit.com

Bagi beberapa desainer interior memilih warna cahaya yang tepat adalah hal yang penting. Ini semua bisa disesuaikan dengan pemilik rumah nantinya. Berikut ini adalah pencahayaan yang bisa dipilih antara lain:

  1. Modern, untuk tipe ruangan bagi pemilik modern maka cenderung untuk membutuhkan ruangan yang cozy atau santai tapi tetap nyaman. Maka dari itu sangat diperlukan warna cahaya yang sesuai dengan kebutuhan mereka adalah warna putih yang masih cenderung redup. Untuk tipe warna ini biasanya ada pada suhu 3000 Kelvin. Jika menggunakan lampu ini maka pencahayaan yang digunakan akan sangat cocok juga digunakan di ruangan keluarga.
  2. Chinese, untuk pemilik rumah dengan tipe Chinese ini maka akan ada kecenderungan untuk memiliki ruangan yang memiliki warna cahaya sangat terang. Hal ini bisa di dapatkan dari warna putih di suhu 6500 Kelvin. Menggunakan cahaya ini pastinya ruangan akan sangat terang sekali dan banyak orang Chinese percaya warna terang ini akan membawa keberuntungan.
  3. Traditional, ini juga merupakan salah satu yang penting sekali untuk beberapa pemilik rumah dimana biasanya warna cukup redup akan dibutuhkan dalam sebuah rumah dengan gaya tradisional. Pada rumah ini biasanya akan memberikan efek yang sangat melankolis dan akan membuat penghuni jadi lebih bisa menonjolkan sisi rumah berseni.

tips-pencahayaan

Sumber: merainterior.com

Desain dan lighting saling berkesinambungan

Melalui beberapa informasi mengenai lampu LED maka dapat kita ketahui bahwa sebenarnya lampu akan sangat berkesinambungan dengan desain rumah yang ada. Biasanya pencahayaan di rumah akan menyesuaikan juga dengan desain yang ada. Seperti halnya adalah pada rumah dengan desain modern biasanya pencahayaan akan menggunakan warna cahaya yang sangat terang. Maka dari itu Anda harus paham mana desain yang sesuai dengan rumah yang digunakan.

Selain itu juga ada beberapa penempatan di rumah yang biasanya juga akan mempengaruhi pencahayaan adalah seperti ruangan keluarga yang di dalamnya terdapat banyak barang-barang keluarga. Pada ruangan ini biasanya pencahayaan akan ditambahkan lagi untuk mengedepankan unsur cahaya yang menarik. Lampu LED ini memang bisa membantu menonjolkan satu sisi cahaya di rumah seperti ingin menonjolkan bagian lemari dengan barang-barang yang berkilau.

Sumber: obengplus.com

Cahaya dengan intensitas LUX dan LUMEN

Banyak owner yang sering kali tidak paham dengan adanya sebuah intensitas cahaya, maka dari itu sebagai desainer interior Anda harus paham perbedaan cahaya ini mulai dari LUX sampai dengan LUMEN. Biasanya cahaya yang digunakan ini akan sangat dipengaruhi pada jenis lampu downlight maupun lampu LED.

Cahaya Lux sendiri merupakan cahaya yang sangat unik dimana cahaya ini akan menyebar ke seluruh ruangan dan ini akan sangat menarik sekali. Penyebaran dari cahaya ini juga harus disesuaikan dengan ukuran ruangan. Maka dari itu jika menggunakan cahaya dari Lux ini akan sangat beragam sekali. Anda bisa menggunakan lampu dengan cahaya lux ini untuk mempermudah pencahyaan dalam sebuah ruangan, karena cahaya ini akan menyebar ke seluruh ruangan yang ada di dalam ruangan.

Jika sudah paham dengan cahaya lux ini, maka selanjutnya adalah cahaya dari Lumen. Pada jenis lumen ini terdapat perbedaan dimana ini akan sesuai dengan kebutuhan, cahaya ini cenderung pada sebuah spot saja. Biasanya untuk mendapatkan lumen ini bukan merupakan hal yang sulit. Untuk menerangkan satu area saja maka sangat penting menggunakan lampu dengan cahaya lumen.

Hal yang mudah bukan memperhatikan beberapa kebutuhan akan pencahayaan yang baik dalam sebuah rumah? Untuk mendapatkan pencahayaan sesuai ini memang bisa disesuaikan dengan kebutuhan dari seorang owner. Karena biasanya terdapat banyak sekali perbedaan jika di sesuaikan dengan kebutuhan yang ada saat ini.

LEDDO.id hadir menjadi salah satu solusi untuk Anda yang ingin mendisuksikan lebih lanjut proyeksi pencahayaan di sebuah ruangan. Menggunakan desain lampu LED yang modern kini LEDDO.id bisa membantu siapa saja untuk mendapatkan cahaya terbaik dalam sebuah ruangan. Maka dari itu selalu carilah desain dan proyeksi ruangan yang paling cocok dengan kebutuhan  Jika Anda tertarik untuk menggunakan LEDDO.id sebagai konsultan pencahayaan di rumah, maka bisa langsung menghubungi vio@leddo.id.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: