3 Tips Penataan Lampu yang Memengaruhi Hasil Desain Interior Leave a comment

Profesi sebagai seorang desainer interior dan arsitek tentunya memiliki tuntutan pekerjaannya tersendiri, yaitu menghasilkan desain ruang dan bangunan yang sesuai dengan keinginan klien dan memuaskan hati klien. Namun terkadang untuk menghasilkan suatu karya desain ruang dan bangunan seperti yang telah digambarkan tidak akan semudah itu. Ada faktor-faktor baik dari internal maupun eksternal yang dapat mempengaruhi hasil.

Salah satu faktor yang dapat memengaruhi hasil karya desain Anda adalah pencahayaan (lighting). Penggunaan pencahayaan pada sebuah karya desain ruang dan bangunan ternyata cukup menentukan hasil yang akan Anda dapatkan, karena melalui pencahayaan yang diberikan pada area tersebut maka akan tercipta mood atau suasana tertentu seperti yang diinginkan.

Dengan menggunakan pencahayaan yang maksimal pada project yang sedang Anda kerjakan, akan ada sebuah value tersendiri yang dapat Anda jadikan nilai tambah bagi Anda di mata klien. Pencahayaan yang maksimal adalah penataan pencahayaan yang dibuat dengan memperhatikan penyebaran cahaya dari lampu yang digunakan. Jika penyebaran cahaya dari lampu yang digunakan sudah menyeluruh, perlu juga dilihat apakah peletakkan atau posisi lampu pada area tersebut sudah benar dan sesuai dengan fungsinya.

Salah satu contoh aplikasi lampu yang diperlukan setiap bangunan dan tentu saja sangat dicintai oleh owner adalah pencahayaan yang nyaman. Berkaitan dengan pencahayaan yang nyaman tersebut, tentu saja ada spesifikasi lampu yang harus diperhatikan. Ya, spesifikasi lampu juga menentukan apakah lampu tersebut bersinar dan menciptakan suasana nyaman atau tidak.

  • Pilihlah lampu dengan jenis lampu LED, karena lampu LED memiliki kemampuan tidak mengeluarkan panas berlebih dibanding lampu jenis konvensional
  • Pilih lampu dengan warna 3000 Kelvin untuk menghasilkan suasana yang relaksasi sehingga membuat ruangan terasa cozy dan nyaman.
  • Buatlah permainan layer pada lampu. Dengan menggunakan tehnik ini, tentu saja akan membuat suasana menjadi terasa berbeda dan unik.

Sumber: pinterest

Nah, sebagai inspirasi untuk Anda dalam mengerjakan desain interior dan arsitektur dalam sebuah bangunan, berikut ini kami berikan 3 tips dalam menata pencahayaan untuk proyek Anda.

Sesuaikan dengan konsep ruang

Penyesuaian jenis lampu dengan ruangan merupakan hal pertama yang perlu dan penting untuk dilakukan karena konsep ruang berhubungan dengan jenis pencahayaan yang akan digunakan di ruangan tersebut. Jika konsep yang Anda usung adalah minimalis maka jenis lampu yang dapat Anda gunakan haruslah yang selaras, seperti penggunaan jenis lampu downlight. Jenis lampu downlight yang digunakan juga sebaiknya adalah lampu downlight yang memiliki diameter tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil agar komposisi ruang selalu pas. Kemudian, apabila Anda ingin menggunakan jenis lampu gantung perhatikan juga luas ruang dengan besar lampu gantung agar ruangan tidak terlihat sempit.

Sumber: nidahspa.com

Ciptakan suasana yang berbeda

Karena setiap ruangan memiliki fungsi yang berbeda, maka suasana yang diciptakan disetiap ruangan tentunya berbeda- beda juga. Misalnya pada ruang tidur, tentunya suasana yang ingin diciptakan pada ruangan tersebut adalah suasana yang hangat dan relaks, sehingga Anda perlu menggunakan lampu dengan warna 3000 kelvin atau warm white yang mampu menciptakan suasana yang diinginkan pada ruangan tersebut.

Sumber: macdgran.com

Posisi atau letak lampu

Letak lampu juga perlu diperhatikan karena jika Anda meletakkan atau memposisikan lampu di tempat yang kurang tepat, maka pencahayaan dari lampu tersebut akan kurang efektif dan maksimal. Penentuan posisi lampu ini dapat ditentukan dari letak furniture atau aspek lain seperti fungsi ruangan tersebut, aktivitas yang biasa dilakukan, keadaan psikologi sang owner dan lain sebagainya. Hal ini tentu saja Anda bisa mendiskusikannya dengan konsultan pencahayaan agar mendapat hasil pencahayaan yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan Anda.

Untuk Anda yang mungkin sedang mengerjakan proyek dan ingin memberikan hasil yang terbaik untuk owner tentang hasil bangunannya. Kami bersedia mewujudkan apa yang Anda ingin hasilkan melalui penataan pencahayaan yang baik dan sesuai. Dengan kombinasi dan kerja sama dari desain interior yang telah Anda kerjakan dan penataan pencahayaan yang sesuai maka hasil yang diinginkan oleh klien dapat terlihat secara maksimal.

Jangan ragu untuk menghubungi kami melalui telepon maupun Whatsapp ke 0822-1000-7667 untuk berdiskusi mengenai project yang sedang Anda kerjakan. Tim kami akan membantu Anda untuk mengatur jadwal bertemu dengan Anda sehingga project yang sedang Anda kerjakan dapat dikerjakan secara bersama-sama dengan LEDDO.id.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: