4 Cara Mudah Penataan Lampu untuk Desain Interior Lebih Menarik Leave a comment

Ketika akan membangun suatu ruang atau bangunan tentu ada banyak hal dan bagian yang perlu diperhitungkan dan ditata tak terkecuali pencahayaan, baik pencahayaan alami maupun pencahayaan buatan. Pada pencahayaan buatan, lampu tak hanya berfungsi sebagai penerang suatu area namun lampu juga dapat menambah gaya dan kepribadian tersendiri bagi ruangan tersebut dan juga lampu dapat meningkatkan fungsi ruang.

Sedikitnya ada 4 cara mudah yang dapat Anda lakukan dalam menata lampu agar interior semakin menarik, yaitu:

Sumber: archtourspr.com

– Gunakan permainan layer pencahayaan

Menyinari area yang berbeda pada satu ruangan serta menyinari keseluruhan area dalam satu ruangan secara bersamaan dapat membantu memberikan pencahayaan di tempat yang paling dibutuhkan dan dapat menambah ketertarikan tersendiri secara visual.

Ketika Anda sedang menata pencahayaan maupun saat Anda akan memilih lampu untuk digunakan disuatu ruangan, aturlah pencahayaan dengan 3 jenis layer pencahayaan berikut ini:

Ambient/ General Lighting

Ambient/ general lighting merupakan pencahayaan yang digunakan untuk menyinari keseluruhan area ruangan. Jenis lampu yang biasa digunakan untuk layer pencahayaan ini contohnya adalah lampu downlight general, lampu panel, dan lampu T8.

– Task Lighting

Task lighting merupakan pencahayaan yang digunakan untuk membantu aktifitas yang dilakukan diarea ruangan tersebut, misalnya membaca buku, merias, dan memasak di dapur. Jenis lampu yang dapat digunakan sebagai task lighting adalah lampu sorot/ spot light.

– Accent Lighting

Accent lighting ini merupakan layer pencahayaan yang digunakan sebagai pemanis ruangan. Jenis lampu yang digunakan sebagai accent lighting adalah jenis lampu dekoratif seperti wall lamp, lampu gantung kristal/ chandelier lamp, dsb.

Sumber: glassdoor.com

– Ciptakan focal point

Focal point ini diperlukan untuk memberikan suatu gaya tersendiri pada ruangan sehingga ruangan tersebut memiliki keunikannya tersendiri.

– Tambahkan kontrol dimmer

Tambahkan kontrol dimmer untuk membuat kesan suasana yang berbeda pada suatu ruangan. Menggunakan dimmer pada lampu- lampu diruangan digunakan untuk menurunkan intensitas cahaya yang dikeluarkan oleh lampu. Jika klien Anda menyukai suasana yang lebih redup Anda bisa menambahkan dimmer sebagai pengatur cahaya lampunya.

– Berikan kesan ‘selamat datang’

Saat datang ke suatu tempat yang baru biasanya yang akan menjadi pertimbangan nyaman atau tidaknya tempat tersebut adalah kesan pada area depan, untuk itu tambahkan lampu pada area depan ruangan terutama untuk memberikan kesan hangat untuk menyambut tamu yang datang ke tempat klien Anda.

Penataan pencahayaan yang baik merupakan salah satu faktor penentu klien menyukai desain yang Anda buat. Hasil karya desain interior yang telah Anda buat dapat disempurnakan melalui penataan pencahayaan yang baik dan sesuai. Salah satu tips yang bisa Anda lakukan agar desain yang Anda kerjakan menjadi lebih bagus dan menarik dengan pencahayaan adalah dengan bekerja sama dengan konsultan pencahayaan (lighting consultant) dan lighting designer.

Salah satu lighting consultant yang dapat Anda percayakan untuk bekerja sama menangani project Anda adalah LEDDO.id. Sebagai konsultan pencahayaan LEDDO.id dapat membantu Anda dalam menata lampu untuk project yang sedang Anda kerjakan. Selain itu juga LEDDO.id dapat menyuplai kebutuhan pencahayaan di project Anda.

Hubungi LEDDO.id melalui telepon maupun Whatsapp di 0822-1000-7667 untuk mendapatkan informasi lebih lanjut. Nanti akan ada tim dari LEDDO.id yang akan membantu untuk menghubungkan Anda dengan tim project LEDDO.id. Kami siap membantu Anda memberikan solusi pencahayaan yang sesuai dengan kebutuhan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: