eco-green

4 Manfaat Mendukung Eco-Green Desain dengan Lampu LED Leave a comment

Di Zaman yang semakin maju seperti sekarang ini, ternyata teknologi yang maju tidak hanya dilihat dari barang-barang elektronik saja melainkan juga terdapat pada lighting. Banyak sekali masyarakat yang akhirnya memilih menggunakan lampu LED dibandingkan lampu bohlam biasa atau disebut dengan lampu konvensional.

Ligh Emitting Diode adalah kepanjangan dari LED merupakan diode atau pancaran cahaya yang sangat umum digunakan pada kehidupan sehari-hari. Ada banyak jenis lampu yang digunakan sebagai alat penerangan, salah satunya adalah lampu downlight. Lampu downlight adalah salah satu jenis lampu yang penggunaannya tidak hanya sebagai pencahayaan di rumah, namun juga pada desain bangunan-bangunan yang lainnya seperti market place (hotel, cafe, supermarket, mall bahkan rumah sakit). Lampu downlight ini sudah lama digunakan untuk pencahayaan general atau umum di berbagai bangunan. Ya, hal itu dikarenakan ada beberapa hal yang membuat lampu downlight menjadi salah satu lampu yang populer, yaitu desain yang modern, pemasangan yang mudah, dan fleksibel. Seiring dengan perkembangan jaman, desain pada lampu downlight juga berubah dan semakin modern, dengan model yang bervariasi pengguna bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan. Fleksibilitas dari lampu ini juga menjadikan lampu downlight banyak digunakan di banyak tempat. Anda dapat menggunakan lampu downlight pada satu rumah, mulai dari teras sampai kamar mandi.

Tak hanya lampu downlight saja, ternyata banyak lagi jenis lampu lainnya yang tergolong lampu LED seperti lampu sorot, lampu track, lampu sorot, lampu T5 dan lain sebagainya. Nah, banyaknya jenis yang dapat Anda gunakan merupakan salah satu manfaat dari lampu LED.

Tak hanya memiliki beragam jenis saja, ternyata masih banyak lagi manfaat lampu LED. Mungkin jika sepintas harga lampu LED lebih tinggi dibanding lampu konvensional. Namun, nampaknya ada jangka Panjang manfaat lampu LED yang dapat kita rasakan. Ya, salah satunya adalah umur lampu LED yang tahan lama, pemakaian lampu LED ternyata lebih sehat dibanding lampu konvensional. Dan masih banyak lagi manfaat lainnya. Daripada penasaran, LEDDO.id akan membahas beberapa manfaat dari lampu LED yang tentu saja sangat bermanfaat bagi kesehatan manusia. Simak manfaat lampu LED berikut ini:

Tahan lama

Seperti yang telah di sampaikan dari artikle di atas, bahwa lampu LED memiliki umur lampu yang sangat panjang. bahkan umurnya dapat mencapai 50.000 jam. Wah, investasi jangka panjang ya dibanding lampu konvensional.

eco-green-2

Sumber: sosjunkremoval.com

Ramah lingkungan

Tidak mengandung merkuri dan bahan kimia beracun lainnya, serta tidak menghasilkan sinar UV yang berbahaya. Kebanyakan pencahayaan lampu konvensional mengandung bahan yang tidak ramah lingkungan, contohnya seperti merkuri. Berbeda dengan lampu LED bebas dari bahan-bahan kimia yang beracun. Lampu LED 100% juga dapat di daur ulang. Sehingga selain hemat energi, pemakaian lampu ini juga dapat menyelamatkan lingkungan dari kerusakan global. Produksi 1 lampu LED dapat menghemat produksi 25 lampu pijar atau lampu konvensional.

saving-energy

Sumber: republika.co.id

Menghemat Energi

Lampu LED dapat mengubah energi 15-20% lebih baik dari lampu konvensional. Perbedaan material pada lampu konvensional dengan lampu LED mempengaruhi efisiensi penggunaan lampu oleh konsumen, sehingga lampu LED jauh lebih hemat energi dibanding dengan jenis lampu lainnya yang masih bersifat konvensional. Tentu saja daya lampu yang digunakan lebih hemat.

Sumber: 123rf.com

Instalasi yang mudah

Di beberapa jenis lampu LED sudah tidak memerlukan ballast/ LED driver tambahan lagi, dan di beberapa jenis lampu LED ada yang namanya lampu LED jenis compact, jadi antara rumah lampu dan bohlam lampunya tidak terpisah. Tentu saja hal ini membantu para ibu rumah tangga yang suami bekerja sehingga ibu hanya sendirian di rumah. Pastinya bingung bagaimana cara pemasangan lampu. Tapi, dengan menggunakan lampu LED, Anda tak perlu khawatir karena pemasangan lampu sangat mudah.

fakta-perubahan-iklim

Sumber: sebangsa

Penggunaan lampu LED sangat erat kaitannya dengan Eco Green Desain yang sedang booming di dalam dunia desain interior. Apalagi kita ketahui bahwa kondisi bumi saat ini snagatlah tidak sehat. Dapat dilihat dari infografis di atas. Apa itu Eco Green Desain? Eco Green design merupakan konsep yang mengusung penggunaan material yang ramah lingkungan dengan penggunaan energi yang efektif dan efisien. Dalam pembangunan sebuah bangunan sudah mulai menerapkan konsep eco-green sebagai bentuk kepedulian terhadap dampak global warming.  Tentu saja hal ini merupakan langkah yang sangat baik dalam mencintai lingkungan dan juga menyelamatkan bumi tercinta.

Maka dari itu, banyak juga aplikasi eco-green design dalam desain interior. Dalam perencanaan desain bangunan eco green, ada aspek-aspek yang harus dipertimbangkan yaitu sebagai berikut:
1. Konsumsi sumber daya yang hemat dan efisien (energi, material, air dan lahan)
2. Emisi baik terhadap udara, air dan tanah terkait dengan lingkungan dan kesehatan
3. Lain-lain (seperti kebisingan dan getaran).

Selain itu hal yang menarik perhatian yaitu penggunaan lighting yang dapat mendukung gerakan ini yaitu gerakan Green lighting/ pencahayaan ramah lingkungan

Sejauh ini, sumber cahaya yang paling baik  adalah matahari. Dalam perencanaan eco desain, kita dapat menghemat penggunaan energi lampu dengan dengan menyediakan banyak bukaan pada siang hari. Jika Anda ingin sedikit lebih banyak cahaya, buatlah skylight, atau, Anda sedang mendesain rumah atau melakukan renovasi, mendesain banyak jendela di sisi menghadap ke selatan dari rumah (atau menghadap ke utara jika Anda tinggal di belahan bumi selatan). Untuk mengambil lebih banyak cahaya. Selain itu, cara lain yang dilakukan pada malam hari dan dapat dijadikan gerakan untuk menghemat penggunaan energi adalah dengan menggunakan lampu yang hemat energi. Salah satu lampu hemat energi adalah lampu LED. LED adalah lampu yang sangat disukai orang-orang yang menjunjung tinggi gaya hidup ramah lingkungan.

Mungkin dari Anda, ada yang bingung, dimanakah mencari produk lampu LED yang paling tepat. Salah satu distributor terpercaya menyediakan produk lampu LED berkualitas dan pastinya hemat energi adalah LEDDO.id

Untuk Anda yang berada di daerah Jabodetabek, salah satu distributor lampu yang dapat Anda kunjungi adalah LEDDO.id. Distributor lampu ini terletak di Gading Serpong, Tangerang Selatan.

LEDDO.id adalah salah satu distributor lampu LED yang menyediakan berbagai jenis lampu LED sesuai dengan kebutuhan Anda. Produk yang ditawarkan juga beragam, ada lampu downlight, lampu panel, lampu TL LED, lampu flood light bahkan lampu taman uplight.

Sekarang Anda tak perlu khawatir lagi karena LEDDO.id hadir untuk membantu Anda. Tak hanya menyediakan berbagai produk lampu LED saja. LEDDO.id juga membantu Anda untuk mendesain titik lampu yang sesuai dengan ambience, suasana dan juga tema yang Anda inginkan di pada bangunan yang sedang Anda kerjakan seperti rumah, butik, café dan lain sebagainya. LEDDO.id juga sangat bersedia membantu setiap proyek yang mungkin dikerjakan oleh Anda para interior design. Kami siap membantu membuat setiap gambar 3D yang Anda buat menjadi lebih hidup.

Hubungi LEDDO.id sekarang juga karena kami akan memberikan solusi untuk menjawab segala pertanyaan dan keluhan Anda. Klik website kami di LEDDO.id atau hubungi Vio sebagai virtual assistant kami di 0822 1000 7667, Vio dapat membantu Anda dalam menyampaikan informasi produk dan juga berbagai layanan di LEDDO.id.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: