tata-letak-lampu

4 Tips dalam Penentuan Tata Letak Lampu yang Tepat Leave a comment

Dalam sebuah ruangan, cahaya menjadi salah satu yang penting dan perlu untuk di perhatikan kualitasnya. Tak dapat dipungkiri, dalam membangun sebuah bangunan, Anda juga harus mengutamakan faktor cahaya. Anda sebagai designer sebuah bangunan, terkadang yang dibutuhkan tak hanya seberapa baik bangunan itu dibuat. Terkadang sang owner juga memiliki keinginan dan karakter yang harus disesuaikan dengan bangunan yang kita design. Namun, sebagai designer sebuah bangunan, harus pintar-pintar menciptakan mood dalam sebuah bangunan. Tak hanya bagaimana caranya agar sebuah bangunan dapat berdiri dengan sempurna, tapi bagaimana caranya agar bangunan tersebut dapat nyaman ditempati dan juga menciptakan suasana yang sesuai dengan keinginan owner.

Seperti yang telah kita bahas pada paragraf di atas. Bahwa salah satu yang dapat mendukung suasana sebuah bangunan tersebut adalah pencahayaan. Ya, mungkin tak banyak orang yang menyadari bahwa pencahayaan dapat berpengaruh pada suasana hati. Namun, hal tersebut memiliki teorinya. Pada penerimaan informasi secara visual terhadap suatu lingkungan pada otak manusia, disebabkan karena dua hormone yang mempengaruhi perasaan seseorang, yaitu melatonin dan serotonin. Hormone melatonin sangat penting dalam mengendalikan pola tidur seseorang, sedangkan hormone serotonin mempengaruhi fungsi tidur, nafsu makan, memori, mood, bahkan tingkat depresi seseorang.

Jika Anda menggunakan pencahayaan yang tidak maksimal, jumlah melatonin dalam tubuh akan terpengaruh yang akan mengakibatkan ketidakseimbangan dalam tubuh. Sehingga, ketika Anda berada di tempat yang memiliki pencahayaan yang buruk, seperti ruangan yang gelap Anda akan mudah merasa tertekan dan mengantuk. Maka dari itu, biasanya untuk tidur, relaksasi di tempat spa atau ruangan untuk beristirahat manusia sering menggunakan cahaya yang lebih redup.

Dalam membangun suasana yang tepat pada ruangan Anda. Anda harus melakukan pemaksimalan tampilan ruang tentu saja dengan penataan cahaya yang tepat. Ya, memang peran lighting seringkali dilupakan. Padahal pencahayaan sangat penting. Lighting yang baik dapat memperindah ruangan sekaligus menciptakan ambience yang Anda inginkan. Pencahayaan tersebut dapat disesuaikan dengan tema yang sudah Anda tentukan. Sekedar contoh, penciptaan suasana ini dapat ditentukan dengan warna yang dipancarkan pada cahaya. Tema yang simple dan ceria dapat menggunakan warna lampu 4000 Kelvin. Tema yang elegan dapat menggunakan lampu dengan CCT 2700 Kelvin.

Sebagai desainer interior, terkadang sering bingung jenis lampu apa yang cocok digunakan dalam sebuah bangunan. Salah satu lampu yang dapat menjadi pilihan Anda adalah lampu sorot atau lampu spot. Apalagi ketika Anda sedang mengerjakan proyek yang menjadi toko, atau cafe dimana terdapat display-display produk unik yang perlu di highlight. Pencahayaan ternyata dapat mempengaruhi minat beli dari para pengunjung. Dengan cara mendesign lampu sorot (spotlight) yang diarahkan langsung ke display product akan membuat design Anda terlihat manis dengan produk-produk yang terlihat glowing. Lampu sorot dapat digunakan bisa Anda sarankan kepada owner untuk meletakkannya pada produk yang menjadi best seller sehingga terlihat eye catching. Salah satu lampu spot yang dapat langsung memancarkan cahaya secara tepat pada produk, display ataupun furniture adalah lampu track. Lampu track dengan design yang menarik dapat membuat ruangan terlihat lebih indah dan juga membuat barang yang disinar tampak lebih glowing.

Tahukah Anda, tidak semua lampu dapat membuat barang menjadi lebih glowing dan bercahaya? Salah satu yang menjadi faktor adalah CRI (Colour Rendering Index). CRI tinggi agar dapat membuat warna asli pada produk yang nantinya terjual terlihat lebih glowing. CRI berfungsi untuk mengeluarkan warna asli pada produk Anda. CRI dikatakan tinggi apabila diatas 80. Yang paling sempurna adalah milik Tuhan yaitu matahari dengan CRI 100. Tapi kemajuan teknologi sudah dapat menciptakan lampu track dengan CRI sampai 95.

Berikut ini adalah tips dalam menentukan tata letak lampu agar desain ruangan atau bangunan yang Anda buat jadi terlihat lebih indah dan berbeda di mata owner.

Sumber: inwebexperts.com

Menyoroti variasi perabotan

Dengan cahaya Anda ternyata bisa menyorot variasi berbagai perabotan yang menarik di area bangunan. Contoh area di sini misalnya teras menawan yang setiap aspeknya memiliki dapat disorot, mulai dari tanaman, lantai, dan detail seperti hiasan-hiasan lentera untuk menambah pesona lingkungan sekitarnya.

tata-letak-lampu-3

Sumber: notfromhere.info

Menyoroti bagian favorit

Di setiap bangunan biasanya disisipkan atau benda-benda yang menjadi kesukaan para pemilik. Mulai dari pajangan, guci, patung-patung artistik, lukisan dan lain-lain. Alangkah indahnya apabila benda-benda favorit itu dapat diperlihatkan secara elegan dan terlihat mewah. Semuanya itu dapat dilakukan dengan menyorotinya menggunakan lampu sorot.

Berikut ini Anda dapat menggunakan konsep-konsep yang dapat diterapkan pada lampu spot dengan kedua inspirasi di bawah ini.

Sumber: hgtv.com

Konsep Spot Lighting

Caranya adalah dengan menyorot bagian yang ingin ditonjolkan.  Contohnya hiasan yang unik pada bangunan Anda yang ingin diperlihatkan secara detail. Atau, mural dinding yang Anda miliki, dapat diperlihatkan dengan meletakkan lampu yang cahayanya terfokus (menyorot) dari atas atau arah depan objek. Rumah Anda akan memberikan efek dramatis dan juga romantis.

Sumber: lightingbyplum

Konsep Shadow Lighting

Teknik ini dapat digunakan untuk menguatkan kesan berbayang pada objek yang Anda inginkan. Caranya dengan menempatkan lampu dari arah samping objek. Benda-benda yang tersorot akan mengeluarkan efek shadow atau bayangan.

Itulah beberapa inspirasi dalam mengaplikasikan lampu sorot atau lampu spot dengan jenis lampu track pada design Anda. Percayakan lighting proyek Anda hanya pada kami LEDDO.id. Ya, LEDDO.id hadir bukan hanya menjual berbagai produk lampu LED saja. LEDDO.id juga membantu Anda untuk mendesain titik lampu yang sesuai dengan ambience, suasana dan juga tema yang Anda inginkan di pada bangunan yang sedang Anda kerjakan.

LEDDO.id juga sangat bersedia membantu setiap proyek yang mungkin dikerjakan oleh Anda para interior design. dan juga arsitek Kami siap membantu membuat setiap gambar 3D yang Anda buat sesuai dengan kenyataan. Pelayanan kami ini sangat cocok juga untuk Anda para kontraktor yang sedang mengerjakan proyek pembangunan dan memerlukan produk pencahayaan dalam jumlah yang banyak. Kami dapat membantu Anda untuk menentukan titik lampu yang tepat, sehingga Anda dapat mengeluarkan biaya yang efektif dalam pencahayaan. Selain itu, LEDDO.id juga tidak memberikan desain yang asal, kami juga melengkapinya dengan simulasi lighting yang akan disesuaikan dengan kebutuhan dan ambience yang Anda inginkan.

Hubungi LEDDO.id sekarang juga karena kami akan memberikan solusi untuk menjawab segala pertanyaan dan keluhan Anda. Klik website kami di LEDDO.id atau hubungi Vio sebagai virtual assistant kami di 0822 1000 7667, Vio dapat membantu Anda dalam menyampaikan informasi produk dan juga berbagai layanan di LEDDO.id. Dapat juga email ke vio@leddo.id. Kami siap menjadi jawaban dari semua permasalahan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: