4-tips-toko-buku

4 Tips Mudah Membuat Toko Buku Lebih Menarik Leave a comment

Teknologi memang semakin canggih, namun peran buku yang dicetak berlembar- lembar masih mendapatkan tempat di hati para pembaca setianya. Selain itu juga pemerintah Indonesia hari- hari ini semakin gencar untuk membuat perpustakaan mini bagi masyarakatnya, sehingga banyak juga pengusaha- pengusaha muda yang mulai tertarik untuk membuka toko buku.

Untuk menghadapi persaingan antar pengusaha termasuk pengusaha toko buku, Anda perlu memiliki ide kreatif untuk membuat toko buku Anda lebih unik dan menarik sehingga banyak orang yang berkunjung ke toko Anda.

Anda bisa berkonsultasi dengan profesional seperti desainer interior untuk mendapatkan ide kreatif bagi penataan toko buku Anda. Salah satu desainer interior yang bisa menjadi rekomendasi untuk membantu Anda dalam menata interior toko adalah Moire Living.

Sedikitnya ada 4 tips yang diberikan oleh Moire Living untuk membuat penataan interior toko buku Anda semakin menarik.

  • Berikan Focal Point

Focal point merupakan suatu elemen yang berfungsi untuk memperkuat dan memperjelas fungsi ruang. Focal point ini juga berfungsi sebagai pengarah fokus disuatu ruangan.

Pada toko buku, focal point bisa Anda ciptakan dengan cara memajang produk buku yang terlihat eksklusif, atau Anda juga dapat menempatkan buku- buku yang baru rilis dan mendapat kategori best seller.

toko-buku

Sumber: camdenartscentre.org

  • Tata Produk yang Sederhana

Untuk memberikan focal point pada toko buku, Anda perlu melakukan trik penataan produk yang unik. Anda dapat menata buku- buku dengan pola- pola tertentu dan secara teratur.

Selain penataan buku, penataan furnitur seperti display rack atau bookshelf di toko buku juga perlu di tata dengan pola- pola khusus. Fungsinya adalah untuk memudahkan pengunjung untuk menemukan buku yang mereka inginkan.

Sumber: harbourbookshopulladulla.com

  • Atur Buku Sesuai Kategori

Pengaturan pengelompokan buku pada toko buku juga dapat dilakukan sesuai dengan kategori untuk memudahkan pencarian. Pengelompokkan berdasarkan kategori ini dapat Anda kreasikan sesuai dengan keinginan dan konsep toko buku Anda, bisa dengan memberikan warna yang berbeda- beda pada setiap rak buku atau dengan menggunakan papan petunjuk.

  • Memberikan Pencahayaan Optimal

Setelah selesai dengan penataan buku dan furnitur saatnya Anda untuk memberikan pencahayaan yang optimal untuk toko buku. Pencahayaan juga memiliki peran penting terhadap kenyamanan pengunjung dan keindahan toko buku itu sendiri.

Pastikan bahwa pencahayaan yang diberikan sesuai dengan kebutuhan di toko buku, misalnya berikan pencahayaan yang cukup pada area rak buku sehingga pengunjung dapat melihat dan mencari buku yang diinginkan dengan baik.

Kemudian, berikan pencahayaan pada focal point yang sudah diatur diawal. Jangan lupa juga untuk memberikan pencahayaan pada papan tanda pengelompokan buku dan pastikan bahwa papan tanda tersebut dapat dilihat oleh semua orang.

Itulah keempat tips mudah yang diberikan oleh Moire untuk dapat Anda terapkan pada penataan toko buku Anda. Jika Anda memiliki pertanyaan seputar penataan ruangan, Anda dapat mengunjungi website Moire Living atau Anda juga dapat menghubungi LEDDO.id melalui email di vio@leddo.id dengan subjek Tanya Interior maupun melalui telepon/ Whatsapp di 0822-1000-7667.

Nantinya setiap pertanyaan dan permintaan yang masuk akan dijawab oleh Moire Living setiap minggunya di website leddo.id.

Klik disini untuk melihat tips- tips penataan ruang lainnya dari Moire Living atau klik leddo.id untuk melihat berbagai produk pencahayaan yang dapat Anda aplikasikan untuk kebutuhan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: