lampu-dalam-bangunan

5 Alasan Mengapa Lighting Diperlukan dalam Sebuah Bangunan Leave a comment

Dalam sebuah bangunan, salah satu unsur yang tidak boleh terlewatkan adalah cahaya. Sebuah cahaya memang dapat dihasilkan dari lampu dan juga matahari, sebagai seorang perancang maka Anda sudah harus bisa membedakan mana ruangan yang membutuhkan cahaya alami atau lampu. Mendapatkan cahaya yang baik pastinya juga akan sangat berpengaruh pada suasana di rumah Anda.

Ketika melakukan rancangan pada bangunan, lampu downlight kini menjadi satu pilihan yang banyak digunakan. Hal ini dilakukan untuk menyederhanakan bentuk penataan lampu yang ada, jenis lampu tersebut memang membutuhkan ruang yang tidak terlalu banyak.

Sumber: marceladick.com

Lighting maksimal

Pada saat melakukan desain ruangan, seorang desainer harus mengutamakan lighting maksimal yang harus diletakan pada sudut-sudut ruangan yang tepat. Hal ini wajib dilakukan untuk mendapatkan sejumlah manfaat ini:

  • Suasana hati, jika menggunakan pencahayaan yang tepat maka dalam sebuah ruangan juga akan mendapatkan kondisi psikologis yang baik. Jika Anda tinggal di kamar yang memiliki pencahayaan berupa lampu yang terang maka kemungkinan bangun tidur dengan perasaan hati yang tenang bisa Anda dapatkan.
  • Ruangan terlihat luas, jika dapat melakukan penataan lampu downlight dengan tepat maka Anda juga bisa mendapatkan suasana ruangan yang tampak lebih luas. Untuk hal yang satu ini juga harus diimbangi dengan penataan ruangan yang baik.
  • Warna ruangan lebih baik, Anda yang memiliki pencahayaan yang tepat juga bisa mendapatkan suasana warna cerah dalam ruangan. Maka dari itu harus ada pemilihan lampu yang paling sesuai.

Lampu membuat nyaman owner

Melakukan desain suasana ruangan dengan lampu LED merupakan pilihan yang tepat. Kini Anda bisa menggunakan berbagai tipe lampu yang sudah dapat menghasilkan warna cahaya yang beragam juga. Sebuah lampu dengan cahaya yang baik memang akan bisa membuat penghuni yang ada di dalamnya akan lebih nyaman. Sebagai contoh adalah warna lampu 3000 kelvin yang memberikan warna cukup cerah. Untuk warna ini bisa memberikan suasana relaksasi khususnya untuk yang sedang membutuhkan ketenangan.

Untuk membuat nyaman suasana memang menggunakan lampu LED adalah pilihan yang baik, hal ini diperlukan karena lampu jenis ini akan memberikan warna yang sangat menarik. Selain itu lampu ini juga memiliki keunggulan hemat energi sehingga akan membuat pengeluaran juga akan jadi lebih terjaga.

Desain lampu yang nyaman

Penataan lampu yang tepat juga dapat membuat penghuni akan lebih nyaman pada saat beristirahat. Sebagai contoh adalah peletakan lampu pada kamar tidur harus sesuai agar lampu tidak langsung kena ke bagian mata penghuni. Jangan pernah ragu dalam menemukan penataan lampu sesuai dengan inspirasi yang ada.

Jika Anda menggunakan lampu downlight maka selalu pastikan desain khususnya penataan dilakukan dengan baik. Anda dapat melakukan penataan dengan memberikan sketsa gambar ruangan yang tepat. Biasanya sketsa ruangan ini akan mempermudah dalam peletakan sumber cahaya. Sebuah ruangan memang sumber cahayanya akan diukur dengan besarnya ruangan.

Sumber: lighting-singapore.com

Desain lighting elegant

Memiliki ruangan dengan penataan cahaya yang elegant memang akan memberikan kenyamanan tersendiri. Sebuah rumah yang memiliki gaya minimalis juga sudah seharusnya memiliki penataan cahaya yang sesuai juga. Lampu LED kini juga memiliki banyak sekali desain yang akan membuat penataan cahaya di rumah akan lebih baik.

Untuk membuat cahaya lebih elegant Anda juga bisa menentukan berdasarkan warna cahaya yang ada. Mulai dari 3000 kelvin, 4500 kelvin sampai dengan 6000 kelvin akan membuat Anda bisa merasakan cahaya lampu downlight yang baik. Model lampu kini juga sudah semakin banyak, pilihlah model yang sesuai dengan suasana bangunan yang akan Anda bangun.

Manfaat CRI pada Lampu

Sebagai seorang desainer Anda harus paham apa itu CRI. Ini merupakan sebuah ukuran pencahayaan pada lampu yang akan menampilkan warna dari sebuah lampu. Jika sebuah Llampu LED memiliki nilai CRI paling tinggi maka bisa disimpulkan bahwa lampu tersebut dapat menghasilkan warna objek yang sesuai ketika objek tersebut diletakan di bahwa matahari. Kini memang sudah ada berbagai lampu downlight yang juga dilengkapi dengan CRI tinggi.

Pada sebuah indeks CRI, nilai yang paling tinggi adalah 100. Sehingga jika Anda memiliki lampu dengan CRI sebesar 100 maka lampu tersebut dapat menghasilkan warna objek yang sesuai. Kemampuan CRI yang tinggi ini sangat diperlukan di sebuah bangunan, hal ini bertujuan agar pada saat memiliki objek yang beragam di rumah Anda akan melihat warna yang aslinya.

Sumber: Plazakamera.com

Melihat cukup padatnya informasi mengenai pencahayaan dalam sebuah bangunan, apabila Anda mengalami kesulitan dalam proyek pencahayaan bangunan dapat langsung menghubungi LEDDO.id. Distributor lampu LED ini akan memberikan solusi untuk pencahayaan di dalam ruangan. Proyek pencahayaan ini akan terasa lebih mudah bersama dengan LEDDO.id. Jika Anda tertarik untuk melakukan konsultasi bersama dengan LEDDO.id maka Anda dapat menghubungi virtual assistant kami di vio@leddo.id atau di 0822 1000 7667. LEDDO.id dapat memberikan Anda pelayanan terbaik untuk segala jenis proyek lampu yang sesuai dengan permintaan dari owner.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: