5-cara-butik-menarik-dengan-pencahayaan-lampu

5 Cara ini Membuat Butik Anda lebih Ramai dengan Pencahayaan Lampu LED Leave a comment

Pada awal tahun 2018, Menteri Keuangan Indonesia, Sri Mulyani dalam dialog perkembangan makro fiscal 2017 menyebutkan bahwa kondisi ekonomi Indonesia di tahun 2018 akan membaik dan terus meningkat, ditambah dengan adanya Asian Games yang akan digelar di Indonesia diperkirakan konsumsi masyarakat Indonesia di tahun 2018 bisa meningkat diatas 5%. Hal ini dilansir www.cnbcindonesia.com. Dan oleh karena itulah, peluang bisnis di Indonesia menjadi meningkat pula. Apalagi dunia fashion yang terlihat terus berkembang dan mengalami modifikasi.

Hal itulah yang membuat kita sebagai pemilik butik harus lebih kreatif lagi dalam mendesain berbagai butik agar dapat menarik perhatian dari calon pembeli. Berikut ini LEDDO.id akan membahas tentang berbagai macam tips desain butik agar dapat menarik pembeli untuk datang ke butik Anda.

Tentukan target konsumen

Menentukan target konsumen adalah hal yang penting untuk dilakukan. Tanpa mengetahui pada segmentasi mana kita akan menjual produk, kita juga tak dapat menentukan tema yang sesuai. Contohnya saja apakah produk dikhususkan kepada anak-anak, remaja, atau dewasa. Toko baju  yang baik adalah toko yang memiliki target khusus konsumen sehingga dan itu dapat dijadikan sebagai identitas toko Anda. Target konsumen yang ditujukan anak-anak maka desain butik harus menampilkan suasana yang menyenangkan, ceria dan dipadu dengan warna-warna cerah, atau jika target konsumen remaja maka desain butik yang digunakan lebih gaya dan mengikuti trend remaja dengan warna-warna pastel, sedangkan jika target konsumennya adalah dewasa maka desain interior yang digunakan lebih elegan dengan gaya yang klasik sesuai dengan umurnya.

Courtesy: toko Butik Fashion

Penataan barang yang tepat

Penataan barang sangatlah penting pada suatu toko. Barang yang dijual harus rapi dan terjangkau/ mudah diakses oleh konsumen. Hal ini ada kaitannya dengan marketing. Semakin rapi dan mudah barang untuk di akses, semakin banyak pula peluang pengunjung yang ingin membeli produk Anda. Tak hanya itu, layout butik yang buat juga sangat berpengaruh. Anda dapat memainkan berbagai space-space untuk digunakan ke penyimpanan yang lebih bermanfaat. Jangan lupa juga perhatikan space management dan juga planogram pada butik sehingga para pembeli dan juga penjual lebih terbantu lagi dalam proses jual beli atau pencarian produk-produk yang ingin dibeli.

Courtesy: Pinterest, titik-garis.blogspot.com.

Tambahkan aksen yang menonjol

Aksen yang menonjol dapat dijadikan senjata untuk menarik perhatian pelanggan. Tujuan dari semua desain ini adalah teknih marketing, dimana akan emmbuat pembeli tertarik bahkan kembali ke butik yang kita punya. Dengan menambahkan aksen yang menonjol, dapat menggunakan banyak cara. Salah satunya adalah dapat dengan menggunakan manekin dengan memajang produk terbaru atau best seller. Dapat juga meletakkan produk terbaik Anda di tempat yang strategis. Atau dapat juga mendisplay berbagai produk di ambalan dan disoroti lampu sorot. Lampu sorot ada berbagai macam seperti lampu track dan juga led spot. Semua dapat Anda pilih sesuai dengan kebutuhan Anda. Selain itu, perhatikan juga CRI pada lampu LED yang Anda gunakan. Untuk butik sangat disarankan menggunakan lampu LED dengan CRI 80-90. CRI yang tinggi akan membuat produk Anda lebih eye catching dan terlihat glowing.

Pencahayaan yang Tepat

Selain pencahayaan dengan lampu sorot, ada juga pencahyaan yang lain yang harus diperhatikan. Ternyata bukan pada desain pada butik saja, tapi Anda juga dapat menentukan tema pencahayaan yang sesuai dengan umur target market. Berikut ini adalah tips-tips pencahayaan dengan tema yang dapat disesuaikan dengan target audience Anda.

  • Tema klasik modern

Pada tema ini Anda dapat memakai lampu gantung sebagai aksen, dikombinasikan lampu sorot spot track sebagai pencahayaan focal point, dan beberapa downlight sebagai pencahayaan umum. Tema ini sangat disukai pada target market usia 31-40 tahun dan 41-50 tahun.

–     Tema minimalis

Menggunakan lampu downlight sebagai pencahayaan umum, lampu spot track untuk menyorot produk-produk, dan bisa menggunakan lampu LED strip pada cove. Tema minimalis ini lebih modern dan popular pada tahun 2000an. Tema ini cocolk digunakan untuk semua umur.

  • Tema pop art

Menggunakan lampu downlight atau bisa menggunakan konsep linear light dengan lampu linear. Tambahkan juga lampu sorot track untuk menghighlight produk. Tema Pop art ini sangat cocok untuk target market Anda pada umur 21-30 tahun. Kepopularitasan tema ini pada tahun 1750 sebesar 20%.

Tak hanya menyediakan berbagai produk lampu LED saja. LEDDO.id juga membantu Anda untuk mendesain titik lampu yang sesuai dengan ambience, suasana dan juga tema yang Anda inginkan di butik Anda. LEDDO.id juga sangat bersedia membantu setiap proyek yang mungkin dikerjakan oleh Anda para interior design. Kami siap membantu membuat setiap gambar 3D yang Anda buat menjadi lebih hidup.

Hubungi LEDDO.id sekarang juga karena kami akan memberikan solusi untuk menjawab segala pertanyaan dan keluhan Anda. Klik website kami di LEDDO.id atau hubungi Vio sebagai virtual assistant kami di 0822 1000 7667 atau email ke vio@leddo.id. Kami siap menjadi jawaban dari semua permasalahan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: