ruang-keluarga-sempit

5 Ide Desain Ruang Keluarga Sempit

Ruang keluarga adalah ruangan dimana seluruh anggota keluarga berkumpul bersama untuk menghabiskan waktu dan bersantai ria bersama. Karena fungsi ruang keluarga yang digunakan untuk kebersamaan, maka desain dan penataan ruang keluarga agar sesuai dengan fungsinya dan terasa nyaman harusnya diatur sedemikian rupa.

Mungkin untuk rumah dengan ruang keluarga yang luas tidak terlalu sulit dalam menata ruangannya, namun untuk ruang keluarga yang kecil, maka Anda perlu menggunakan trik pintar dalam menatanya. Kali ini leddo.id akan memberikan 5 ide yang dapat digunakan dalam desain ruang keluarga yang sempit agar terasa luas.

  1. Menggunakan elemen sederhana. Untuk ruangan yang tidak terlalu besar, menggunakan banyak ornamen atau dekorasi yang memiliki desain rumit dapat membuat ruangan tersebut menjadi lebih sempit oleh karena itu sebaiknya Anda menggunakan dekorasi yang sederhana seperti menggunakan wallpaper monokrom dengan desain typography.
  2. Menggunakan cermin. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk membuat ruangan menjadi terlihat luas adalah dengan cara menggunakan cermin. Pasanglah beberapa cermin dibeberapa area ruangan. Pantulan warna dinding pada kaca akan menghadirkan vitalitas dan menambah kesan dinamis pada ruangan.
  3. Menggunakan furnitur multifungsi. Selain dengan menggunakan cermin, untuk membuat ruang keluarga menjadi luas yaitu dengan menggunakan furnitur multifungsi. Kefektifan suatu furnitur sangat diperlukan dalam menata ruangan yang kecil dan sempit. Anda dapat menggunakan sofa yang sekaligus dapat menyimpan barang, atau Anda dapat menggunakan meja portable sehingga tidak perlu menggunakan banyak furnitur.
  4. Pengaturan pencahayaan dan suasana. Pencahayaan juga dapat mempengaruhi suatu ruangan agar terlihat luas atau sempit dan dapat menciptakan suasana pada ruangan tersebut. Anda dapat menggunakan lampu dengan warna yang terang dan lembut serta sesuai dengan warna ruangan Anda untuk menciptakan suasana yang diinginkan.
  5. Terhubung dengan ruangan lain. Cara lain yang dapat membuat ruangan menjadi lebih luas yaitu dengan cara menghubungkan dan menggabungkan ruangan. Cara ini merupakan cara yang ampuh untuk memaksimalkan fungsi suatu ruang terutama pada rumah yang mempunyai sedikit ruang. Anda dapat menggabungkan ruang keluarga dengan ruang tamu atau Anda dapat menghubungkan ruang keluarga dengan dapur sehingga ruangan yang digunakan menjadi lebih efisien.

Memiliki rumah dengan ruang keluarga yang tidak terlalu besar memang membutuhkan cara- cara tersendiri agar rumah menjadi lebih luas, untuk itu Anda dapat menjadikan 5 ide diatas menjadi referensi dalam mendesain ruang keluarga yang sempit. Untuk solusi pencahayaan, Anda dapat mengunjungi website leddo.id yang menyediakan berbagai produk pencahayaan dengan lampu led #LampuYangTepat dan #TerangNyaman.

>> Jenis Lampu Downlight 

>> Lampu Cafe Unik

%d bloggers like this: