6 Tips Desain Pencahayaan untuk Hasil Ruangan Lebih Maksimal Leave a comment

Kita pasti setuju bukan bahwa pencahayaan merupakan suatu aspek yang penting bagi suatu area? Karena itu untuk menerangi suatu area kita pasti membutuhkan cahaya yang cukup.

Menambahkan pencahayaan pada suatu area tak hanya sekedar menempatkan satu atau beberapa lampu hingga area tersebut menjadi terang, namun penempatan atau tata letaknya dan kebutuhan lampu bagi area tersebut juga perlu diperhitungkan dengan baik agar area tersebut dapat terang dan terlihat dengan sempurna.

Pencahayaan yang digunakan juga harus ramah terhadap mata dan lingkungan, agar kesehatan mata tetap terjaga. Ada banyak cara yang dapat digunakan untuk menciptakan pencahayaan yang ramah terhadap mata tentunya lebih dari sekedar memasang satu lampu di tengah ruangan.

Anda dapat menerapkan beberapa cara berikut ini pada penataan pencahayaan ruangan:

Sembunyikan sumber pencahayaan: untuk mengaplikasikan teknik ini Anda dapat menggunakan jenis lampu downlight untuk menyembunyikan sumber cahaya sehingga dapat menurunkan resiko terjadinya silau.

Sumber: paneciabattino.it

Pencahayaan alami: selain menggunakan pencahayaan buatan dengan lampu, untuk membuat ruangan menjadi terlihat lebih fresh jangan lupa untuk tetap menambahkan pencahayaan alami diruangan tersebut. Pencahayaan alami ini didapatkan dari sinar matahari yang bisa Anda dapatkan dengan cara menambahkan beberapa jendela atau bukaan yang memungkinkan pencahayaan dari matahari dapat masuk ke ruangan dengan baik.

Indirect light: teknik pencahayaan ini lebih seperti pencahayaan alami dengan sinar matahari. Untuk menggunakan teknik pencahayaan ini usahakan untuk menekankan pencahayaan pada langit- langit dan dinding daripada langsung menyorot kearah lantai.

Objek yang disinari: pemilihan objek untuk disinari bisa pada elemen arsitektur, benda- benda dekoratif, benda seni, furniture, dedaunan, dan area kerja. Perhatikan juga area- area yang jarang terekspos sehingga seringkali tidak mendapatkan pencahayaan yang baik.

Sumber: heavy metal patio furniture

Jenis lampu: pilihlah lampu yang tepat untuk setiap pengaplikasian. Pemilihan jenis lampu ini juga berdasarkan pada fungsi ruang dan aktivitas yang terjadi diruangan tersebut. Dengan menggunakan jenis pencahayaan lampu LED pilihan untuk dimming (peredupan cahaya), warna cahaya, dan kemampuan untuk mengeluarkan warna asli objek (CRI) dapat ditentukan untuk membuat pilihan yang tepat bagi pencahayaan di suatu ruang.

Kontrol terhadap pencahayaan: mengontrol jenis pencahayaan yang digunakan pada suatu bangunan tentu saja diperlukan. Mengelola berbagai jenis pencahayaan, jenis lampu, dan suasana ruang yang tepat dapat memberikan nilai lebih pada ruangan tersebut.

bangunan-tampa-lebih-istimewa

Dengan menerapkan keenam tips desain pencahayaan diatas Anda akan membuat fungsi ruangan lebih maksimal.

Mungkin tips desain pencahayaan diatas terlihat mudah, namun apabila Anda salah/ kurang tepat menatanya maka hasilnya juga akan kurang maksimal. Namun Anda tak perlu khawatir karena Anda dapat menyerahkan semua permasalahan tersebut pada ahlinya, yaitu konsultan pencahayaan (lighting consultant) dan lighting designer yang telah berpengalaman seperti LEDDO.id.

Adanya LEDDO.id sebagai lighting consultant dan lighting designer adalah membantu setiap desainer interior maupun arsitek yang telah mendesain sebuah proyek untuk menciptakan hasil karya desain yang lebih menarik dan hidup dengan penataan pencahayaan.

Desain interior dan arsitektur yang bagus akan dapat terlihat lebih cantik, menarik, dan berkelas apabila didukung dengan desain/ penataan pencahayaan yang baik dan sesuai.

Dengan prinsip itulah LEDDO.id mengajak para desainer interior dan arsitek untuk bekerja sama dalam menciptakan karya desain yang hidup melalui penataan pencahayaan yang tepat.

Dengan bekerja sama dengan LEDDO.id Anda sebagai desainer interior dan arsitek dapat meningkatkan nilai jual sehingga klien menjadi puas dengan hasil desain Anda dan dapat merekomendasikan Anda sebagai desainer interior dan arsitek pada keluarga dan rekannya yang lain.

Untuk bekerja sama dengan LEDDO.id Anda cukup menghubungi LEDDO.id melalui telepon maupun Whatsapp ke 0822-1000-7667. Nanti akan ada tim project dari LEDDO.id yang akan membantu Anda menangani setiap pertanyaan dan permasalahan yang Anda miliki seputar pencahayaan.

Selain Anda berkonsultasi, di LEDDO.id Anda juga dapat menemukan beragam produk pencahayaan berupa lampu LED dan saklar untuk kebutuhan project yang bisa Anda lihat melalui website leddo.id, karena LEDDO.id juga merupakan distributor/ supplier lampu LED beberapa brand ternama seperti iGuzzini, Acclaim, Simon, Opple, dan masih banyak lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: