umur-lampu-led

Apa yang Mempengaruhi Umur Lampu LED?

Semakin lama sumber cahaya digunakan, semakin besar pula keunggulan ekonomi yang dihasilkan. Menurut perancangan system, sedikit penurunan yang terjadi pada fluks cahaya dari waktu ke waktu adalah proses yang normal. Seperti yang kita tahu bahwa lampu LED adalah yang lebih baik daripada banyak sumber cahaya lain, agar sistem tetap berjalan dengan baik, Anda harus memperhatikan beberapa hal dengan cermat saat merancang atau memilih lampu LED.

Ada beberapa hal yang dapat mempengaruhi umur lampu pada LED, diantaranya yaitu:

  1. Suhu panas. Temperatur suhu yang tinggi mempengaruhi siklus hidup dan fluks cahaya pada LED. Untuk itu, dibutuhkan heat sink atau pendingin yang dapat mencegah lampu LED menjadi terlalu panas. Terlalu panas disini berarti suhu sekitar yang diperbolehkan oleh LED sudah melewati batas. Untuk itu, semakin dingin suhu sekitar semakin lama lampu LED bekerja dengan efisien dan tingkat kualitas pencahayaan tetap tinggi.
  2. Lampu LED diproduksi dan digerakkan dalam kisaran arus tertentu. Perlu Anda perhatikan bahwa semakin rendah arus semakin sedikit energi yang dilepaskan, maka semakin rendah juga produksi panas dan semakin efisien sistemnya bekerja.
  3. LED itu sendiri sebenarnya cukup kuat terhadap lingkungan yang lembab, namun bagian logam, koneksi dan perangkat elektroniknya dapat rusak dengan sangat cepat dan dapat menimbulkan korosi sehingga lebih baik melindungi sistem LED dengan hati- hati terhadap kelembaban. Lampu LED yang memiliki IP tinggi yang tahan terhadap air dan kondisi basah akan bekerja dengan lebih baik dilingkungan dengan tingkat kelembaban yang tinggi, oleh karena itulah lampu pada kamar mandi sebaiknya adalah lampu yang tahan terhadap percikan air.
  4. Kondisi asam/ acid. Sama seperti kelembaban, lampu LED yang akan diaplikasikan pada daerah pesisir sebaiknya menggunakan tingkat IP yang tinggi dan yang tahan terhadap kondisi asam. Menggunakan lampu LED dengan IP tinggi juga tidak hanya pada daerah pesisir, namun di pabrik yang memproduksi bahan kimia juga perlu menggunakan lampu LED dengan tingkat IP yang tinggi agar lampu tidak cepat rusak.

Itulah beberapa hal yang dapat mempengaruhi umur lampu LED. Selalu perhatikan dan tentukan terlebih dahulu pengaplikasian lampu LED yang akan Anda beli agar lampu LED Anda semakin awet. Kunjungi juga website leddo.id yang menyediakan berbagai macam lampu LED dengan tingkat IP yang bermacam- macam dan cahaya yang #TerangNyaman.

 

>> Kelebihan Lampu Led

%d bloggers like this: