lampu-halogen

Apakah Lampu Halogen itu? Leave a comment

Lampu halogen adalah lampu pijar yang mempunyai filamen wolfram yang disegel didalam sampul transparan compact yang diisi dengan gas yang berisi sedikit unsur halogen. Lampu halogen dapat mengoperasikan filamennya pada suhu yang lebih tinggi dibanding lampu pijar biasa. Lampu ini memberikan efisiensi yang lebih tinggi dan memancarkan warna cahaya yang tinggi dari lampu pijar biasa.

Lampu halogen diciptakan dengan memperbaiki proses lampu pijar biasa yaitu dengan cara mengurangi masalah pada penguapan tungsten. Kaca pada lampu ini dibuat dari kaca kuarsa yang tipis dan tahan panas. Pada lampu pijar biasa, umur lampunya hanya sekitar 750 – 1500 jam, namun pada lampu halogen bisa mencapai 2000 – 4000 jam.

Cara kerja lampu halogen yaitu saat filamen yang dialiri listrik akan berubah menjadi panas dan akan menghasilkan uap wolfram. Kemudian uap wolfram ini akan bereaksi dengan gas halogen dan akan menghasilkan senyawa baru yang akan bergerak di sekeliling filamen dan akan bersentuhan dengan filamen. Panas yang terbentuk dari filamen inilah yang akan memancarkan cahaya lampu yang konstan dan tahan lama.

Jenis lampu halogen biasa digunakan pada rumah dengan bentuk lampu downlight, lampu halogen ini juga biasa digunakan oleh kendaraan bermotor. Jika dibandingkan dengan lampu pijar biasa memang lampu halogen lebih unggul, namun karena lampu halogen ini adalah bentuk baru dari lampu pijar yang masih menggunakan filamen dan gas, maka lampu LED masih lebih unggul dari lampu halogen. Tentunya lampu LED lebih unggul dalam segala hal dibanding dengan lampu halogen.

Anda dapat mengunjungi website leddo.id untuk berbagai koleksi lampu LED yang cahaya lampunya #TerangNyaman dan sesuai dengan kebutuhan Anda. Segera kunjungi websitenya dan nantikan kejutannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: