2-jenis-pencahayaan

Aplikasikan 2 Jenis Pencahayaan ini pada Bangunan Leave a comment

Tahukah Anda bahwa lampu memiliki 2 aplikasi yaitu outdoor dan indoor. Ya ternyata pemakaian pada lampu ini sungguh berbeda. Walau memiliki fungsi yang sama yaitu sama sama untuk menerangi, namun bentuk dan juga spesifikasi yang berbeda. Perbedaan tersebut membuat kita harus memperhatikannya sebelum menginstalasi lampu-lampu tersebut agar tidak menjadi berbahaya.

Yuk, kita bahas lebih detail apa saja perbedaan secara lebih detail dari pemakaian lampu indoor dan outdoor. Berikut ini penjelasannya.

  • Lampu Indoor

Seperti namanya, lampu indoor biasa dipasang di dalam ruangan. Desain pada lampu ini adalah khusus pemasangan dalam ruangan. Lampu ini biasa tidak tahan terhadap air karena memiliki IP yang berbeda dengan lampu outdoor.

Desain yang dibuat juga biasa lebih simple dan mudah dipasang. Hal ini dibuat untuk memudahkan sang penggunanya.

  • Lampu outdoor

Sama seperti lampu indoor, Lampu outdoor juga didesain khusus untuk pemasangan di luar ruangan. Lampu ini biasanya dilengkapi dengan pengaman tambahan dan dipastikan kedap air.

Lampu outdoor ini biasanya dipasang pada taman, teras atau kebun agar terlihat lebih indah dan juga lebih terang. Lampu outdoor memiliki IP yang tinggi sehingga lebih aman jika terkena air hujan di luar.

Setelah mengetahui beragam aplikasi untuk lampu LED pada indoor dan outdoor. Berikut ini LEDDO.id ingin membahas bagaimana tips desain lampu untuk aplikasi indoor.

Ruang keluarga

Ruangan ini biasa digunakan untuk berkumpul setelah seluruh anggota keluarga seharian beraktivitas. Area ini cukup dapat dikatakan area yang kompleks dikarenakan banyak aktivitas yang dapat dilakukan. Salah satunya berkumpul, bercengkrama, mengobrol, membaca dan lain sebagainya. Tips lampu yang dapat digunakan yaitu jika luas ruangan keluarga Anda maksimal mencapai 20 meter persegi, maka Anda dapat menggunakan lampu pendant untuk general lighting sehingga ruangan dapat disinari dengan maksimal dan indah.

5-trik-dapur

Ruang makan

Ruang yang satu ini juga sering digunakan sebagai ruang untuk berkumpul dan juga bercengkrama sebelum pergi bekerja atau pada saat makan malam. Pada ruangan ini Anda dapat menggunakan lampu general yang menggantung pada plafon, hiasi juga lampu meja sehingga menciptakan ruang makan yang simple namun berkesan rileks dan nyaman. Hal itu tercipta dari teknik layering pada pencahayaan.

Selain untuk indoor, kali ini LEDDO.id juga akan membahas aplikasi lampu outdoor pada taman. Agar membuat taman terlihat menakjubkan pada malam hari, memang membutuhkan pencahayaan yang tepat sehingga menghasilkan estetika yang istimewa. Berikut ini tips untuk mendesain lighting pada luar ruangan atau outdoor.

instalasi-listrik

Sumber: wordpress.com

Titik Pemasangan

Ketahuilah titik lampu yang tepat pada taman Anda. Semuanya juga perlu disesuaikan dengan luas taman, ketinggian pohon, besarnya tanaman dan lain-lain.

Anda juga bisa membuat dengan pantulan cahaya pada air di kolam dengan meletakkan lampu pada area tersebut. Anda juga dapat mengaplikasikan wallwash, uplight dan jenis lampu outdoor lainnya.

Teknik Pencahayaan

Setelah menemukan titik pemasangan yang pas, ada beberapa teknik yang bisa memandu Anda mengarahkan lampu ke objek untuk menghadirkan efek lebih dramatis.

  • Spot Lighting: digunakan untuk menyorot bagian yang ingin ditonjolkan. Caranya Letakkan lampu yang cahaya menyorot dari atas atau arah depan objek.
  • Up lighting sesuai dengan namanya lampu ini menghasilkan cahaya yang di sorot ke atas.
  • Gunakan teknik silhouetting atau menampilkan siluet juga dapat diaplikasikan dengan menempatkan lampu di belakang objek-objek yang ingin diberikan refleksi bayangan.
  • Ada juga yang dinamakan dengan teknik shadow lighting, digunakan untuk menguatkan kesan berbayang pada pepohonan.

Sesuaikan dengan Konsep Taman

Sesuaikan model lampu taman dengan konsep taman yang telah Anda buat. Ciptakan efek dramatis pada taman yang Anda miliki agar tidak terlihat monoton. Soroti tanaman-tanaman pada taman Anda dengan lampu agar tidak terlihat pucat. Gunakan CCT 3000 kelvin agar cocok dan sesuai.

Perawatan yang Baik

Walau lampu yang Anda beli itu sangat bagus dan mahal, namun jika tidak dirawat pasti tidak akan ada hasilnya. Apalagi lampu yang diletakkan pada luar ruangan jauh lebih cepat kusam. Sebaiknya lampu outdoor dibersihkan dan dirawat secara rutin dan berkala.

Itulah berbagai hal yang dapat dipelajari dari aplikasi lighting. Mungkin sebagian besar bertanya. Bagaimana agar dapat membeli lampu yang tepat juga dengan pemasangan yang sesuai. Untuk itulah LEDDO.id hadir menjawab setiap permasalahan Anda.

Tak hanya menyediakan berbagai produk lampu LED saja. LEDDO.id juga membantu Anda untuk mendesain titik lampu yang sesuai dengan ambience, suasana dan juga tema yang Anda inginkan di pada bangunan yang sedang Anda kerjakan. LEDDO.id juga sangat bersedia membantu setiap proyek yang mungkin dikerjakan oleh Anda para interior design. Kami siap membantu membuat setiap gambar 3D yang Anda buat menjadi lebih hidup. Pelayanan kami ini sangat cocok juga untuk Anda para kontraktor yang sedang mengerjakan proyek pembangunan dan memerlukan produk pencahayaan dalam jumlah yang banyak. Kami dapat membantu Anda untuk menentukan titik lampu yang tepat, sehingga Anda dapat mengeluarkan biaya yang efektif dalam pencahayaan. Selain itu, LEDDO.id juga tidak sembarangan dalam memberikan desain, kami juga melengkapinya dengan simulasi lighting yang akan disesuaikan dengan kebutuhan dan ambience yang Anda inginkan.

Hubungi LEDDO.id sekarang juga karena kami akan memberikan solusi untuk menjawab segala pertanyaan dan keluhan Anda. Klik website kami di LEDDO.id atau hubungi Vio sebagai virtual assistant kami di 0822 1000 7667, Vio dapat membantu Anda dalam menyampaikan informasi produk dan juga berbagai layanan di LEDDO.id. Dapat juga email ke vio@leddo.id. Kami siap menjadi jawaban dari semua permasalahan Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: