warna-desain-interior

Arti Warna dalam Desain Interior

Dalam desain interior atau penataan interior ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dan dipertimbangkan agar desain ruangan menjadi nyaman, salah satunya adalah dengan memilih warna ruangan yang tepat. Warna dalam ruangan memiliki arti tersendiri sehingga saat seseorang memasuki ruangan tersebut akan tercipta suatu suasana yang baru.

Untuk itu, penting bagi Anda untuk memahami arti warna pada desain interior sebelum Anda menggunakannya untuk menghiasi ruangan. Berikut ini beberapa arti warna yang peru Anda ketahui.

  1. Warna putih merupakan warna yang banyak dan mudah ditemui pada rumah khususnya rumah dengan tipe minimalis. Ini karena warna putih dapat memberikan kesan luas dan bersih pada ruangan. Karena warna putih merupakan warna yang netral, warna ini sering digunakan di setiap ruangan rumah, baik sebagai warna dominan ataupun sebagai warna perpaduan.
  2. Berbeda dengan warna putih yang memberikan kesan luas pada ruangan, warna hitam akan memberikan kesan sempit, kuat, dan dalam. Jika Anda ingin menggunakan warna hitam, Anda perlu berhati- hati, padukan warna hitam dengan warna lain yang seimbang karena warna hitam dapat memperkuat dan mempertajam elemen lain yang dipadukan. Anda dapat memadukan warna hitam dengan warna putih agar terlihat seimbang.
  3. Sama halnya dengan warna hitam, warna merah merupakan salah satu warna yang kuat, sehingga perlu berhati- hati saat menggunakannya pada ruangan. Warna merah memberikan kesan berani, hangat, dan semangat yang membara. Namun, jika warna merah tidak dipadukan dengan warna yang tepat akan menghasilkan suasana panas pada ruangan. Anda dapat mengaplikasikan warna merah dengan warna putih atau hitam agar terkesan elegan dan mewah.
  4. Warna biru merupakan salah satu warna yang memberikan kesan tenang dan segar. Anda dapat mengaplikasikan warna biru pada kamar mandi yang memiliki persamaan warna dengan air. Warna biru juga dapat memberikan kesan lembut dan memberi kesan komunikatif, warna ini juga dapat menurunkan tingkat stress jika dipadukan dengan warna yang benar.

Itulah beberapa arti warna pada interior yang sering ditemukan, apapun warnanya Anda tetap perlu memerhatikan pencahayaan yang digunakan. Jika warna yang digunakan merupakan warna- warna yang kuat dan terkesan gelap Anda perlu menyesuaikan warna lampu yang digunakan agar tidak kontras dan menimbulkan suasana baru yang tidak sesuai. Pada ruangan dengan warna merah, Anda dapat menggunakan lampu yang memiliki warna 3000K – 4000K yang akan memperkuat kesan hangat, elegan, dan tidak kontras.

Anda dapat mengunjungi website leddo.id yang akan memberikan Anda solusi pencahayaan dengan #LampuYangTepat dan #TerangNyaman serta yang menyediakan berbagai macam lampu LED sesuai dengan kebutuhan Anda.

 

>> Tips Memilih Lampu Belajar

%d bloggers like this: