Pencahayaan-rumah-sakit

Atur Pencahayaan Rumah Sakit dengan 4 Cara Ini! Leave a comment

Rumah sakit biasa digunakan untuk merawat para pasien yang sakit. Namun tahukah Anda, ternyata rumah sakit memiliki standart-standart tertentu dalam desain dan setiap furniture yang mereka gunakan. Ternyata, pencahayaan juga termasuk dalam standart rumah sakit. Ya, pencahayaan juga sangat mempengaruhi kesehatan. Pencahayaan pada rumah sakit juga perlu diperhatikan mulai dari ruang resepsionis, koridor, kamar pasien, ruang operasi, hingga ruang isolasi mempunyai standar pencahayaannya tersendiri.

Maka dari itu, standar pencahayaan ini yang akan menjadi salah satu poin apakah sebuah rumah sakit layak untuk beroperasi. Jika rumah sakit gagal memenuhi persyaratan yang diharuskan, maka akan ada tindakan tegas dari yang berwenang.

Tahukah Anda bahwa pencahayaan yang baik pada kamar pasien dapat membantu pasien agar merasa lebih rileks dan nyaman sehingga akan berpengaruh dalam mempercepat pemulihan. Kamar pasien dengan pencahayaan yang kurang tepat dapat menyebabkan pasien merasa cemas dan menimbulkan mood yang kurang baik. Begitu pula jika pencahayaan pada ruang pemeriksaan kurang baik, sangat berpengaruh pada kualitas pemeriksaan.

Standar pencahayaan di rumah sakit diurutkan berdasarkan ruangan. Setiap ruangan memiliki standar pencahayaan yang berbeda- beda, dan standar pencahayaan ini mencakup pencahayaan alami dan pencahayaan buatan.

sumber: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia

Sesuai dengan infografis di atas, bahwa setiap ruang pada rumah sakit memiliki standar yang harus sesuai. Dapat dilihat dari lux yang ada pada lampu. Lampu LED memiliki lux yang spesifik dibanding lampu konvensional. Disini LEDDO.id juga dapat membantu Anda dalam memberikan lux yang tepat sesuai dengan standar yang Anda butuhkan.

LEDDO.id juga memiliki tips untuk Anda dalam mendesain pencahayaan di Rumah sakit yang paling tepat. Berikut ini tips pencahayaan pada rumah sakit:

Sumber: impressblinds.co.uk

Perbanyak pencahayaan alami

Pencahayaan alami merupakan pencahayaan utama yang diperlukan di setiap tempat pada pagi hari. Anda juga perlu memperhitungkan pencahayaan tersebut dipadu dengan tepat letak pencahayaan alami yang mampu menerangi ruangan dengan baik dan nyaman pada siang hari.

Sumber: ibmbigdatahub.com

Gunakan lampu LED

Lampu LED adalah pencahayaan yang paling baik dapat digunakan sebuah rumah sakit. Pencahayaan yang dihasilkan dari lampu LED sangat baik karena tidak memancarkan sinar UV. Jadi sangat aman bagi tubuh. Selain itu lampu LED tidak mengandung merkuri. Karena rumah sakit merupakan tempat yang sangat memperhatikan kesehatan, gunakan lampu LED yang hemat energi dan ramah lingkungan.

Sumber: meadowsfarmstudios.co.uk

Pilih warna lampu yang sesuai

Pastikan warna lampu yang digunakan sesuai dengan ruangan rumah sakit, agar tidak mengganggu kenyamanan pasien, perawat, dan dokter yang bekerja di rumah sakit. Lampu LED memiliki banyak warna atau dapat disebut CCT (Correlated Color Temperature). Lampu dengan Kelvin tertentu juga dapat menciptakan suasana relaksasi yang akan membantu kenyamanan pasien rumah sakit Anda.

Perhatikan kebutuhan ruang

Selain itu, penting untuk memperhatikan kebutuhan ruang dengan kebutuhan pencahayaan. Aturan yang disudah dibuat seperti standar pencahayaan untuk rumah sakit merupakan acuan untuk menata pencahayaan yang baik dan tepat bagi rumah sakit.

Setelah mengetahui pencahayaan yang baik bagi rumah Sakit. Waktunya mengetahui bagaimana desain yang paling tepat untuk pencahayaan Rumah Sakit. Tunggu apalagi, LEDDO.id siap membantu Anda dalam urusan pencahayaan Rumah Sakit.

Hadirnya LEDDO.id juga mengatasi kerumitan Anda dalam membeli berbagai lampu. LEDDO.id melayani Anda secara online dan menyediakan berbagai macam lampu LED untuk kebutuhan pencahayaan di rumah sakit, rumah, kantor, toko, maupun hotel.

Tak hanya menyediakan berbagai produk lampu LED saja. LEDDO.id juga membantu Anda untuk mendesain titik lampu yang sesuai dengan ambience, suasana dan juga tema yang Anda inginkan di pada bangunan yang sedang Anda kerjakan seperti rumahsakit, rumah , butik, café dan lain sebagainya. LEDDO.id juga sangat bersedia membantu setiap proyek yang mungkin dikerjakan oleh Anda para interior design. Kami siap membantu membuat setiap gambar 3D yang Anda buat menjadi lebih hidup. Pelayanan kami ini sangat cocok juga untuk Anda para kontraktor yang sedang mengerjakan proyek pembangunan dan memerlukan produk pencahayaan dalam jumlah yang banyak. Kami dapat membantu Anda untuk menentukan titik lampu yang tepat, sehingga Anda dapat mengeluarkan biaya yang efektif dalam pencahayaan. Selain itu, LEDDO.id juga tidak sembarangan dalam memberikan desain, kami juga melengkapinya dengan simulasi lighting yang akan disesuaikan dengan kebutuhan dan ambience yang Anda inginkan.

Hubungi LEDDO.id sekarang juga karena kami akan memberikan solusi untuk menjawab segala pertanyaan dan keluhan Anda. Klik website kami di LEDDO.id atau hubungi Vio sebagai virtual assistant kami di 0822 1000 7667, Vio dapat membantu Anda dalam menyampaikan informasi produk dan juga berbagai layanan di LEDDO.id. Dapat juga email ke vio@leddo.id. Kami siap menjadi jawaban dari semua permasalahan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: