Berikan Façade Lighting pada Bangunan untuk Tampak Lebih Menarik Leave a comment

Mempercantik suatu tempat tentu tak hanya bagian dalamnya saja yang diperhatikan, tapi juga bagian luarnya perlu perhatian khusus agar area/ tempat tersebut tampak sempurna. Namun sayangnya, saat hendak membangun atau merenovasi suatu tempat banyak dari kita yang hanya memperhatikan bagian dalam bangunan, sedangkan bagian luar bangunan hanya dibuat cukup sederhana dan tidak terlalu diperhatikan keindahan dan fungsinya, sehingga bagian luar bangunan terasa biasa saja.

Sebenarnya, baik bagian dalam maupun bagian luar bangunan sama-sama memerlukan perhatian yang lebih. Pada siang hari mungkin bangunan dapat terlihat semua sehingga tak memerlukan perhatian khusus, namun pada malam hari jika penataan bagian luar dan bagian dalam suatu bangunan tidak seimbang, maka akan sangat terasa. Bagian luar bangunan yang perlu diperhatikan adalah fasad.

Fasad merupakan bagian depan bangunan atau tampak depan bangunan yang dapat mencerminkan citra tertentu bagi sebuah bangunan. Mudahnya fasad merupakan bagian terluar dari sebuah bangunan (eksterior), dan fasad ini memiliki sebuah tugas untuk memberikan suatu gambaran suasana yang terdapat pada bangunan tersebut. Sebagai bagian terluar dari sebuah bangunan, fasad juga memiliki fungsi untuk menarik hati seseorang yang melewati bangunan tersebut untuk tertarik melihat dan datang ke tempat tersebut. Oleh karena itu tampilan fasad pada suatu bangunan perlu untuk diperhatikan.

Sumber: façade-lighting.com

Salah satu cara untuk memperhatikan fasad bangunan adalah dengan melakukan penataan pencahayaan pada fasad yang biasa disebut dengan façade lighting. Pencahayaan pada fasad sendiri ini memiliki beberapa manfaat, diantaranya yaitu memberikan keamanan pada bangunan, dapat memberikan kesan hidup pada suatu bangunan, dan menerangi bangunan pada malam hari. Ketiga manfaat ini bisa didapatkan apabila penataan pencahayaan pada fasad dilakukan dengan baik dan benar.

Mendapatkan manfaat keamanan, kesan hidup, dan terang bagi sebuah bangunan tentunya menjadi suatu hal yang penting, karena itulah pencahayaan fasad pun tergolong penataan pencahayaan yang penting juga bagi sebuah bangunan. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat akan menata pencahayaan pada fasad, yaitu:

  • Elemen bangunan

Elemen bagian luar bangunan menjadi hal penting yang perlu diperhatikan karena sebelum menerangi bagian luar bangunan dengan berbagai jenis lampu, sebaiknya perhatikan terlebih dulu elemen apa yang ingin ditonjolkan (highlight). Jika bangunan memiliki dinding yang bertekstur dan ingin ditonjolkan maka dinding tersebutlah yang akan disinari.

  • Jenis lampu

Kemudian penggunaan jenis lampu pada bagian fasad juga perlu dipilih terlebih dulu, karena tak semua jenis lampu dapat dijadikan penerang dan penghias fasad. Jenis lampu yang biasa dipakai adalah uplight namun tak jarang juga yang menggunakan jenis flood light maupun wall-washer.

  • Warna cahaya lampu

Untuk memberikan kesan tertentu pada sebuah bangunan termasuk fasad, permainan warna cahaya lampu juga diperlukan. Untuk bagian luar bangunan warna cahaya yang disarankan adalah warm white (2700 – 3000K), namun pada bangunan-bangunan tertentu penggunaan warna RGB juga dapat dipertimbangkan.

Sumber: wever & ducre

Dengan memperhatikan ketiga hal tersebut, fasad atau bagian luar bangunan akan dapat tampak lebih hidup, berwarna, dan aman. Untuk membuat penataan pencahayaan pada fasad bangunan, Anda dapat meminta bantuan lighting designer maupun lighting consultant agar hasilnya dapat lebih maksimal dan sesuai dengan yang Anda inginkan.

Salah satu lighting consultant yang dapat Anda hubungi yaitu LEDDO.id, lighting consultant yang juga berperan sebagai lighting designer dan lighting supplier untuk memenuhi kebutuhan pencahayaan pada proyek pembangunan. Anda dapat menghubungi LEDDO.id melalui telepon atau Whatsapp ke 0822-1000-7667, nantinya akan ada tim LEDDO.id yang membantu Anda untuk memberikan solusi pencahayaan yang baik dan sesuai dengan yang Anda butuhkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: