lampu-taman-landscape

Buat Taman Lebih Terang dengan 3 Cara Berikut Ini! Leave a comment

Dalam sebuah bangunan terkadang sebagai designer, tak hanya mengurus persoalan interior atau struktur bangunan saja. Sebagai designer, Anda dituntut untuk dapat mengatur eksterior atau design di luar ruangan bangunan proyek Anda.

Tak dapat dipungkiri pula, bahwa desain dan lighting adalah perpaduan yang tak dapat dipisahkan. Desain outdoor yang Anda buat, tak akan lengkap jika tidak ada dukungan dari lighting. Tanaman-tanaman pada taman yang Anda desain akan terlihat lebih hidup jika diberikan lighting yang pas dan sesuai. Pasti Anda juga setuju, jika lampu dalam ruangan atau indoor sangatlah penting untuk memberikan pencahayaan didalam ruangan terutama saat malam hari, begitupun hal nya lampu luar ruangan atau outdoor lighting juga tak kalah penting.

Untuk segi keamanan, penggunaan lighting pada outdoor memang harus diperhatikan, jangan sampai lampu pilihan Anda tidak tahan terhadap partikel luar seperti debu, hujan, tampias air dan lain sebagainya.

Sebenarnya, apa saja sih fungsi lampu outdoor yang dapat Anda jelaskan pada owner Anda? Lampu outdoor berfungsi untuk memudahkan tamu yang datang, karena pencahayaan pada landscape di sekitar pepohonan mampu memberikan sambutan hangat bagi para tamu. Tak hanya itu saja, pemasangan lampu pada area luar juga mampu menambah nilai estetika pada bangunan. Keamanan yang lebih terjamin juga menjadi salah satu fungsi pencahayaan luar ruangan. Ketika area luar ruangan diberikan pencahayaan yang baik, maka aksi tindak kejahatan pun dapat diminimalisir.

Sumber: bestartisticinteriors.com

Berikut ini, LEDDO.id akan memberikan inspirasi tips sederhana, jika Anda ingin memasang lampu taman untuk proyek bangunan Anda. Hal-hal berikut ini harus Anda ketahui sebelum melakukan pemasangan lampu untuk area luar ruangan, yaitu:

– Perhatikan spesifikasi yang dimiliki oleh lampu. Gunakanlah lampu yang water resistant atau lampu yang tahan terhadap air. Lampu ini biasa dilengkapi dengan spesifikasi khusus seperti ingress protection harus di atas 65. Dapat membaca artikel berikut

https://leddo.id/pahami-2-aplikasi-pencahayaan-untuk-membuat-bangunan-lebih-menarik/

– Lampu memiliki 2 jenis voltase, yaitu voltase rendah (12V) dan voltase tinggi (220V), namun untuk pencahayaan di luar ruangan sebaiknya gunakan lampu yang memiliki voltase rendah (12V) untuk menghindari hal- hal yang tidak diinginkan, seperti kebocoran pada arus listrik/ tegangan listrik rendah.

– Kemudian perhatikan juga pemilihan kabel listrik yang akan digunakan untuk menyambungkan lampu. Ketebalan yang dimiliki oleh kabel dapat berpengaruh pada tegangan listrik/ voltase yang dialirkan. Sebaiknya gunakan kabel yang cukup tebal dan perhatikan juga kedalaman galian kabel, untuk lebih aman sebaiknya melakukan galian dengan kedalaman minimal 20cm, agar tidak mudah terkikis saat hujan turun.

lampu-taman-3

Sumber: canadiantruckfest.com

Seperti yang dilansir pada kompas.com, berikut ini adalah tips pemasangan lampu outdoor yang dapat menjadi inspirasi bagi Anda dalam membangun proyek bangunan untuk pengaplikasian lampu pada taman bangunan.

Bahan dan Alat yang dibutuhkan

  1. Fitting lampu taman, kabel kawat 1mm persegi, pipa PVC 1/2inci
  2. Tang potong, obeng, terminal penghubung kabel, isolasi, cat besi

Langkah-langkah pemasangan lampu outdoor sebagai berikut:

  1. Tentukan lokasi titik-titik lampu yang akan dipasang pada taman Anda.
  2. Buat alur instalasi kabel listrik dari stopkontak terdekat ke lokasi titik-titik lampu. Sebaiknya alur instalasi kabel itu merapat ke tembok untuk memperkecil kemungkinan kabel terkena cangkul atau benda tajam lainnya saat perawatan atau renovasi taman.
  3. Galihlah tanah sesuai alur instalasi kabel listrik. Anda dapat memperkirakan kedalaman galian sekitar 20cm. (sesuai dengan jenis lampu)
  4. Potong panjang pipa PVC sesuai alur yang ada. Warnai pipa dengan cat besi untuk estetika.
  5. Masukkan kabel ke dalam pipa dan tanam di dalam tanah.
  6.  Setelah itu, hubungkan bagian ujung kabel ke rumah lampu, sedangkan ujung yang lainnya ke stopkontak.

Agar lampu taman bisa tahan lama, jangan lupa untuk mengingatkan customer Anda agar lampu tersebut selalu dirawat dan dibersihkan karena harga lampu taman yang cukup lebih mahal. Caranya dapat dilihat pada infografis di bawah ini

tips-perawatan-lampu

Ya, sesuai dengan artikle di atas, menghasilkan bangunan yang sempurna, harus memadukan antara lighting dan juga desain. Soal lighting, Anda dapat memilih LEDDO.id. Kami dapat menjadi solusi bagi Anda seorang designer untuk menciptakan bangunan yang pas dan disukai oleh customer Anda. Kami akan membantu nilai jual jasa design Anda jadi lebih tinggi dengan konsultasi pencahayaan dan juga beberapa layanan yang kami berikan.

Ya, LEDDO.id hadir bukan hanya menjual berbagai produk lampu LED saja. LEDDO.id juga membantu Anda untuk mendesain titik lampu yang sesuai dengan ambience, suasana dan juga tema yang Anda inginkan di pada bangunan yang sedang Anda kerjakan. LEDDO.id juga sangat bersedia membantu setiap proyek yang mungkin dikerjakan oleh Anda para interior design. dan juga arsitek Kami siap membantu membuat setiap gambar 3D yang Anda buat sesuai dengan kenyataan. Pelayanan kami ini sangat cocok juga untuk Anda para kontraktor yang sedang mengerjakan proyek pembangunan dan memerlukan produk pencahayaan dalam jumlah yang banyak. Kami dapat membantu Anda untuk menentukan titik lampu yang tepat, sehingga Anda dapat mengeluarkan biaya yang efektif dalam pencahayaan. Selain itu, LEDDO.id juga tidak memberikan desain yang asal, kami juga melengkapinya dengan simulasi lighting yang akan disesuaikan dengan kebutuhan dan ambience yang Anda inginkan.

Butuh bantuan untuk proyek Anda? Hubungi LEDDO.id sekarang juga karena kami akan memberikan solusi untuk menjawab segala pertanyaan dan keluhan Anda. Terutama mengatasi segala kesulitan yang mungkin sering Anda alami sebagai designer interior dan juga arsitek. Klik website kami di LEDDO.id atau hubungi Vio sebagai virtual assistant kami di 0822 1000 7667, Vio dapat membantu Anda dalam menyampaikan informasi produk dan juga berbagai layanan di LEDDO.id. Dapat juga email ke vio@leddo.id. Kami siap menjadi jawaban dari semua permasalahan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: