instalasi-lampu-tl

Cara Instalasi Lampu TL LED Leave a comment

Lampu TL atau Tube Luminescent yang pada awalnya dikenal sebagai lampu neon, saat ini sudah banyak yang menjadikannya lampu TL LED. Ini dibuktikan dengan banyaknya produsen lampu LED yang membuat lampu TL, karena peminat lampu TL ini masih tergolong banyak. Pada awalnya lampu TL diisi dengan gas merkuri dan gas argon yang bertekanan rendah, namun produsen lampu LED mengadopsi teknologi LED dimana lampu tidak membutuhkan gas lagi sehingga pada lampu LED tidak membutuhkan ballast.

Untuk menyalakan lampu TL konvensional harus menggunakan starter dan ballast, starter pada lampu TL konvensional berfungsi sebagai saklar otomatis untuk memanaskan elektroda dalam pemindahan elektron di tabung lampu. Sedangkan ballast berfungsi sebagai pengatur dan penstabil arus listrik agar lampu yang dinyalakan tegangannya menjadi stabil dan tidak menimbulkan arus pendek.

Lampu TL LED tidak memerlukan starter dan ballast karena tegangan arus pada lampu LED sudah cukup stabil. Karena ballast merupakan penstabil arus, ballast dapat mengonsumsi listrik yang lebih banyak, sehingga energi listrik yang diperlukan juga semakin besar.

Cara instalasi atau pemasangan lampu TL konvensional cukup rumit, karena hal pertama yang harus dilakukan saat akan memasang lampu TL konvensional adalah dengan memasang ballast terlebih dahulu pada rumah lampu dan disambungkan ke arus listrik, kemudian barulah lampu TL konvensional yang di pasang. Sedangkan cara instalasi lampu TL LED sebenarnya cukup mudah, hanya tinggal memasang lampu TLnya saja ke rumah lampu.

Itulah sedikit penjelasan mengenai lampu TL dan cara instalasinya. Anda dapat mengunjungi website leddo.id untuk melihat berbagai koleksi lampu LED dengan cahaya lampu yang #TerangNyaman dan harga yang terjangkau, serta yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

 

>> Baca Juga Lampu Gantung Minimalis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: