mengatur-pencahayaan-rumah

Cara Tepat Mengatur Pencahayaan Rumah

Sebuah rumah tidak akan nyaman untuk ditinggali jika tidak ada pencahayaan baik pencahayaan alami maupun pencahayaan buatan, oleh karena itu pencahayaan juga menjadi salah satu unsur penting dalam desain sebuah rumah. Pada pencahayaan buatan diperlukan teknik pencahayaan yang tepat untuk membuat rumah tampak terang menyeluruh, namun tidak semua orang mengerti cara yang tepat dalam mengatur pencahayaan pada rumah. Untuk itu, berikut ini ada beberapa cara dalam mengatur pencahayaan rumah yang akan leddo.id jabarkan.

  1. Sesuaikan lampu dengan fungsi ruangan. Setiap ruangan memiliki fungsinya masing- masing, begitu juga dengan lampu yang memiliki peranannya tersendiri. Misalnya, untuk pencahayaan pada ruang tamu dan ruang keluarga dengan fungsi ruangan yang merupakan tempat untuk menyambut tamu dan berkumpul bersama keluarga, tentunya lampu yang digunakan akan berbeda dengan ruang kamar tidur yang fungsi ruangannya digunakan untuk beristirahat. Lampu pada kamar tidur sebaiknya dipilih yang dapat membantu proses tidur seseorang, Anda dapat menggunakan warna lampu yang lebih lembut seperti warm white (3000K).
  2. Sesuaikan lampu dengan kegiatan yang dilakukan. Selain menyesuaikan lampu dengan fungsi ruangan, menyesuaikan lampu dengan kegiatan yang dilakukan di suatu ruangan juga perlu diperhatikan. Tidak semua pencahayaan umum dapat digunakan untuk segala aktifitas yang terjadi di ruangan tersebut. Misalnya pada ruang kerja atau ruang belajar, sebaiknya Anda menggunakan lampu belajar dengan cahaya yang cukup terang dan tidak menimbulkan bayangan pada saat membaca atau menulis, lampu belajar ini dapat berupa lampu meja atau juga lampu yang dipasang pada plafon. Pilihlah warna cahaya lampu natural white (4000K) yang menghasilkan cahaya yang pas digunakan untuk menulis atau membaca, tidak terlalu terang dan juga tidak terlalu gelap.
  3. Gunakan lampu yang hemat energi. Setelah menentukan lampu yang cocok untuk digunakan pada masing- masing ruangan, jangan lupa untuk menggunakan lampu yang hemat energi seperti lampu LED. Selain dapat menghemat biaya listrik, dengan menggunakan lampu LED maka Anda telah melakukan gaya hidup sehat dan mendukung gerakan pencegahan global warming.

Anda tidak perlu khawatir ketika menggunakan lampu LED, karena lampu LED memiliki cahaya yang lebih terang dan umur lampu yang lebih tahan lama. Ingatlah untuk selalu gunakan #LampuYangTepat dengan cahaya #TerangNyaman dan kunjungi website leddo.id untuk solusi pencahayaan Anda.

 

>> Lampu Sorot Taman

%d bloggers like this: