3-warna-lampu-led

Ciptakan Mood Sesuka Hati dengan 3 Warna Lampu LED Leave a comment

Selain sebagai penerang suatu area, ternyata lampu juga dapat mempengaruhi mood atau suasana ruang. Yang menjadi penentu lampu tersebut dalam mempengaruhi mood adalah warna cahaya yang dimiliki lampu. Secara psikologis manusia memiliki rasa sensitif yang cukup tinggi terhadap warna, oleh karena itu warna cahaya lampu pun dapat mempengaruhi mood seseorang.

Umumnya ada 3 warna cahaya pada lampu, yaitu warm white, natural white dan cool white. Fungsi dan manfaat dari ketiga warna cahaya ini akan dijabarkan sebagai berikut.

ruangan-3000K

Warm White

Warna cahaya warm white pada lampu diberikan dalam kisaran 2700 Kelvin sampai 3000 Kelvin, seperti namanya warna warm white ini memiliki sifat warna yang hangat dan menenangkan.

Warna cahaya hangat ini bisa Anda aplikasikan pada ruang kamar, taman, kafe, dan hotel yang membutuhkan suasana rileks dan tenang. Sehingga secara psikologis saat ke hotel atau ke kafe Anda akan merasa lebih rileks dan tenang.

Natural White

Warna cahaya natural white merupakan warna cahaya lampu yang memiliki color temperature 4000K dan menghasilkan suasana yang terang dan nyaman sehingga warna cahaya lampu ini merupakan warna lampu yang paling banyak digunakan disemua ruangan.

Anda dapat mengaplikasikan warna lampu natural white ini pada ruang keluarga, ruang tamu, kantor, dan pusat perbelanjaan.

ruangan-6000K

Cool White

Jika warna natural white menghasilkan efek suasana terang dan nyaman, maka warna cahaya cool white memberikan efek terang dan fokus. Warna cool white juga biasa disebut sebagai warna putih, karena warnanya yang putih banyak orang yang beranggapan bahwa ruangan akan terlihat lebih bersih dan luas.

Warna cahaya cool white ini biasa diaplikasikan pada ruang gambar, area QC produk pabrik, dan toko perhiasan. Pada toko perhiasan warna cool white banyak digunakan karena dapat membuat produk perhiasan yang dipajang terlihat lebih menawan dan bersinar.

Secara psikologis penggunaan warna lampu cool white pada suatu ruangan akan membuat orang yang berada didalam ruangan tersebut menjadi terjaga dan fokus, namun apabila penataannya kurang tepat maka dapat mengakibatkan mata cepat lelah.

Untuk menghindari gangguan pada kesehatan dan aktifitas diperlukan penataan lampu yang baik. Berikut ini ada beberapa tips penataan pencahayaan yang baik yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan Anda.

3-warna-lampu-ledd

Sumber: download3dhouse.com

– Tempatkan lampu sesuai dengan layout furniture

Menempatkan letak/ posisi lampu sebaiknya diukur dan disesuaikan dengan layout furniture yang ada diruangan tersebut. Hal ini untuk mencegah terjadinya pantulan cahaya terhadap material furniture yang bisa mengakibatkan silau pada mata.

Selain itu, menyesuaikan letak lampu dengan letak furniture juga digunakan untuk menghindari adanya blank spot dan penyebaran cahaya lampu yang tidak merata. Apabila posisi furniture sudah ditentukan ingin diletakkan dimana, maka Anda dapat dengan nyaman mengatur posisi lampu dan cahaya yang dihasilkan oleh lampu sesuai dengan kebutuhan.

Sumber: scrappygraphics.com

– Berikan kesan luas dengan warna lampu

Bagi ruangan yang tidak terlalu luas Anda dapat menciptakan ilusi visual dengan menggunakan lampu. Seperti yang sudah dibahas di awal bahwa dengan menggunakan warna lampu tertentu dapat menciptakan kesan tertentu, kesan luas bisa Anda dapatkan dengan menggunakan warna cahaya natural white.

Selain warna lampu, memberikan kesan luas pada ruang juga bisa dengan menggunakan jenis lampu yang dipakai, Anda bisa menggunakan jenis lampu downlight yang tidak memerlukan banyak tempat sehingga kesan luas bisa didapatkan secara maksimal.

Sumber: rmz-me.com

– Gunakan teknik pencahayaan layering

Tips ketiga yang bisa Anda aplikasikan untuk memberikan pencahayaan yang baik adalah dengan menggunakan teknik layering. Teknik ini merupakan beberapa jenis pencahayaan yang digabungkan menjadi satu secara harmonis, sehingga menghasilkan kombinasi yang selaras dan indah.

Misalnya, pada ruang keluarga Anda bisa menggunakan jenis pencahayaan general lighting dengan warna cahaya lampu natural white untuk menerangi keseluruhan ruangan.

Kemudian tambahkan beberapa lampu sorot dengan warna cahaya lampu warm white untuk memberikan kesan hangat. Tambahkan juga di beberapa area jenis lampu task lighting yang digunakan untuk membantu aktifitas- aktifitas tertentu seperti membaca buku.

Cukup mudah bukan? Setelah mengetahui fungsi, manfaat serta beberapa tips mudah dalam menata pencahayaan dengan warna lampu tentunya Anda ingin langsung mempraktekkannya bukan?

Lalu, apakah Anda harus membeli banyak lampu untuk mewujudkan itu semua? Tidak juga, karena saat ini LEDDO.id memiliki lampu downlight LED yang didalamnya memiliki 3 warna berbeda sehingga Anda bisa mendapatkan mood yang berbeda sesuai yang Anda inginkan.

Kunjungi website LEDDO.id untuk melihat produknya atau hubungi LEDDO.id di 0822-1000-7667 untuk informasi lebih lanjut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: