desain-interior

Faktor Penting Sebelum Memulai Desain Interior

Semua orang pasti menyukai keindahan oleh karena itu penting bagi desainer interior untuk menyusun dan menata ruang tersebut sedemikian rupa menjadi ruangan yang nyaman dan memiliki nilai estetika yang tinggi. Ruangan dengan desain interior yang tepat dapat meningkatkan kenyamanan dan nilai ruang.

Desain interior tidak hanya berbicara mengenai mempercantik ruang, namun juga dapat memperbaiki fungsi ruang yang selama ini terabaikan atau kurang maksimal, memperkaya nilai estetika pada ruang, sampai meningkatkan aspek psikologis pada ruangan tersebut. Untuk itu, ada beberapa faktor penting yang perlu diperhatikan sebelum Anda mulai mendesain interior.

  1. Tujuan penggunaan ruang. Ini merupakan hal pertama yang perlu diperhatikan. Tujuan akan mempengaruhi jenis desain yang dipilih dan warna akan yang digunakan pada ruangan. Ruangan yang berbeda pasti memiliki fungsi atau penggunaan yang berbeda, sehingga desain yang dipakai pada setiap ruang juga harus berbeda agar mendapatkan desain interior yang tepat.
  2. Pilihan warna. Setelah menentukan tujuan penggunaan sebuah ruang, saatnya Anda menentukan pilihan warna yang akan digunakan. Warna pada suatu ruang harus dipertimbangkan juga dengan konsep desain karena warna mampu meningkatkan penampilan dan menciptakan suasana pada suatu ruangan. Warna- warna yang terang akan menciptakan kesan ceria, sedangkan warna- warna pastel akan menciptakan kesan lembut.
  3. Kemudian, sebelum mendesain secara mendalam, Anda perlu mempertimbangkan jenis furnitur seperti apa yang ingin digunakan oleh klien. Perlu diperhatikan, dalam menentukan furnitur Anda juga perlu mengukur ruangan, pastikan ukuran furnitur sesuai dengan ukuran ruangan agar tidak terkesan sempit atau kosong.
  4. Faktor pencahayaan dapat menambah daya tarik estetik pada suatu ruangan, sehingga pemilihan pencahayaan juga menjadi faktor yang penting. Pencahayaan yang tepat dapat membantu mendapatkan keseimbangan gaya dan kenyamanan ruangan. Misalnya, pada ruang keluarga yang terdapat banyak benda seni atau piagam penghargaan yang menggantung, Anda dapat menggunakan lampu sorot yang menyinari setiap benda- benda tersebut sehingga menimbulkan kesan ekslusif. Anda juga dapat menggunakan lampu downlight berjenis general light untuk memberikan pencahayaan menyeluruh pada ruangan.
  5. Masalah biaya atau anggaran seringkali menjadi penghambat saat ingin bereskplorasi dalam mendesain interior. Untuk itu, Anda perlu memastikan klien mengenai anggaran yang dimiliki dengan hasil desain yang akan diberi. Anda juga dapat membuat anggaran interior, mulai dari anggaran furnitur sampai dengan anggaran untuk pencahayaan. Untuk anggaran pencahayaan, Anda perlu menghitung jumlah lampu yang akan digunakan.

Sebelum memulai mendesain interior, itulah faktor- faktor yang perlu Anda pertimbangkan, konsep desain, fungsi ruangan, warna yang digunakan, sampai jenis pencahayaan yang digunakan jika dipikirkan dengan baik akan meningkatkan penampilan interior. Jika Anda membutuhkan solusi pencahayaan bagi desain interior, Anda dapat mengunjungi website leddo.id dan Anda dapat menemukann beragam jenis lampu LED yang #TerangNyaman dan sesuai dengan kebutuhan Anda.

 

>> Aplikasi Lampu Led Pada Rumah

%d bloggers like this: