Gandeng Lighting Designer dalam Project dan Lakukan 3 Cara Ini Agar Hasil Desain Lebih Indah Leave a comment

Saat desainer interior maupun arsitek sedang merencanakan suatu konsep dari project pembangunan yang akan dikerjakan, ada beberapa pertanyaan penting yang perlu dipertimbangkan salah satunya yaitu mengenai pencahayaan yang akan digunakan. Pertanyaan-pertanyaan seperti “apakah pencahayaan yang baik sangat penting bagi project Anda?” atau “apakah desain pencahayaan yang baik itu dan bagaimana cara mewujudkannya?” perlu dipikirkan secara matang agar hasil karya penataan ruang dan bangunan Anda tak hanya terlihat bagus pada desain ruang dan bangunan saja namun juga mendapatkan pencahayaan yang baik.

Pencahayaan merupakan alat yang kuat yang dapat meningkatkan pembangunan melalui penggunaan yang sesuai dan adanya interaksi dari cahaya dan ruang, cahaya dan bentuk, cahaya dan tekstur, cahaya dan warna, serta yang paling penting adalah adanya interaksi antara cahaya dan manusia. Penataan pencahayaan yang sesuai dapat meningkatkan tampilan ruang dan bangunan serta dapat memberikan kesan yang berbeda pada area yang disinari.

Adanya lighting designer yang membantu desainer interior, arsitek, maupun teknisi kelistrikan dalam menata pencahayaan pada suatu project pembangunan dapat meningkatkan nilai-nilai merk (brand values), meningkatkan produktifitas, serta dapat memberikan ambience/ suasana tersendiri. Bahkan dengan adanya penataan pencahayaan yang baik dapat mengubah suasana area yang membosankan menjadi lebih hidup dan menyenangkan.

Agar hasil karya dari konsep desain yang telah dibuat dapat menjadi lebih indah, ada 3 cara yang dapat dilakukan, yaitu:

 

sumber: cadpoint

  1. Gunakan pencahayaan yang berlapis

Agar area yang sinari oleh cahaya lampu menjadi lebih indah Anda dapat menggunakan pencahayaan yang berlapis pada area interior. Layer pencahayaan atau teknik pencahayaan yang berlapis ini berfungsi untuk memaksimalkan fungsi pencahayaan yang terdapat pada ruangan tersebut. Jika biasanya hanya menggunakan satu jenis pencahayaan saja yaitu pencahayaan umum atau general lighting, maka Anda perlu melakukan improvisasi dengan menggunakan layer pencahayaan ini.

tata-letak-lampu-3

sumber: google.com

  1. Bermain dengan warna cahaya lampu

Selain menggunakan teknik pencahayaan yang berlapis, Anda juga bisa bermain dengan warna cahaya lampu yang bermacam-macam. Secara umum ada 3 warna cahaya yang paling sering digunakan, yaitu warm white, natural white, dan cool white. Ketiga jenis warna cahaya ini dapat dikombinasikan dalam penggunaan layer pencahayaan pada ruangan sehingga dapat menjadikan ruangan menjadi tampak lebih hidup.

 

lampu-kamar-tidur

sumber: google.com

  1. Bermain dengan sistem kontrol cahaya

Untuk membuat tampilan ruang dengan pencahayaan menjadi lebih temaram dan romantis, Anda dapat menggunakan sistem dimmer. Sistem kontrol cahaya ini selain dapat membantu cahaya yang dihasilkan menjadi redup sehingga tidak perlu khawatir akan mengganggu kenyamanan, juga dapat menciptakan kesan suasana tersendiri bagi ruang.

 

Dengan memanfaatkan ketiga cara diatas yang didiskusikan dan dikoordinasikan dengan partner lighting designer Anda tentunya akan membuat hasil desain ruang dan bangunan yang sedang Anda kerjakan menjadi lebih menarik dan tampak lebih hidup. Tak ada salahnya Anda berpartner dengan seorang lighting designer yang dapat Anda percaya, karena dengan menggandeng lighting designer pada project-project yang Anda kerjakan maka lighting designer akan membantu Anda dalam menemukan pencahayaan yang sesuai dengan kebutuhan ruang dan keinginan klien.

Sebagai lighting designer, LEDDO.id akan membantu Anda dalam memberikan solusi pencahayaan yang sesuai bagi ruang dan bangunan, mulai dari melakukan simulasi pencahayaan, site visit ke lokasi project, hingga melakukan pengawasan terhadap pemasangan lampu di site. Selain itu LEDDO.id juga dapat membantu Anda dalam menyediakan lampu yang dibutuhkan untuk project yang sedang dikerjakan.

Cara untuk bekerjasama dengan LEDDO.id juga cukup mudah, Anda dapat langsung menghubungi LEDDO.id baik melalui telepon maupun Whatsapp ke 0822-1000-7667. Kami siap membantu Anda memberikan solusi pencahayaan bagi setiap permasalahan pencahayaan yang Anda miliki.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: