gunakan-lampu-sorot

Gunakan Lampu Sorot yang Tepat dengan 2 Tips Berikut Ini! Leave a comment

Teknologi dan elektronik semakin berkembang dari waktu ke waktu, termasuk teknologi dibidang pencahayaan seperti lampu, mulai dari lilin sampai sekarang ada lampu LED tentunya juga mengalami perkembangan teknologi sehingga saat ini ada banyak macam lampu LED dengan berbagai macam desain dan jenis.

Salah satu jenis lampu yang juga mengalami perkembangan dan memiliki beberapa jenis adalah lampu sorot atau yang lebih dikenal dengan lampu spot. Lampu sorot/spot merupakan lampu yang memiliki sudut cahaya lebih kecil dibanding dengan jenis lampu general sehingga ketika dinyalakan akan membentuk suatu bentuk cahaya yang terfokus pada objek yang disorot.

Sedikitnya ada 2 jenis lampu sorot yang biasa digunakan untuk menyinari objek di dalam ruangan, yaitu:

– Downlight spot

Downlight spot adalah jenis lampu downlight yang memiliki sudut cahaya lebih kecil, berkisar antara 10o – 36o. Jenis lampu downlight spot ini ada 2, yaitu adjustable dan fix, perbedaan dari kedua jenis lampu downlight spot ini yaitu pada lampu downlight spot adjustable arah sudut cahayanya bisa diubah, sedangkan arah sudut cahaya lampu downlight spot fix tidak bisa diubah.

Lampu downlight spot banyak ditemukan pada pencahayaan di area hunian seperti rumah, hotel/ apartemen, dan beberapa toko ritel.

923-925

– Spot Track

Jenis lampu spot yang biasa digunakan untuk interior selanjutnya adalah lampu spot track. Lampu spot track ini banyak diaplikasikan pada area retail seperti toko, restoran/ kafe, dan museum. Lampu spot track lebih banyak digunakan untuk area- area publik dan retail karena sifatnya yang mudah untuk dipindahkan, sehingga sangat efisien ketika hendak mengganti posisi layout penataan ruang toko.

Meskipun lampu sorot/ spot memiliki beberapa jenis, namun secara umum jenis lampu sorot/spot ini memiliki 3 fungsi penting, yaitu:

gunakan-lampu-sorot-2

Sumber: telegraph.co.uk

– Sebagai task lighting

Task lighting adalah jenis penataan pencahayaan yang berfungsi untuk membantu kegiatan yang dilakukan oleh seseorang yang berada di area tersebut. Lampu sorot/spot dipilih sebagai lampu yang cocok digunakan sebagai task lighting karena memiliki sifat cahaya yang dapat terpusat/ terfokus menyorot satu bagian.

Penggunaan task lighting ini juga dapat menghemat energi karena Anda hanya akan menggunakan lampu yang diperlukan saja tanpa harus menyalakan keseluruhan lampu.

– Untuk mempermanis ruangan

Lampu spot juga memiliki fungsi yang dapat digunakan untuk mempermanis ruangan. Dengan sudut cahaya yang dimilikinya dan warna cahaya yang dimiliki oleh lampu spot baik jenis downlight maupun jenis track mampu memberikan efek lebih dramatis pada objek sehingga dapat mempermanis ruangan secara keseluruhan.

Sumber: akzu.com

– Menonjolkan bagian suatu objek

Selain untuk mempermanis ruangan, lampu spot juga digunakan untuk menonjolkan bagian tertentu dari suatu objek. Ini juga dipengaruhi oleh warna cahaya dan besar sudut cahaya yang dimiliki oleh lampu spot tersebut, semakin kecil sudut cahaya yang dimiliki oleh lampu, hasil cahayanya akan semakin terpusat. Namun besarnya sudut cahaya juga perlu untuk disesuaikan dengan besarnya objek yang akan disorot.

Agar Anda tidak salah dalam menggunakan lampu spot sebagai pencahayaan sebaiknya simak dulu 2 cara dalam memilih lampu spot yang baik berikut ini.

– Ketahui fungsi dan tujuan

Hal pertama yang perlu Anda lakukan sebelum akhirnya memutuskan untuk memilih dan membeli lampu spot adalah mengetahui fungsi dan tujuan penggunaan.

Pengetahuan mengenai fungsi ini melingkupi mengetahui fungsi ruang dan fungsi lampu yang akan dipakai serta mengetahui tujuan penggunaan lampu. Apabila fungsi ruangan digunakan sebagai toko perhiasan dan tujuan lampu tersebut adalah digunakan untuk memberikan efek bersinar pada perhiasan maka Anda akan mudah untuk memilih lampu spot yang sesuai.

– Perhatikan spesifikasi

Setelah mengetahui fungsi ruang, fungsi lampu, dan tujuan pencahayaan, Anda juga perlu untuk memperhatikan spesifikasi yang dimiliki oleh lampu tersebut. Spesifikasi ini termasuk warna cahaya, besar sudut cahaya, CRI (Color Rendering Index) dan lumen yang dimiliki oleh lampu.

Apabila ruangan yang akan diberikan pencahayaan menggunakan lampu spot adalah toko perhiasan, maka sebaiknya Anda menggunakan warna cahaya cool white (putih) yang dapat memberikan efek lebih bersinar pada perhiasan, namun apabila Anda akan menyinari ruang galeri/ museum sebaiknya gunakan lampu spot yang berwarna warm white yang memberikan efek lebih dramatis pada objek.

Selain itu CRI dan lumen juga perlu untuk diperhatikan, Nilai CRI (Color Rendering Index) ini digunakan untuk mengetahui kemampuan lampu dalam mengeluarkan warna asli suatu objek yang disinari, sedangkan lumen ini digunakan untuk mengetahui seberapa terang cahaya yang dapat dikeluarkan oleh suatu lampu. Semakin tinggi nilai lumen, maka semakin terang lampu tersebut.

Setelah mengetahui apa saja jenis- jenis lampu spot yang digunakan beserta fungsi dan cara memilihnya, kini Anda dapat membeli lampu spot yang Anda butuhkan. Jika Anda memiliki pertanyaan atau masalah seputar pencahayaan jangan ragu untuk menghubungi LEDDO.id melalui telepon/ Whatsapp di 0822-1000-7667. Anda juga dapat membeli lampu sorot/spot LED sesuai dengan kebutuhan Anda di LEDDO.id yang memiliki berbagai macam lampu spot LED dan Anda dapat membelinya melalui website LEDDO.id maupun melalui toko virtual LEDDO.id di marketplace ternama seperti Tokopedia, Bukalapak, Ralali, Blibli, Shopee, dan Lazada.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: