umur-lampu

Hal yang Mempengaruhi Umur Lampu Leave a comment

Saat membeli lampu salah satu yang menjadi faktor penentu jadi tidaknya kita memilih lampu tersebut adalah umur lampu, bukan? Ada banyak produsen lampu yang memproduksi berbagai merk lampu dengan umur lampu yang berbeda- beda. Walaupun Anda membeli lampu dengan umur lampu terpanjang, ternyata tidak menjamin bahwa lampu tersebut akan terus menyala seperti umur lampu yang sudah tertulis pada kemasan lampu. Ada hal- hal tertentu yang dapat mempengaruhi umur suatu lampu seperti berikut ini.

  1. Sering menyala-matikan lampu. Kebiasaan sering menyala-matikan lampu dapat memperpendek umur lampu bahkan merusak lampu itu sendiri. Pada lampu konvensional, jika Anda sering menyala-matikan lampu, maka filamen yang terdapat pada lampu tersebut akan cepat rusak yang akhirnya menyebabkan lampu menjadi putus. Untuk itu, Anda tidak boleh menyala-matikan lampu, terutama jika Anda memiliki anak kecil dirumah, Anda dapat menempatkan saklar lampu pada tempat yang lebih tinggi dari jangkauan anak- anak Anda.
  2. Ternyata, getaran juga mempengaruhi umur lampu yang kita gunakan. Bila Anda memiliki rumah di pinggir jalan khususnya, Anda perlu memilih lampu dengan cermat sebelum menggunakannya dirumah. Lampu yang harus Anda pilih adalah lampu yang tahan terhadap getaran, agar lampu yang digunakan tidak cepat rusak.
  3. Fluktuasi tegangan. Fluktuasi tegangan atau perubahan tegangan yang terjadi pada listrik di rumah juga dapat mempengaruhi usia lampu. Jika tegangan listrik dirumah sering tidak stabil, maka lampu yang sedang menyala dirumah Anda dapat rusak dengan mudah. Untuk itu, dibeberapa jenis lampu terdapat ballast yang berfungsi untuk menstabilkan arus tegangan yang ada pada listrik rumah ke lampu yang akan digunakan.
  4. Temperatur ruangan. Selain ketiga hal diatas, yang dapat mempengaruhi umur lampu juga yaitu temperatur ruangan. Suhu ruangan yang panas atau rumah lampu yang terlalu sempit dapat mengganggu sirkulasi udara yang ada di dekat lampu sehingga dapat mengakibatkan lampu cepat panas. Untuk itu, sebaiknya Anda mengatur suhu ruangan Anda agar tidak menjadi panas dan pakailah rumah lampu yang sesuai dengan lampu yang Anda beli.

Keempat hal diatas dapat mempengaruhi umur suatu lampu, dan biasanya jenis lampu yang rentan terhadap keempat hal diatas adalah jenis lampu konvensional. Maka dari itu, leddo.id merekomendasikan Anda untuk menggunakan lampu LED yang umur lampunya lebih panjang dan lebih tahan terhadap keempat hal diatas. Kunjungi website leddo.id untuk berbagai jenis lampu LED yang #TerangNyaman.

>> Perawatan Lampu Hias

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: