lampu-hemat-energi

Hemat Energi Dengan Lampu Yang Tepat Leave a comment

Menurut Dewan Energi Nasional, rumah tangga merupakan salah satu pengguna energi terbesar, yaitu berada diurutan ke-3 setelah sektor industri dan sektor transportasi, dan yang paling mendominasi adalah penggunaan listrik pada rumah tangga. Penggunaan listrik yang besar pada rumah tangga menyebabkan bengkaknya pengeluaran untuk biaya listrik dan biasanya para ibu rumah tangga dipusingkan dengan permasalahan ini.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk membuat biaya listrik di rumah tidak membengkak, salah satunya adalah dengan memilih lampu yang tepat. Berikut ini adalah tips memilih lampu yang tepat agar pengeluaran listrik tidak membengkak:

  1. Ganti lampu bohlam/ pijar dengan lampu yang lebih hemat energi, contohnya dengan lampu Compact Fluorescent Lamp (CFL) dan Light-Emitting Diode (LED). Karena untuk menghasilkan tingkat penerangan yang sama, lampu bohlam/ pijar memerlukan hampir 10 kali lipat energi listrik lampu LED.
  2. Jangan lupa untuk membersihkan lampu secara berkala. Lampu yang berada di atas akan jarang sekali untuk dibersihkan, padahal debu yang menempel pada lampu dapat mempengaruhi pencahayaan yang dihasilkan. Agar pencahayaan pada lampu terlihat maksimal, maka membersihkan lampu secara berkala dapat menjadi solusinya.
  3. Beberapa titik penerangan berdaya rendah di satu ruang lebih baik daripada satu titik berdaya besar. Selain dapat menghemat energi, cara ini juga jauh lebih baik bagi kesehatan mata.
  4. Untuk diruangan besar, hindari memusatkan kontrol semua lampu pada satu sakelar agar Anda tidak perlu menyalakan semua lampu jika ingin memakai sebagian ruangan.

Itulah beberapa tips yang dapat Anda aplikasikan untuk menghemat tagihan listrik, tentunya juga jangan lupa untuk mematikan lampu saat tidak dipakai ya. Untuk mencari inspirasi mengenai model lampu hemat energi yang pas digunakan dirumah, Anda dapat mengunjungi leddo 

>> Distributor Lampu 

>> Toko Lampu led

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: