Indahnya Tampilan Taman dengan 3 Jenis Pencahayaan Berikut! Leave a comment

Indahnya tampilan taman pada malam hari tentu tak lepas dari penataan pada pencahayaan yang digunakannya. Untuk menciptakan sebuah tampilan taman yang lebih menarik Anda dapat mengaplikasikan beberapa jenis pencahayaan taman sebagai berikut sebagai inspirasi Anda.

  • Spot lighting & Up lighting

Teknik pencahayaan ini digunakan untuk menonjolkan bagian objek sehingga cahaya yang akan dihasilkan pada taman adalah cahaya yang terfokus. Teknik up lighting digunakan untuk objek yang memiliki bentuk memanjang.

  • Teknik silhouetting

Teknik silhouetting ini digunakan untuk memberikan kesan dramatis pada objek yang disorot, cara menggunakan teknik ini adalah dengan memberikan pencahayaan dibelakang objek sehingga membentuk sebuah siluet dari objek tersebut.

  • Moon lighting

Jika kesan dramatis didapatkan dari teknik siluet, maka kesan romantis bisa diciptakan dari teknik moon lighting. Teknik ini dilakukan dengan cara menyorot pohon dari atas ke bawah dengan cakupan sudut cahaya yang lebih melebar sehingga akan tampak seperti cahaya bulan.

  • Shadow lighting

Teknik atau jenis pencahayaan shadow lighting digunakan untuk memperkuat dan mempertegas objek yang disinari, biasanya teknik ini digunakan untuk menyorot pepohonan yang ukurannya cukup tinggi.

Sumber: DIY Garden

Pada dasarnya, dari keempat jenis pencahayaan diatas yang perlu Anda pahami terlebih dahulu adalah objek yang akan disorot. Objek pada taman dapat berupa tanaman seperti bunga atau pohon, pot bunga, bebatuan, maupun dinding pada taman. Ketika Anda sudah menentukan objek apa yang akan ditonjolkan pada taman, nantinya penyesuaian dalam tatanan pencahayaan yang diperlukan pada taman dapat lebih mudah.

Seperti yang kita tahu bahwa untuk mempercantik tampilan taman dibutuhkan bantuan pencahayaan yang mneyinari taman tersebut, namun apakah hal itu saja yang menjadi manfaat pada pencahayaan taman?

Secara garis besar terdapat tiga manfaat pencahayaan pada taman, yaitu:

  • Keamanan yang terjaga

Manfaat pertama yang bisa Anda dapatkan dan rasakan saat menggunakan pencahayaan yang tepat pada taman adalah keamanan di sekitar area bangunan dapat tetap terjaga. Dengan penerangan/ pencahayaan yang cukup pada area taman tentu membuat bangunan secara keseluruhan seperti lebih hidup dan berpenghuni, sehingga segala tindak kejahatan yang bisa terjadi dapat terminimalisirkan kemungkinannya.

  • Menambah daya tarik bangunan

Selain manfaat keamanan, pencahayaan pada area taman juga dapat menambah daya tarik tersendiri bagi bangunan tersebut. Tampilan luar dari sebuah bangunan memiliki peran penting sebagai penarik hati dari orang-orang yang melewati bangunan tersebut, sehingga apabila bagian depan bangunan tersebut yang terdapat taman ditata dengan konsep yang unik dan menarik yang kemudian dikombinasikan dengan aplikasi pencahayaan yang sesuai maka daya tarik pada bangunan tersebut juga akan bertambah.

  • Memberikan suasana tertentu pada bangunan

Setiap bangunan tentu memiliki fungsinya masing-masing, dan melalui bangunan tersebut kita dapat melihat dan merasakan suasana tertentu yang diciptakan oleh bangunan tersebut, sehingga apabila bangunan yang memiliki taman disinari dengan pencahayaan yang tepat maka suasana yang ingin diciptakan pada bangunan tersebut juga akan sesuai. Misalnya, apabila bangunan tersebut merupakan sebuah restoran atau hotel yang memerlukan suasana hangat dan romantis, maka pada bagian taman perlu diberi cahaya yang menghasilkan efek romantis pula.

Sumber: designforallseasons.co.uk

Kemudian agar penataan cahaya pada taman dapat sesuai dengan yang diinginkan Anda dapat melakukan tiga cara berikut:

Cara pertama, gunakan kombinasi dari beberapa jenis pencahayaan pada taman. Kombinasi teknik pencahayaan taman ini dapat menambah efek suasana yang ingin diciptakan pada taman dan bangunan tersebut.

Cara kedua adalah menyesuaikan objek taman yang akan disorot dengan jenis lampu yang akan digunakan. Besar kecilnya objek yang akan disorot perlu disesuaikan dengan jenis lampu dan besaran sudut cahaya yang akan digunakan agar hasil efek yang diinginkan dapat lebih terlihat.

Cara ketiga yaitu dengan meminta bantuan atau bekerja sama dengan profesional yang berpengalaman dibidang tata pencahayaan untuk eksterior yang dapat dilakukan oleh lighting designer maupun lighting consultant. Dengan adanya bantuan kerja sama dari lighting designer maka Anda tak perlu khawatir akan hasil dari penataan pencahayaan tersebut.

Tentunya dengan bekerja sama dengan lighting designer dan lighting consultant maka pencahayaan untuk project yang sedang Anda kerjakan khususnya dalam hal pencahayaan eksterior akan disesuaikan dengan konsep yang Anda miliki dan yang diinginkan oleh klien. Salah satu lighting designer dan lighting consultant yang dapat Anda pilih untuk bekerja sama adalah LEDDO.id. Tak hanya sebagai lighting consultant, namun LEDDO.id juga dapat membantu Anda menyuplai setiap kebutuhan pencahayaan bagi project yang sedang Anda kerjakan.

Caranya Anda cukup hubungi LEDDO.id melalui telepon maupun Whatsapp ke 0822-1000-7667, nantinya akan ada tim project dari LEDDO.id yang akan mengatur jadwal meeting dengan Anda dan membantu Anda memberikan solusi pencahayaan yang baik dan sesuai bagi project yang sedang Anda kerjakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: