warna-lampu

Kecerahan dan Warna Lampu yang Tepat Leave a comment

Anda pasti sudah sering sekali membeli lampu, baik itu lampu konvensional maupun lampu LED. Namun apakah Anda tahu faktor apa saja yang dapat mempengaruhi kecerahan dan warna lampu yang Anda beli? Berikut ini adalah penjelasannya.

Untuk mengukur kecerahan cahaya pada lampu, faktor yang mempengaruhinya adalah lumen dan watt. Banyak orang yang berpikir bahwa watt pada lampu menunjukkan seberapa terang cahaya yang dihasilkan oleh lampu tersebut, tapi nyatanya adalah watt hanya menunjukkan seberapa besar lampu tersebut mengonsumsi daya listrik.

Pengertian watt yaitu sebagai pengukur jumlah daya yang digunakan lampu untuk menghasilkan cahaya, sedangkan lumen adalah unit yang digunakan untuk mengukur hasil (output) cahaya yang dikeluarkan oleh lampu tersebut. Oleh karena itulah ada lampu yang memiliki watt rendah namun cahaya yang dihasilkan bisa sangat terang karena memiliki lumen yang tinggi.

Dalam hitungan secara kasar, jika Anda ingin menggunakan lampu meja pada kamar Anda, Anda membutuhkan lampu dengan lumen sekitar 400, dan untuk lampu pada ruang tamu Anda memerlukan lampu dengan lumen sekitar 1500 hingga 3000. Untuk lebih lengkapnya, Anda dapat melihat tabel dibawah ini.

Setelah Anda mengerti tentang lumen dan watt, Anda perlu memilih lampu berdasarkan warna cahayanya. Warna cahaya pada lampu diukur dengan skala Kelvin. Kelvin adalah salah satu satuan suhu yang digunakan oleh para produsen lampu sebagai pengukur colour temperature pada lampu. Keterangan mengenai warna lampu ini biasanya terdapat pada kemasan lampu, dan warna yang dihasilkan oleh lampu bermacam- macam, warna yang paling rendah adalah 2700K dan yang paling tinggi adalah 7000K.

Warna lampu sangat berpengaruh pada mood kita, bisa berpengaruh juga pada warna objek yang disinari oleh lampu tersebut. Untuk lebih jelasnya mengenai warna lampu, Anda dapat melihat gambar dibawah ini.

Selain watt, lumen, dan kelvin, Anda juga perlu memperhatikan CRI (Colour Rendering Index). CRI ukuran kemampuan sumber cahaya atau lampu untuk mewakili warna yang berbeda secara akurat. Lampu konvensional memiliki CRI paling tinggi sekitar 70, sedangkan pada lampu LED skala CRI pada lampunya ada yang sampai 95, dan umumnya memiliki skala CRI 80.

Pastikan sebelum Anda membeli lampu, Anda sudah memeriksa warna lampu dan tingkat kecerahan lampu yang Anda inginkan. Selain itu, pilihlah #LampuYangTepat dengan menggunakan lampu LED agar Anda dapat menghemat biaya listrik dan kunjungilah website leddo.id untuk koleksi lampu LED yang cahayanya #TerangNyaman

 

>> Baca Juga Lampu Gantung Minimalis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: