pengaruh-pencahayaan-pada-manusia

Kenali 3 Pengaruh Pencahayaan pada Psikologis Manusia Leave a comment

Manusia merupakan makhluk yang memiliki tingkat kesensitifan yang cukup tinggi terutama pada tampilan visual, sehingga ketika seseorang melihat suatu benda, itu dapat mempengaruhi psikologis orang tersebut.

Sedikitnya ada 2 hal yang dapat mempengaruhi psikologis manusia pada tampilan visual, yaitu warna dan pencahayaan.

Sumber: Kelly Moore

Warna pada pengaruh psikologis yang akan diterima seseorang memiliki arti yang berbeda- beda, misalnya ketika Anda berada pada suatu tempat dengan ruangan yang berwarna merah maka akan terasa lebih panas, sedangkan pada ruangan yang berwarna hitam.

Mudahnya, warna dapat mempengaruhi suasana hati/ mood seseorang. Pada pemilihan warna untuk ruangan, warna- warna yang cerah dapat mencegah efek lelah dan dapat membuat seseorang tetap semangat seperti kuning, hijau, oranye, dan merah. Sedangkan untuk suasana yang tenang Anda dapat memilih warna biru, putih gading, ataupun coklat muda.

Sumber: Home Stratosphere

Pencahayaan juga dapat mempengaruhi psikologis seseorang. Tanpa adanya pencahayaan pada suatu area, maka seseorang tidak akan bisa melihat dan menikmati tampilan sekitar dengan baik. Pencahayaan tidak hanya mampu menampilkan tampilan visual namun pencahayaan juga dapat meningkatkan kualitas tampilan visual bagi orang yang melihatnya.

Pada area yang berbeda, penataan pencahayaan juga perlu dibuat berbeda sesuai dengan fungsi areanya masing- masing. Tentunya penataan pencahayaan pada ruang tidur dengan penataan pencahayaan pada ruang kerja dibuat berbeda karena peruntukkan/ fungsi ruangannya juga berbeda.

Perbedaan penataan pencahayaan pada ruang yang berbeda- beda ini diperlukan karena pencahayaan dapat memberikan efek psikologis tersendiri bagi manusia. Misalnya, jika seseorang memasuki suatu ruang dengan pencahayaan yang temaram maka mood orang tersebut akan menjadi menurun dan dapat menjadi lebih muram.

Pada pencahayaan juga terdapat warna cahaya lampu sama seperti warna pada ruangan yang tentunya dapat mempengaruhi suasana hati seseorang. Secara umum, warna cahaya pada lampu terbagi menjadi 3, yaitu warm white, natural white, dan cool white.

Warm white

Warna cahaya lampu warm white merupakan warna cahaya yang cenderung berwarna kuning dan mampu memberikan efek tenang dan hangat. Warna warm white ini biasa diaplikasikan untuk pencahayaan diruang yang digunakan untuk beristirahat dan membutuhkan ketenangan seperti kamar tidur, taman, kafe atau restoran.

Natural white

Warna cahaya lampu natural white merupakan warna cahaya yang cenderung berwarna putih kekuning- kuningan dan mampu memberikan efek lebih semangat. warna cahaya natural white ini bisa diaplikasikan pada ruang kerja kantor, sekolah, maupun ruang keluarga dan ruang tamu dirumah.

Cool white

Jika warna cahaya natural white memberikan efek lebih semangat, warna cahaya lampu cool white ini mampu memberikan efek semangat, fokus, dan waspada. Warna cahaya lampu cool white ini cenderung berwarna putih hingga putih kebiruan sehingga membuat seseorang yang berada didalam ruang dengan lampu berwarna cool white dapat lebih fokus. Aplikasi warna lampu cool white ini dapat Anda temukan pada area kerja gambar, area kerja ruang QC pabrik, rumah sakit, dan toko perhiasan.

Karena warna cahaya cool white ini cenderung berwarna putih maka banyak orang yang kurang tepat menyebutkan bahwa pemilihan lampu dengan warna putih akan terasa terang. Padahal terang tidaknya suatu lampu diukur dengan nilai lumen yang terdapat pada lampu tersebut.

Dari penataan pencahayaan yang baik pada ruangan, sedikitnya ada 3 pengaruh yang ditimbulkan oleh pencahayaan tersebut, yaitu:

  1. Meningkatkan produktivitas

Penataan pencahayaan yang baik dapat meningkatkan produktivitas yang terjadi diruangan tersebut. Misalnya pada area kerja, bila pencahayaan yang digunakan sudah tertata dengan baik maka pekerja juga menjadi semangat.

  1. Mempengaruhi kesehatan

Pencahayaan juga dapat mempengaruhi kesehatan, karena apabila kita menempatkan lampu di posisi yang kurang tepat atau menggunakan lampu dengan spesifikasi/ material yang kurang tepat maka dapat mengganggu kesehatan penglihatan, seperti silau/ glare atau terlalu gelap/ terlalu terang.

  1. Mempengaruhi suasana hati/ mood

Seperti yang telah dijelaskan diatas bahwa pencahayaan dapat mempengaruhi suasana hati seseorang. Sebagai contohnya, perhatikan pencahayaan pada kafe/ restoran dengan pencahayaan pada toko perhiasan, suasana berbeda yang cukup signifikan tentunya dapat Anda rasakan secara langsung.

Itulah beberapa hal pada pencahayaan yang dapat mempengaruhi kondisi psikologis manusia sehingga penataan pencahayaan mulai dari tata letak/ layout, pemilihan jenis lampu, sampai kepada pemilihan warna lampu sehingga suasana diruangan tersebut dapat tercipta secara sempurna sesuai dengan kebutuhan Anda.

Apabila Anda menemukan kesulitan dalam menata pencahayaan, Anda dapat menghubungi LEDDO.id di 0822-1000-7667 untuk berkonsultasi mengenai pencahayaan dan menemukan pencahayaan yang tepat sesuai dengan kebutuhan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: