arah-sinar-lampu

Kenali Arah Sinar Lampu Interior dan Eksterior

Untuk mempercantik tampilan interior dan eksterior rumah Anda terutama pada saat malam hari tentunya diperlukan pencahayaan buatan yaitu lampu. Namun, untuk mendapatkan hasil yang memuaskan ternyata tidak hanya sekedar menempelkan/ menggantungkan lampu pada langit- langit rumah saja. Anda perlu memikirkan konsep dan cahaya yang dihasilkan dari lampu tersebut.

Ada beberapa jenis arah cahaya yang dihasilkan lampu, berikut ini penjelasannya.

  1. Front light. Front light adalah sistem pencahayaan dimana cahaya lampu muncul dari depan yang bertujuan untuk menonjolkan suatu objek agar bisa terlihat lebih jelas dan menonjol dibanding dengan objek lainnya. Contoh lampu yang dapat digunakan untuk pencahayaan front light yaitu lampu sorot/ spotlight yang dipasang diatas plafon dan diarahkan langsung pada objek yang ingin disinari. Biasanya warna lampu yang digunakan adalah warna kuning yang dapat menimbulkan kesan eksklusif, mewah, dan elegan.
  2. Down light. Pencahayaan down light adalah pencahayaan dimana cahaya lampu muncul dari atas ke bawah dan biasanya sistem pencahayaan ini digunakan untuk pencahayaan umum atau ambient. Jenis lampu yang umumnya digunakan pada pencahayaan ini adalah lampu downlight atau lampu gantung. Warna lampu yang digunakan biasanya berwarna putih gading (natural white) atau putih (cool white), pemilihan warna lampu yang lebih kepada warna putih adalah karena fungsi pencahayaan yang digunakan untuk pencahayaan umum, sehingga harus mampu menerangi area atau keseluruhan ruangan tersebut.
  3. Pencahayaan uplight adalah pencahayaan dengan arah cahaya dipancarkan dari bawah ke atas. Biasanya pencahayaan uplight lebih banyak diaplikasikan pada pencahayaan eksterior yang digunakan untuk menyinari tanaman di taman, batang pohon, dan patung atau benda- benda seni yang berada diluar. Namun, tidak menutup kemungkinan pencahayaan uplight ini digunakan pada interior. Untuk pengaplikasian interior, biasanya pencahayaan uplight digunakan untuk menyorot dinding dengan cara meletakkan lampu di lantai di dekat tembok agar mendapatkan kesan dramatis.
  4. Side light. Pencahayaan side light adalah pencahayaan dengan arah sinar dari samping dan bertujuan untuk menciptakan bayangan dari suatu objek terutama hiasan atau benda seni. Pencahayaan ini dapat diaplikasikan baik pada interior maupun eksterior, misalnya pada tangga dan biasanya warna yang digunakan adalah kuning dan putih, karena akan menghasilkan bayangan hitam dan akan menghasilkan nuansa yang kontras dan dramatis.
  5. Back light. Sama dengan pencahayaan side light, hanya saja pencahayaan back light adalah pencahayaan yang cahayanya berada dibelakang objek dan bertujuan untuk menghasilkan siluet dari objek yang disinari.

Itulah beberapa jenis arah cahaya yang dapat digunakan untuk pencahayaan interior maupun eksterior. Jika Anda ragu atau merasa bingung dengan lampu led yang harus digunakan, Anda dapat mengunjungi website leddo.id dan dapat berkonsultasi dengan tim kami. Selalu gunakan #LampuyangTepat dan #TerangNyaman.

 

>> Kelebihan Lampu Led

%d bloggers like this: