jenis-pencahayaan-rumah

Kenali Jenis Pencahayaan Pada Rumah

Banyaknya hal yang perlu diperhatikan pada saat mendesain rumah, salah satunya adalah pencahayaan. pencahayaan terbagi menjadi dua, yaitu pencahayaan alami dan pencahayaan buatan. Seperti yang sudah diketahui, pencahayaan alami adalah pencahayaan yang berasal langsung dari matahari. Sedangkan pencahayaan buatan adalah pencahayaan yang berasal dari sinar lampu.

Pencahayaan yang berasal dari matahari diperlukan karena pencahayaan dari matahari adalah alami dan sangat diperlukan bagi kesehatan penghuni rumah. Pencahayaan alami ini dapat didapatkan dengan cara menempatkan jendela pada beberapa tempat, terutama di ruang tamu. Selain menggunakan jendela, sinar matahari juga bisa didaptkan melalui ventilasi udara yang biasa dipasang diatas jendela. Selain baik bagi kesehatan, sinar matahari langsung yang dapat masuk keruangan di rumah juga dapat menghemat pemakaian lampu terutama pada siang hari.

Selain pencahayaan alami, terdapat juga pencahayaan buatan yang berasal dari lampu. Pencahayaan lampu sangat diperlukan dan penting bagi sebuah rumah khususnya pada malam hari, untuk itu Anda perlu mengaturnya dengan benar. Penataan lampu yang baik dapat membuat rumah menjadi cantik dan nyaman untuk ditinggali.

Dalam menata lampu pada rumah, Anda dapat menggunakan beberapa jenis penataan, yaitu pencahayaan umum atau ambient lighting, task lighting, dan accent lighting. Ketiga penataan cahaya ini mempunyai fungsinya masing- masing yang dapat Anda terapkan pada rumah sehingga rumah menjadi indah, terang, dan nyaman. Pastikan Anda selalu memilih #LampuYangTepat dengan cara memilih lampu yang sesuai dengan kebutuhan tiap ruangan. Seperti pada ruang tamu, jika ruang tamu memiliki luas ruangan yang cukup besar dengan pencahayaan alami yang bagus pada siang hari, maka pencahayaan lampu hanya perlu digunakan pada malam hari, dan sesuaikan warna lampu dengan warna ruangan. Pakailah lampu dengan warna lampu 4000K agar warna pada dinding dengan warna yang dihasilkan lampu tidak terlalu kontras.

Lampu led yang digunakan juga dapat mempengaruhi mood atau suasana pada suatu ruangan, sehingga Anda perlu menyesuaikan suasana yang ingin diciptakan pada ruangan dengan suasana yang akan diciptakan oleh lampu. Misalnya, pada kamar tidur suasana yang ingin diciptakan adalah suasana tenang dan hangat, oleh karena itu Anda perlu menggunakan lampu dengan warna yang hangat seperti 2700K – 3000K.

Jika Anda merasa bingung dan memerlukan solusi pencahayaan, Anda dapat mengunjungi website leddo.id yang menyediakan berbagai produk pencahayaan yang #TerangNyaman dan sesuai kebutuhan Anda, atau Anda juga dapat menghubungi leddo.id di 021 2222 7151/ 0822 1000 7667.

 

>> Umur Lampu

%d bloggers like this: