warna-interior

Kesalahan Pemilihan Warna pada Interior

Berbicara mengenai interior tidak hanya berfokus pada desain yang digunakan dan perabotan yang digunakan, namun juga pemilihan warna pada interior juga perlu diperhatikan. Warna merupakan salah satu aspek penting dalam menentukan suasana yang akan tercipta pada ruangan, warna juga dapat mempengaruhi mood seseorang saat memasuki ruangan tersebut.

Ada beberapa kesalahan yang sering dilakukan oleh banyak orang dalam memilih warna pada interior dan lima diantaranya akan leddo.id jabarkan sebagai berikut.

  1. Mengabaikan palet warna. Memilih warna untuk suatu ruangan biasanya menjadi salah satu hal yang cukup sulit, namun ini dapat menjadi hal yang mudah jika Anda menggunakan palet warna. Palet warna yang berbentuk lingkaran adalah sebuah alat dasar yang digunakan untuk mengombinasikan beragam warna agar terlihat bagus ketika digabungkan. Sehingga ketika Anda menggunakan beberapa warna pada satu ruang warna- warna tersebut tidak terlihat bertabrakan dan mati.
  2. Melupakan konsep 60-30-10. Dalam teori pemilihan warna, terdapat konsep 60-30-10 yang dapat menciptakan estetika warna yang tepat. Arti dari konsep 60-30-10 adalah 60% merupakan warna dominan pada ruangan, 30% merupakan warna sekunder, dan 10% adalah warna aksen atau tersier. Warna dominan adalah warna yang digunakan pada dinding ruangan, warna sekunder dapat diaplikasikan pada perabotan atau plafon, dan warna aksen atau tersier adalah warna yang terdapat pada ornamen.
  3. Mengabaikan pencahayaan ruangan. Pencahayaan pada suatu ruangan akan mempengaruhi warna yang digunakan dan suasana yang dihasilkan sehingga pemilihan cahaya pada pemilihan warna ruangan juga perlu diperhatikan. Sesuaikan warna yang akan digunakan pada ruangan dengan warna lampu yang akan digunakan. Jika Anda menggunakan warna yang cenderung terang, Anda dapat menggunakan warna lampu yang senada dan terang, namun jika Anda menggunakan warna ruangan yang cenderung gelap maka Anda dapat menggunakan warna lampu yang lebih lembut agar tidak terlalu kontras yang dapat menyebabkan mata menjadi cepat lelah.
  4. Berpikiran bahwa warna netral hanya warna putih. Warna netral pada pemilihan warna ternyata tidak hanya warna putih, ada banyak warna netral seperti warna hitam, abu- abu, putih gading, dan warna abu- abu kecoklatan (beige) yang dapat Anda terapkan dan dijadikan warna dominan pada suatu ruangan. Anda juga dapat menambahkan warna lainnya dan dipadukan dengan warna dasar netral sehingga menjadi suatu warna netral yang seimbang dan terkesan hangat dan sejuk.

Itulah beberapa kesalahan yang sering dilakukan pada saat memilih warna untuk interior. Jika Anda membutuhkan produk pencahayaan untuk interior, Anda dapat mengunjungi website leddo.id yang menyediakan berbagai produk pencahayaan dengan lampu led #LampuYangTepat dan #TerangNyaman.

>> Jenis Lampu Taman

>> 4 Manfaat Lampu Dinding

%d bloggers like this: