Kombinasi Cantik antara Desain Interior dan Pencahayaan Leave a comment

Setiap orang tentunya menginginkan hasil yang terbaik, begitu pula dengan seniman ruang dan bangunan seperti desainer interior dan arsitek. Hasil karya yang bagus dan sesuai dengan keinginan klien menjadi kebanggaan tersendiri bagi para seniman ruang dan bangunan.

Ada banyak hal yang perlu disiapkan oleh para seniman ruang dan bangunan untuk menghasilkan suatu karya desain yang baik dan bagus, mulai dari tahap perancangan, pemilihan material, penempatan furniture, hingga tahap akhir/ finishing.

Pada tahap perancangan biasanya desainer interior akan berdiskusi dengan klien mengenai apa yang diinginkan dan dibutuhkan oleh klien. Kemudian setelah mendengarkan apa yang klien ingin dan butuhkan sang desainer interior akan menuangkan ide dan konsepnya kedalam bentuk gambar.

Kemudian setelah klien menyetujui rancangan gambar yang telah dibuat, saatnya untuk memilih material yang diperlukan, mulai dari bahan baku hingga bahan jadi seperti furniture dan lampu. Pemilihan material ini tak hanya sekedar memilih bahan yang diinginkan namun juga perlu melakukan pertimbangan keuntungan/ manfaat yang didapat dari setiap material yang dipilih.

Saat pemilihan material telah selesai, waktunya untuk melakukan penempatan furniture sesuai dengan konsep desain yang telah dirancang yang kemudian dilanjutkan tahap akhir pada saat pemasangan dan pengecekan akhir.

Tahapan- tahapan ini tentunya sudah dilakukan oleh desainer interior maupun arsitek. Namun untuk menyempurnakan hasil konsep dan rancangan desain yang telah dibuat, perlu ada sebuah kombinasi baik dari setiap material yang digunakan maupun kombinasi terhadap keseluruhan rancangan.

Salah satunya adalah kombinasi dari desain dan pencahayaan. Meski terlihat sepele, pencahayaan merupakan salah satu elemen penting pada sebuah interior maupun karya arsitektural. Pemilihan material lampu pun perlu diperhatikan karena hasil cahaya yang dikeluarkan oleh suatu lampu mampu mempengaruhi hasil tampilan ruang dan bangunan yang disorot.

Kombinasi antara desain dan pencahayaan ini dapat dilakukan dengan menempatkan furniture dan perancangan desain dengan memperhatikan arah datangnya sinar matahari sebagai pencahayaan alami. Kemudian pada penataan pencahayaan buatan atau artificial lighting Anda dapat mengombinasikan sistem pencahayaan langsung dan tidak langsung pada satu area.

Pada saat penataan pencahayaan buatan (artificial lighting) ada beberapa hal yang memerlukan perhatian agar hasilnya dapat terlihat dengan maksimal, yaitu:

Sumber: lbclighting.com

– Pemilihan jenis lampu

Saat memilih jenis lampu untuk digunakan di suatu area, Anda perlu menentukan dengan menyesuaikan aktivitas/ kegiatan yang ada pada area tersebut. Hal ini juga berkaitan dengan fungsi area itu sendiri, karena setiap area memiliki keperluan intensitas cahayanya masing- masing.

Sumber: secureidm.com

– Pengaturan posisi/ letak lampu

Posisi/ letak lampu juga dapat mempengaruhi hasil desain selain itu juga posisi lampu yang diletakkan kurang tepat dapat mengganggu aktivitas dan kenyamanan orang yang berada di area tersebut.

Sumber: glubdubs.com

– Pemilihan warna cahaya lampu

Hal terakhir yang perlu diperhatikan agar hasil desain memuaskan adalah pemilihan warna cahaya lampu yang akan digunakan. Meskipun Anda telah memilih jenis lampu dan mengatur posisi lampu dengan sangat baik namun apabila warna cahaya lampu yang dipilih tidak sesuai hasil yang akan dicapai juga akan kurang maksimal.

Warna cahaya pada lampu sangat mempengaruhi mood atau suasana area ruang dan bangunan yang disorot. Untuk menciptakan momen- momen dramatis pada suatu area tentunya perlu menggunakan warna cahaya yang tepat.

Apabila ketiga hal diatas diaplikasikan pada setiap project pembangunan yang sedang Anda kerjakan tentunya hasil karya desain Anda juga dapat semakin maksimal dan memukau sehingga klien Anda juga dapat merasa senang.

Agar terlihat sama persis seperti yang klien Anda inginkan Anda dapat bekerja sama lighting consultant seperti LEDDO.id yang dapat membantu Anda dalam penataan pencahayaan baik project interior maupun arsitektural.

Sebagai lighting consultant LEDDO.id dapat membantu Anda untuk menentukan posisi letak lampu di area yang akan disorot, kemudian LEDDO.id akan membantu Anda dalam mensimulasikan pencahayaan untuk melihat apakah area tersebut sudah cukup cahaya atau belum. Selain sebagai lighting consultant LEDDO.id juga merupakan distributor lampu LED yang dapat mensupport para desainer interior, arsitek, dan kontraktor untuk kebutuhan pencahayaan.

Hal yang perlu Anda lakukan adalah menghubungi LEDDO.id melalui telepon atau Whatsapp di 0822-1000-7667. Nanti aka nada tim kami yang akan membantu Anda menyelesaikan segala permasalahan pencahayaan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: