Kombinasi Kerja Sama Desainer yang Menghasilkan Ruang dan Bangunan Terbaik Leave a comment

Pembangunan yang terus berjalan tentu membutuhkan perancangan yang matang, mulai dari perancangan desain bangunan hingga perancangan desain dalam ruangan. Perancangan dibuat untuk menghasilkan bangunan yang sesuai dengan yang diinginkan, sehingga proses perancangan juga perlu dipikirkan secara matang. Mulai dari bentuk, material, spesifikasi, hingga penempatan/ peletakkan juga dipikirkan pada proses perancangan.

Salah satu proses perancangan dalam pembangunan yang tak boleh tertinggal adalah lighting design. Lighting design merupakan perancangan pada aspek pencahayaan yang diperlukan pada suatu tempat. Proses desain suatu pencahayaan tak hanya dilihat dari banyaknya cahaya yang masuk ke dalam suatu ruangan, namun juga bagaimana area tersebut dapat terasa nyaman dengan adanya pencahayaan.

Sumber: Interior Design Ideas

Pencahayaan pada suatu bangunan tak hanya berasal dari lampu atau yang disebut pencahayaan buatan, namun juga pencahayaan alami yang didapatkan dari sinar matahari yang masuk ke ruangan. Kedua jenis pencahayaan ini memiliki kebaikannya masing-masing apabila dirancang dengan baik. Pada pencahayaan alami manfaat yang bisa didapat adalah ruangan dapat terasa lebih segar, terasa cerah dan hangat. Sedangkan pada pencahayaan buatan manfaat yang didapat jika dirancang dengan baik adalah suasana ruang dapat seperti yang diinginkan, area yang disinari cahaya juga dapat terlihat dengan jelas dan memberikan keamanan.

Seperti yang kita tahu bahwa setiap pembangunan yang terjadi tentu tak lepas dari campur tangan seorang desainer, baik itu arsitek maupun interior desainer. Namun ternyata masih terdapat satu desainer lagi yang membantu arsitek maupun interior desainer dalam menyempurnakan hasil karya mereka, yaitu desainer pencahayaan atau yang biasa disebut lighting designer. Dengan adanya lighting designer perancangan pencahayaan pada proyek yang sedang dikerjakan akan lebih mudah dan sesuai dengan kebutuhan.

Lalu, apakah desain pencahayaan itu sangat diperlukan pada saat mengerjakan suatu proyek pembangunan?

Seperti yang telah disinggung diatas, bahwa dengan perancangan pencahayaan yang sesuai suasana tertentu dapat tercipta, sehingga untuk menghasilkan suasana seperti yang diinginkan diperlukan perancangan yang dikerjakan oleh desainer pencahayaan. Peran desainer pencahayaan tak hanya membuat sebuah area/ ruangan menjadi tampak terang, namun juga nyaman untuk ditinggali. Untuk membuat area tersebut memiliki suatu suasana tertentu, maka desainer pencahayaan perlu mengukur luas ruangan, kemudian menyesuaikannya dengan fungsi area/ruangan tersebut, setelah itu mencari jenis pencahayaan yang sesuai dan menempatkannya di titik yang tepat. Setelah semua hal tersebut dilakukan, barulah akan terlihat hasil seperti yang diinginkan.

Sumber: aabakc.org

Sebagai desainer pencahayaan, LEDDO.id tak hanya merancang konsep pencahayaan dari konsep/ desain ruang dan bangunan yang dibuat oleh desainer interior maupun arsitek, namun juga memilihkan jenis lampu yang baik dan sesuai dengan kebutuhan sehingga area yang disinari cahaya tak hanya sekedar terang namun juga nyaman. Oleh karena itu, sebelum masuk tahap perancangan, ada baiknya desainer pencahayaan, desainer interior maupun arsitek bersama klien berdiskusi terlebih dahulu mengenai konsep pencahayaan dan suasana yang ingin diciptakan, tujuannya adalah untuk meminimalisir terjadinya kesalahan dan agar keinginan klien dapat tetap terwujud dengan baik.

Dengan kombinasi kerja sama antara desainer interior, arsitek dan desainer pencahayaan yang baik maka akan menghasilkan karya desain ruang dan bangunan yang baik pula. Untuk bekerja sama dengan LEDDO.id Anda dapat langsung menghubungi LEDDO.id baik melalui telepon maupun Whatsapp ke 0822-1000-7667. Kami siap membantu Anda dalam memberikan solusi pencahayaan yang baik dan sesuai dengan kebutuhan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: