Kombinasikan Keempat Teknik Pencahayaan Ini untuk Tampilan Taman Semakin Hangat Leave a comment

Masih berbicara seputar area luar ruangan, area yang tak kalah penting yang menjadi salah satu bagian dari hunian adalah taman karenanya taman juga memiliki penataannya tersendiri. Taman pada sebuah hunian berfungsi sebagai pemanis tampilan depan dan luar bangunan, ketika taman terletak di depan dari sebuah hunian maka taman akan berfungsi untuk memberikan sebuah daya tarik bagi hunian tersebut agar ketika seseorang berkunjung dapat merasakan suasana segar dari hunian tersebut. Sedangkan apabila taman tersebut terletak di bagian belakang hunian, maka taman tersebut berfungsi sebagai penyejuk dan penambah keindahan dari keseluruhan konsep hunian.

Pada penataan taman ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar hasil penataan yang dilakukan dapat maksimal, seperti lokasi taman, konsep suasana taman, serta tanaman apa saja yang akan ditanam. Penataan pada taman dapat juga meliputi pencahayaan yang digunakannya, dengan penggunaan pencahayaan yang sesuai pada taman tampilan taman dapat bertambah cantik, menarik, dan elegan khususnya pada malam hari.

Untuk menata pencahayaan taman agar tampak lebih indah, hal-hal seperti penempatan lampu taman yang akan digunakan, pemilihan objek tanaman yang akan disorot, jenis lampu taman yang akan digunakan, serta teknik pencahayaan yang diaplikasikan pada taman perlu dipertimbangkan terlebih dulu untuk mengurangi kesalahan hasil tampilan pencahayaan. Penggunaan pencahayaan yang baik dan tepat pada taman akan menciptakan suatu suasana tertentu yang diinginkan oleh penghuni hunian tersebut, selain itu juga pencahayaan yang digunakan pada taman dapat menambah keamanan yang dimiliki oleh hunian dan menambah kenyamanan bagi penghuni hunian tersebut.

Sumber: gardendad.com

Penerapan teknik pencahayaan pada taman juga memiliki pengaruh pada efek suasana yang akan diciptakan, ada beberapa teknik pencahayaan pada taman yang dapat Anda aplikasikan agar taman dapat terlihat lebih menarik, yaitu:

  • Spot lighting & Up lighting

Teknik ini digunakan untuk menonjolkan bagian objek sehingga cahaya yang akan dihasilkan pada teknik adalah cahaya yang terfokus. Teknik up lighting digunakan untuk objek yang memiliki bentuk memanjang.

  • Teknik silhouetting

Teknik silhouetting ini digunakan untuk memberikan kesan dramatis pada objek yang disorot, cara menggunakan teknik ini adalah dengan memberikan pencahayaan dibelakang objek sehingga membentuk sebuah siluet dari objek tersebut.

  • Moon lighting

Jika kesan dramatis didapatkan dari teknik siluet, maka kesan romantis bisa diciptakan dari teknik moon lighting. Teknik ini dilakukan dengan cara menyorot pohon dari atas ke bawah dengan cakupan sudut cahaya yang lebih melebar sehingga akan tampak seperti cahaya bulan.

  • Shadow lighting

Teknik shadow lighting digunakan untuk memperkuat dan mempertegas objek yang disinari, biasanya teknik ini digunakan untuk menyorot pepohonan yang ukurannya cukup tinggi.

Sumber: garden-design-courses.co.uk

Keempat teknik pencahayaan taman diatas dapat Anda kombinasikan sesuai dengan konsep dan kebutuhan project pencahayaan pada taman yang sedang Anda kerjakan. Jika Anda merasa kesulitan dalam mengaplikasikan setiap Teknik pencahayaan tersebut, jangan ragu untuk bekerja sama dengan LEDDO.id karena LEDDO.id akan menjadi konsultan pencahayaan bagi Anda yang dapat membantu Anda dalam memberikan solusi pencahayaan terhadap setiap project yang sedang Anda kerjakan, baik pencahayaan untuk outdoor maupun indoor. Selain itu LEDDO.id juga dapat menyediakan jenis lampu yang dibutuhkan oleh project sehingga Anda tak perlu repot untuk mencari jenis lampu yang akan digunakan pada project yang sedang dikerjakan.

Tak perlu ragu untuk menghubungi LEDDO.id baik melalui telepon maupun Whatsapp ke 0822-1000-7667 karena akan ada tim kami yang akan membantu Anda dalam mengatur jadwal meeting dengan tim project kami sehingga Anda dapat langsung memberitahukan setiap permasalahan pencahayaan di project kepada tim kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: