tata-ruang-rumah

Komposisi dan Obyek Tata Ruang Rumah

Dalam mendesain suatu ruangan tentunya Anda perlu memikirkan tentang komposisi ruang. Komposisi tata ruang adalah cara mengatur, menyusun, dan menata suatu ruangan agar terlihat indah dan teratur. Ada beberapa jenis komposisi tata ruang yang dikenal, yaitu komposisi simetris yang memiliki susunan yang sama pada sisi bidang desain, komposisi asimetris dengan pola penataan yang dilakukan secara acak, komposisi kontras dengan mengombinasikan beberapa elemen dekorasi yang berlawanan, dan komposisi ritme yang pengaturannya dilakukan secara berulang.

Selain komposisi, dalam mendesain suatu ruangan atau desain interior, terdapat juga obyek- obyek akan menjadi pengisi dan pelengkap ruangan tersebut, diantaranya sebagai berikut.

  1. Hiasan ruang. Pemasangan hiasan pada ruang akan membuat ruangan menjadi indah, namun memasang hiasan juga perlu diperhatikan jenis dan cara pemasangannya. Anda dapat menambahkan hiasan seperti vas bunga, atau lukisan pada ruangan, dan posisi pemasangan lukisan juga dapat menentukan kesan ruangan tersebut. Lukisan yang digantung dengan posisi melintang dapat membuat kesan ruangan menjadi lebar, sedangkan lukisan yang digantung dengan posisi berdiri (portrait) akan memberikan kesan ruangan menjadi tinggi.
  2. Furniture/ perabot. Pemilihan perabotan pada ruangan juga termasuk dalam mempertimbangkan jenis komposisi ruang yang digunakan. Dalam memilih perabotan usahakan disesuaikan dengan luas ruangan dan konsep atau tema yang digunakan oleh ruangan tersebut.
  3. Pemilihan lampu/ pencahayaan. Selain perabotan, pencahayaan juga perlu dipikirkan dalam menata suatu ruangan. Pencahayaan pada suatu ruangan berfungsi untuk memberikan penerangan agar kegiatan yang dilakukan di ruangan tersebut dapat dilakukan dengan baik, selain itu juga pencahayaan memiliki fungsi untuk memperindah dan membuat suasana tertentu disuatu ruangan.
  4. Pemilihan warna. Obyek selanjutnya yang berperan penting dalam suatu komposisi tata ruang adalah warna. Dalam memilih warna suatu ruangan Anda juga tidak dapat memilihnya dengan sembarangan, sama dengan lampu led, warna yang digunakan pada suatu ruang dapat memberikan suasana tertentu dan jika dikombinasikan dengan pencahayaan yang baik maka suasana yang tercipta di ruangan tersebut akan terlihat dengan maksimal. Perlu diketahui dan diingat, setiap warna yang ada mempunyai sifatnya masing- masing, seperti warna merah dan kuning memiliki sifat warna yang panas, sedangkan warna biru dan hijau memiliki sifat warna yang dingin.

Itulah beberapa obyek yang memiliki peran penting dalam pembentukan suatu komposisi tata ruang. Untuk pemilihan warna, Anda dapat membaca artikel mengenai pemilihan warna pada interior di website leddo.id, selain itu juga Anda dapat mengunjungi website leddo.id yang menyediakan berbagai produk pencahayaan dengan #LampuYangTepat dan #TerangNyaman.

 

>> Jenis Lampu Taman

%d bloggers like this: